Berikut Daftar 10 Energi Terbarukan yang Bermanfaat Bagi Kehidupan

Energi berbahan fosil semakin menipis seiring berjalannya waktu. Keberadaan energi yang bersumber dari fosil kian terancam karena penggunaanya. Banyak sumber energi yang menggunakan fosil seperti gas, batu bara dan minyak bumi sebagai bahan baku utama.

Oleh dasar masalah tersebut penelitian dan pengembangan terbaru terus dilakukan guna mendapatkan jenis energi baru yang bisa diperbarui. Berikut ini merupakan penjelasan mengenai 10 energi terbarukan yang dapat mengganti posisi sumber energi berbahan fosil.

Daftar 10 Energi Terbarukan

Ada banyak sumber energi yang bisa menggantikan peran energi fosil dalam menghasilkan listrik dan sebagai sumber energi lainnya. Simak beberapa energi terbarukan dengan manfaatnya berikut ini.

1. Energi Air

Urutan pertama pada daftar 10 energi terbarukan adalah energi yang berasal dari air. Seperti kita ketahui air adalah salah satu sumber energi yang bisa didapatkan dengan mudah di alam.

Baca Juga : Apa Fungsi Air Dalam Pembangkit Listrik Tenaga Air itu? Ini Jelasnya

Air juga merupakan suatu energi yang tidak akan habis. Dengan memanfaatkan energi yang dihasilkan dari air listrik bisa dengan mudah dihasilkan. Cara menghasilkan listrik dari air adalah melalui pembangkit listrik tenaga air atau PLTA.

2. Energi Angin

Energi angin adalah jenis energi kedua dari 10 energi terbarukan yang bisa digunakan sebagai media menghasilkan energi. Energi yang bisa dihasilkan oleh angin adalah energi listrik.

Listrik bisa dihasilkan oleh angin melalui energinya. Dengan kehadiran angin maka baling-baling raksasa pada pembangkit listrik tenaga bayu atau PLTB akan bergerak dan menyebabkan generator bisa hidup.

3. Energi Surya

Matahari atau energi surya juga memegang peranan penting sebagai salah satu dari 10 energi terbarukan. Pemanfaatan sinar matahari bisa diubah menjadi listrik, media pemanas pada kompor surya hingga media pemanas pada oven tenaga surya.

Untuk dapat menghasilkan listrik dari tenaga matahari atau surya dibutuhkan alat yang bernama panel surya agar bisa menangkap dan merubah sinar matahari menjadi listrik.

Energi matahari yang sudah ditangkap pada panel surya di PLTS atau pembangkit listrik tenaga surya bisa disimpan dalam baterai sebelum digunakan. Tidak hanya itu saja pada kompor dan oven surya energi panas matahari dimanfaatkan sebagai media utama untuk memasak makanan.

4. Energi Panas Bumi

Energi panas bumi juga merupakan salah satu dari 10 energi terbarukan, dimana energi ini berasal dari perut bumi dan dimanfaatkan untuk berbagai keperluan salah satunya adalah menghasilkan listrik.

Namun tidak hanya listrik saja dengan kehadiran energi panas bumi ini juga bisa membantu memanaskan suhu ruangan pada saat musim dingin. Bahkan pada beberapa negara maju panas bumi juga sudah digunakan untuk mencairkan salju pada trotoar jalan.

5. Energi Arus Laut

Arus laut juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu dari 10 energi terbarukan. Jenis energi ini bisa muncul karena adanya pasang dan surut pada laut dan juga karena adanya perbedaan suhu serta salinitas pada air laut.

Energi arus air laut juga dimanfaatkan untuk bisa menghasilkan listrik dengan cara menggerakan generator listrik melalui arus laut.

6. Biodiesel

Biodiesel adalah jenis energi terbarukan selanjutnya yang juga masuk ke dalam daftar 10 energi terbarukan. Umumnya biodiesel berasal dari hewan dan juga tumbuhan dan digunakan sebagai salah satu sumber energi alternatif.

Biodiesel dapat terbuat dari beberapa bahan seperti minyak kelapa sawit, minyak jarak bahkan dari minyak ikan. Biodiesel juga bisa digunakan sebagai salah satu bahan bakar pada kendaraan.

7. Bioetanol

Daftar 10 energi terbarukan selanjutnya adalah bioetanol yang sama halnya dengan biodiesel juga bisa digunakan sebagai bahan bakar pada kendaraan, bahkan jenis energi terbarukan satu ini juga bisa menggantikan posisi bensin.

8. Energi Ombak Laut

Energi ombak laut juga bisa digunakan sebagai salah satu energi alternatif yang  juga termasuk sebagai salah satu jenis energi terbarukan. Energi ombak laut ini juga bisa menghasilkan listrik dengan cara memutarkan bilah turbin yang terhubung ke generator.

9. Energi Panas Laut

Tidak hanya arus laut dan juga ombak laut saja yang bisa menjadi bagian dari 10 energi terbarukan. Energi panas laut juga memegang peranan yang sama dimana dengan menggunakan energi panas laut listrik juga akan bisa dihasilkan.

Baca Juga : Pengertian Bomassa, Jenis dan Manfaat Biomassa Sebagai Sumber Energi

10. Energi Pasang Surut Laut

Daftar 10 energi terbarukan pada posisi terakhir adalah energi pasang surut laut. Jenis energi ini bisa dimanfaatkan dalam proses menghasilkan listrik sama seperti energi laut sebelumnya.

Tidak hanya menjadi listrik saja ternyata energi dari pasang surut air laut juga dimanfaatkan menjadi energi mekanik dimana salah satunya digunakan untuk menggiling hasil pertanian berupa gandum di Amerika Utara dan Eropa.

Demikianlah ulasan mengenai 10 jenis energi terbarukan yang bisa menjadi solusi alternatif pengganti energi berbahan bakar fosil yang sewaktu-waktu dapat habis.

Originally posted 2023-04-19 14:55:51.