Apa yang Dimaksud dengan Sumber Energi Panas: Jenis, Manfaat, dan Sifatnya

Apa yang dimaksud dengan sumber energi panas? Mungkin banyak dari kita bertanya-tanya tentang ini. Ternyata sumber energi panas adalah salah satu sumber energi yang sangat dibutuhkan untuk seluruh makhluk hidup yang ada di bumi. Sumber energi panas merupakan energi yang dipindahkan dari satu benda ke benda lain melalui perpindahan suhu panas.

Sumber energi panas yang sering kita jumpai adalah matahari. Matahari terbilang sebagai sumber energi yang mampu diperbaharui dan akan terus ada.

Baca juga: Pembangkit Listrik Tenaga Uap Mendominasi Kapasitas Terpasang PLN, Apakah Cita-cita Netral Karbon 2060 Bisa Berjalan Mulus?

Lima Jenis Sumber Energi Panas dan Manfaatnya

Di bumi sendiri, terdapat 5 sumber energi panas, yaitu :

  • Sumber energi panas dari matahari
  • Sumber energi panas dari bumi
  • Sumber energi panas dari listrik
  • Sumber energi panas dari api
  • Sumber energi panas dari gesekan dua benda

Jadi apa yang dimaksud dengan sumber energi panas adalah adanya  jenis energi yang bisa kita manfaatkan untuk kehidupan kita. Untuk mengetahui lebih lanjut apa yang dimaksud dengan sumber energi panas dan apa saja jenisnya, mari kita bahas pengertian 5 sumber energi panas beserta manfaatnya :

  1. Energi Panas Matahari

Matahari adalah sumber energi yang terbesar di bumi. Dan sumber energi panas dari matahari berasal dari radiasi matahari ke bumi. Sumber energi panas dari matahari sangat membantu kehidupan makhluk hidup seperti manusia, hewan, dan tumbuhan.

Tumbuhan misalnya, dapat membantu proses fotosintesis yang hasilnya akan kembali menjadi sumber energi yang dapat dimanfaatkan untuk keberlangsungan kehidupan di bumi.

Sedangkan dalam kehidupan sehari-hari manusia, sinar matahari membantu banyak hal, sesederhana seperti mengeringkan pakaian, menghasilkan vitamin D yang berguna untuk kesehatan manusia, menjadi sumber penerangan alami di pagi dan siang hari, serta pemanfaatan sinar matahari menjadi listrik tenaga surya yang baik bagi lingkungan. Sebab sumber energi panas yang berasal dari matahari tidak menghasilkan gas rumah kaca dan tidak pula mencemari air dan ketersediaannya pun sangat tidak terbatas.

Matahari begitu menggambarkan apa yang dimaksud dengan sumber energi panas.

  1. Energi Panas Bumi

Sumber energi panas yang berasal dari bumi terdapat dan terbentuk di dalam kerak bumi yang kemudian terproses hingga menjadi uap air dan air panas. Energi panas bumi juga disebut dengan energi geothermal. Sumber energi ini juga sangat ramah terhadap lingkungan. Salah satu manfaat yang sudah dirasakan adalah adanya Kawah Kamojang geowisata di Garut, Jawa Barat dan dimanfaatkan sebagai sektor agrobisnis pengeringan biji kopi.

Panas bumi juga dapat menghasilkan listrik dan Indonesia kini menjadi negara ke-2 setelah Amerika sebagai negara yang memiliki kapasitas pemasangan listrik panas bumi yakni 2.131 megawatt (MW).

Selain energi panas matahari, energi panas bumi juga dapat menggambarkan dengan nyata pada kita apa yang dimaksud dengan sumber energi panas.

Baca juga: Ini Dia 4 Harga Mobil Listrik Termurah di Indonesia

  1. Energi Panas Listrik

Selanjutnya sumber energi panas yang dapat kita manfaatkan adalah berasal dari listrik. Sebuah elemen akan dialiri oleh arus listrik dalam waktu tertentu dan sebagian arus listrik yang ada akan berubah menjadi energi panas. Tentu saja untuk menghasilkan energi panas yang satu ini perlu adanya listrik untuk menghantarkan panas pada alat atau benda tertentu.

