Mengetahui Apa Kelebihan Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Menggunakan energi matahari untuk dapat menghasilkan listrik, PLTS atau pembangkit listrik tenaga surya hadir dengan berbagai kelebihan. Selain energi listrik yang berasal dari sumber energi terbarukan matahari, ternyata terdapat beberapa kelebihan lainnya yang diberikan oleh PLTS.

Berikut ini akan dijabarkan mengenai apa itu pembangkit listrik tenaga surya atau PLTS, serta apa kelebihan pembangkit listrik tenaga surya yang merupakan salah satu jenis pembangkit dengan sumber energi yang berasal dari matahari selaku sumber energi terbarukan.

Apa itu Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Pembangkit listrik tenaga surya atau PLTS adalah jenis pembangkit yang menggunakan energi matahari sebagai energi utama untuk bisa menghasilkan listrik. Pembangkit listrik tenaga surya atau PLTS menggunakan panel surya agar bisa menghasilkan listrik.

Energi matahari akan diserap oleh panel surya dan akan diubah menjadi listrik DC. Langkah selanjutnya melalui komponen inverter yang ada  pada sistem kelistrikan di PLTS akan diubah listrik DC menjadi listrik AC agar bisa digunakan pada banyak peralatan listrik.

Baca Juga : Apa Fungsi Air Dalam Pembangkit Listrik Tenaga Air itu? Ini Jelasnya

Pada PLTS sendiri juga terdapat baterai yang berperan menyimpan listrik yang sudah diserap sebelumnya oleh panel surya. Pada siang hari panel surya akan bekerja menyerap energi matahari dan mengkonversinya menjadi listrik. Sementara itu pada malam harinya panel tidak akan bekerja karena tidak adanya sinar matahari.

Apa Kelebihan Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Terdapat banyak kelebihan yang ditawarkan oleh pembangkit listrik tenaga surya atau PLTS. Berikut ini merupakan ulasan lengkap mengenai apa kelebihan pembangkit listrik tenaga surya.

Sumber Energi Terbarukan

Kelebihan pertama dari pembangkit listrik tenaga surya atau PLTS adalah termasuk sebagai salah satu jenis energi terbarukan. Hal ini dikarenakan dalam proses kerjanya menghasilkan listrik PLTS menggunakan energi matahari yang merupakan salah satu sumber energi terbarukan.

Pada pembangkit listrik tenaga surya atau PLTS energi matahari akan diubah menjadi energi listrik melalui panel surya dan akan bekerja dengan beberapa komponen sistem lain seperti inverter, baterai dan beberapa komponen pendukung lain agar listrik yang dihasilkan bisa dimanfaatkan.

Biaya Perawatan yang Murah

Jawaban dari apa kelebihan pembangkit listrik tenaga surya atau PLTS selanjutnya adalah sistem PLTS memiliki biaya perawatan yang tergolong murah. Walaupun pemasangan PLTS menghabiskan banyak biaya di awal, namun tidak perlu khawatir tentang masalah perawatan. Perawatan PLTS bisa dilakukan dengan mudah, murah, praktis, bahkan juga bisa dikatakan gratis.

Tidak banyak yang perlu dilakukan untuk merawat PLTS. Perawatan hanya dilakukan untuk membersihkan panel surya dan beberapa pengecekan pada komponen lainnya saja. Bila tidak ada kerusakan maka tidak ada yang perlu diganti atau diperbaiki. Perawatan pada PLTS banyak dilakukan pada inverter yang mengalami masalah dan harus diganti.

Mengurangi Masalah Tagihan Listrik

Apa kelebihan pembangkit listrik tenaga surya kedua adalah mengenai berkurangnya masalah tagihan listrik. Tentunya kelebihan ini akan sangat membantu, dengan kehadiran pembangkit listrik tenaga surya di rumah maka listrik yang berasal dari PLN bisa dilakukan penghematan.

Penghematan listrik PLN tersebut tentunya akan berdampak pada tagihan listrik yang berkurang karena sudah tertutupi dengan penggunaan listrik dari PLTS yang gratis karena bersumber dari energi matahari dan dapat digunakan secara mandiri apabila sudah terpasang dirumah.

Aman Untuk Lingkungan

Jawaban selanjutnya dari apa kelebihan pembangkit listrik tenaga surya adalah menjadi pembangkit listrik yang aman bagi lingkungan. Mengapa demikian, hal ini tentunya didasari karena penggunaan energi yang berasal dari matahari selaku energi bersih dan energi terbarukan yang ramah lingkungan.

Berbeda daripada sumber energi berbahan fosil yang menghasilkan gas dan pencemaran lingkungan, energi matahari adalah kebalikan dari itu dimana energi ini bersih dan aman tentunya bagi lingkungan.

Keamanan Listrik

Point yang juga menjadi jawaban dari apa kelebihan pembangkit listrik tenaga surya adalah masalah keamanan listrik. Bila banyak terdapat panel surya pada daerah tertentu maka kemungkinan yang akan terjadi adalah pemadaman listrik akan minim terjadi.

Hal ini tentunya akan meningkatkan masalah keamanan jaringan listrik yang berasal dari PLN apabila terjadinya beban berlebih atau beberapa kasus lain yang menyebabkan kerugian.

Baca Juga : 10 Teknologi Ramah Lingkungan Yang Baik Untuk Kehidupan

Bisa Dipasang Dimana Saja

Kelebihan lain yang juga bisa didapatkan dari pemasangan listrik tenaga surya adalah dapat dipasang dimana saja selagi masih ada lahan atau media tempat panel bisa diletakan. Namun perlu diperhatikan juga bahwa pada saat pemasangan panel, panel harus diletakkan di lokasi dengan cahaya matahari yang cukup. Hal ini dilakukan agar resapan sinar matahari cukup dan listrik yang dihasilkan juga bisa banyak.

Ada banyak jawaban dari pertanyaan apa kelebihan pembangkit listrik tenaga surya atau PLTS. Selain bisa menjadi sebuah pembangkit yang aman dan ramah lingkungan, PLTS juga bisa dijadikan sebagai pembangkit listrik dengan peran mengurangi tagihan listrik yang berasal dari luar PLTS.

Originally posted 2023-05-14 05:48:58.