10 Teknologi Ramah Lingkungan Yang Baik Untuk Kehidupan

Teknologi ramah lingkungan merupakan suatu teknologi yang dibuat dan direncanakan untuk dapat meminimalisir dampak negatif bagi lingkungan. Teknologi ini kebanyakan menggunakan sumber energi terbarukan dalam bekerja.

Ada beberapa jenis teknologi ramah lingkungan yang banyak dimanfaatkan saat ini mulai dari penggunaan alam sebagai sumber energi hingga penggunaan barang yang sudah tidak terpakai seperti biogas. Tidak hanya itu saja simak 10 teknologi ramah lingkungan yang baik untuk kehidupan berikut ini.

1. Biogas

Urutan pertama dalam kategori ini adalah biogas. Teknologi ramah lingkungan pertama ini adalah suatu teknologi yang memanfaatkan barang yang sudah tidak terpakai seperti sampah rumah tangga, tumbuhan yang membusuk dan kotoran hewan untuk dapat menjadi gas ramah lingkungan dan disebut dengan biogas.

Baca Juga : Daftar Harga Mobil Listrik Hyundai, Mulai Dari Kona Electric Signature Hingga Hyundai IONIQ 5

Dalam proses pembuatannya biogas yang dihasilkan akan mengandung beberapa senyawa kimia, mulai dari karbon dioksida, hidrogen, hydrogen sulfide hingga gas metana.

2. Kincir Angin

Kincir angin menempati posisi kedua dari 10 teknologi ramah lingkungan. Keberadaan kincir angin tidak hanya dapat menarik dalam segi pariwisata saja. Kincir angin ternyata dapat dijadikan sebagai salah satu teknologi yang ramah bagi lingkungan.

Teknologi satu ini dimanfaatkan untuk bisa menghasilkan listrik pada PLTB (Pembangkit Listrik Tenaga Bayu). Perlu diketahui pemanfaatan kincir angin ini juga merupakan salah satu penggunaan energi terbarukan.

3. Panel Surya

Selain biogas dan kincir angin, energi terbarukan lainnya yang memegang peranan penting dalam teknologi ramah lingkungan adalah panel surya. Panel surya dimanfaatkan dalam sistem kelistrikan pada PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya).

4. Mobil Tenaga Surya

Matahari tidak hanya dimanfaatkan pada panel surya saja, energi matahari juga digunakan dalam mobil tenaga surya. Teknologi ini merupakan satu dari 10 teknologi ramah lingkungan yang menggunakan matahari selaku sumber energi terbarukan.

Agar bisa berjalan, mobil akan menyerap cahaya matahari yang kemudian akan dijadikan sebagai sumber energi dan akan disimpan dalam satu wadah penyimpanan energi. Sekedar informasi, mobil tenaga surya ini dapat melaju dengan kecepatan 50 hingga 55 km per jamnya.

5. Kompor dan Oven Tenaga Surya

Kompor dan oven tenaga surya juga merupakan bagian dari 10 teknologi ramah lingkungan yang baik digunakan untuk kehidupan. Kompor dan oven tenaga surya ini akan bekerja dengan menyerap panas dari matahari, dimana panas tersebut selanjutnya akan digunakan dalam memasak makanan.

6. Mobil Listrik

Mobil listrik juga termasuk kedalam teknologi yang tergolong ramah lingkungan. Bagaimana tidak, keberadaan mobil listrik tentunya hadir dengan berbagai kelebihan bila dibandingkan dengan mobil konvensional, diantara banyak kelebihan tersebut adalah mobil listrik dapat berperan sebagai moda transportasi yang ramah lingkungan.

Mobil listrik menggunakan motor yang digerakan oleh energi listrik dari baterai dan akan melaju dengan kecepatan yang bervariasi tergantung jenis dan modelnya.

7. Motor Listrik

Tidak hanya mobil listrik, motor listrik juga ada dalam 10 teknologi ramah lingkungan. Tidak seperti motor pada umumnya yang menggunakan bahan bakar minyak (BBM) berbahan fosil, motor listrik menggunakan energi listrik agar bisa berjalan.

Energi listrik tersebut bisa didapatkan dari pengecasan pada sumber listrik. Listrik yang sudah masuk melalui proses pengecasan tersebut akan disimpan dalam baterai dan akan digunakan pada saat motor beroperasi. Berdasarkan informasi dari beberapa sumber motor listrik bisa berjalan dan mampu menempuh jarak hingga 100 km.

8. Lantai Listrik

Posisi berikutnya dari 10 teknologi ramah lingkungan adalah lantai listrik. Sangat menarik bukan, lantai saja bisa menghasilkan listrik, dan ini bukan mitos melainkan sebuah fakta yang benar adanya di negara Jepang.

Teknologi ini dirancang oleh Negeri Sakura dengan memanfaatkan tekanan yang didapatkan dari lalu lalang orang di atas lantai. Tekanan yang didapatkan dari proses tersebut akan diubah menjadi listrik, semakin banyak orang yang berjalan di atas lantai tersebut maka semakin besar energi listrik yang dihasilkan.

9. Kulkas Tanpa Listrik

Teknologi berikutnya adalah kulkas tanpa listrik dan ini berasal dari Indonesia. Luar biasanya lagi teknologi satu ini di temukan oleh anak SD pada 2015 silam. Kulkas listrik ini menggunakan air dingin, pasir dan styrofoam agar bisa membuat kulkas tanpa listrik bekerja.

10. Lampu Seumur Hidup

Urutan terakhir dari 10 teknologi ramah lingkungan adalah lampu seumur hidup. Sama halnya dengan kulkas tanpa listrik, teknologi satu ini juga berasal dari Indonesia dan ditemukan oleh mahasiswa Universitas Brawijaya pada tahun yang sama dengan penemuan kulkas tanpa listrik.

Baca Juga : Simak Cara Membuat Biogas Sederhana dari Sampah Rumah Tangga

Teknologi ini menggunakan bantuan dari bakteri bioluminescence sebagai sumber utama energi. Bakteri tersebut menempel pada cumi-cumi dan akan menyebabkan adanya cahaya biru. Semakin banyak jenis bakteri tersebut maka akan semakin terang pula lampu.

Demikianlah beberapa ulasan menarik mengenai 10 teknologi ramah lingkungan yang akan sangat membantu dalam kelangsungan kehidupan, mulai dari biogas hingga lampu seumur hidup.

Originally posted 2023-05-09 03:29:08.