Contohnya seperti :

  • Kompor listrik, alternatif kompor ramah lingkungan yang tak perlu menggunakan gas atau minyak untuk menghasilkan api.
  • Setrika, membantu untuk merapikan pakaian melalui panas aluminum setrika.
  • Pemanas ruangan, biasanya digunakan pada rumah di negara dengan 4 musim. Dan akan sering dibutuhkan saat musim dingin guna menghangatkan suhu ruangan.
  • Pengering rambut, alat untuk membantu merapikan rambut manusia atau hewan.
  • Alat penanak nasi, digunakan untuk menanak nasi sebagai kebutuhan pangan, melalui listrik yang dapat menghasilkan panas untuk proses memasak.
  • Solder, alat yang biasanya digunakan untuk mencairkan timah melalui panas solder dari aliran listrik.
  • Oven, sebagai alat bantu untuk memasak segala jenis makanan yang perlu dimatangkan melalui panas di dalam oven seperti kue kering, roti, makanan lainnya.

Dan masih ada beberapa benda lainnya yang menghasilkan panas dari adanya aliran listrik yang mungkin sudah biasa kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Energi panas listrik ini memberikan gambaran pada kita tentang apa yang dimaksud dengan sumber energi panas, terutama dari bahan non alam, yang berbeda dengan sumber energi panas dari matahari dan bumi.

  1. Energi Panas Api

Api termasuk sebagai sumber energi panas. Proses pembakaran sebuah benda dapat terjadi apabila ada api dan oksigen. Dan sebagian besar benda berpotensi terbakar, misalnya batu yang digosokkan dapat menghasilkan panas. Makin lama batu itu digosokkan, energi panasnya lama kelamaan akan terasa dan bisa menciptakan api.

Dari percikan api yang jatuh di atas sesuatu juga akan menyambarkan api ke bahan yang mudah terbakar seperti kertas dan rumput atau daun kering. Api sangat bermanfaat sebagai pendukung beberapa kegiatan manusia seperti dalam kegiatan memasak.

Energi panas api juga memberi kita gambaran apa yang dimaksud dengan sumber energi panas.

  1. Energi Panas Gesekan Dua Benda

Selain sumber panas api, ternyata ada pula sumber energi panas yang berasal dari gesekan dua benda dan tidak selalu menciptakan api sebagai akibat yang ditimbulkan. Contoh sederhananya adalah saat kita berada di hawa dingin pegunungan, lalu kita menggosok-gosokkan kedua telapak tangan dengan cepat, lalu suhu badan kita pun terasa lebih hangat.

Baca juga: 2 Jenis Sumber Energi yang Tidak Dapat Diperbaharui

Apa yang Dimaksud dengan Sumber Energi Panas Sebenarnya

Ternyata apa yang dimaksud dengan sumber energi panas yang kita pelajari saat ini sudah dialami pula oleh manusia zaman purba. Mereka seringkali membuat gesekan dua benda sepeti batang kayu, batu, yang nantinya akan memercikkan api. Bisa untuk cikal bakal pembuatan api unggun untuk menghangatkan suhu badan di musim dingin maupun untuk memasak.

Hal-hal di atas tentu sudah bisa menjawab rasa penasaran kita tentang apa yang dimaksud dengan sumber energi panas. Bukan hanya sifat suatu benda saja yang dapat dirasakan panasnya, namun energi panas ini berpindah dari satu benda menuju benda lainnya karena adanya perpindahan suhu.

Lima macam sumber energi panas di atas juga membantu kita memetakan mana saja sumber energi panas yang dapat diperbaharui dan mana yang tidak. Sumber energi panas yang bisa diperbaharui misalnya matahari dan segala sesuatu yang ada di bumi seperti ombak, angin, air. Sedangkan sumber energi panas yang tidak dapat diperbaharui seperti gas alam, minyak bumi, batu bara, sampai energi nuklir.

Sifat-Sifat Sumber Energi Panas

Untuk makin memahami apa yang dimaksud dengan sumber energi panas, ada pula sifat-sifat sumber energi panas yang perlu kita tahu, yaitu :

  1. Sifat energi panas bisa berpindah, contohnya adalah peristiwa radiasi, konveksi, dan konduksi. Berpindah di sini karena ada yang menghantarkannya.
  2. Sifat energi panas bisa berubah suhu, contohnya air yang mendidih di atas kompor.
  3. Sifat energi panas bisa membuat bentuk dan volume benda berubah, contohnya coklat atau mentega yang dilelehkan.
  4. Sifat energi panas bisa membuat memuainya suatu benda, contohnya kaca jendel ayang bisa memuai lama kelamaan karena trkena sinar matahari panas terus menerus

Sekarang, kita tidak perlu bingung lagi dengan apa yang dimaksud dengan sumber energi panas dengan penjelasan dan contoh-contoh di atas. Ternyata selama ini banyak sumber energi panas yang dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari namun kadang kita kurang menyadarinya.

Originally posted 2023-03-10 13:20:23.