Mengetahui Apakah Fungsi Bendungan Pada Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)

Selain air yang berperan sangat penting pada sistem kelistrikan pembangkit listrik tenaga air atau PLTA, terdapat bendungan yang juga mempunyai peranan yang hampir sama penting. Bendungan berperan sebagai media atau tempat yang akan digunakan untuk bisa menampung air agar bisa digunakan untuk menggerakan turbin dan bisa menghasilkan listrik.

Lalu apakah fungsi bendungan pada pembangkit listrik tenaga air atau PLTA. Pada penjelasan berikut ini akan coba dijabarkan beberapa informasi, mulai dari pengertian tentang bendungan, dan fungsi-fungsi yang dihadirkan oleh bendungan pada pembangkit listrik tenaga air atau PLTA.

Pengertian Bendungan

Bendungan atau media penampungan air merupakan bangunan atau konstruksi yang dibangun dengan tujuan untuk dapat menahan dan juga agar bisa menampung air dalam jumlah yang banyak dan dalam kuantitas tertentu.

Baca Juga : Kenali Beberapa Sumber Energi Terbarukan dan Beberapa Manfaatnya

Pembangunan bendungan dilakukan sesuai dengan keperluan, ada banyak jenis bendungan dan dibangun atas berbagai keperluan. Waduk adalah salah satu jenis bendungan yang dibangun dengan tujuan untuk dapat memenuhi kebutuhan seperti pengairan persawahan dan lainnya.

Tidak hanya dibangun untuk keperluan pengairan pertanian saja, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari keberadaan bendungan dan salah satunya adalah berguna pada sistem pembangkit listrik tenaga air atau PLTA.

Lalu apa kegunaan dan fungsi bendungan pada pembangkit listrik tenaga air atau PLTA hingga bisa menghasilkan energi listrik? Berikut ini merupakan penjelasan mengenai apakah fungsi bendungan pada pembangkit listrik tenaga air (PLTA).

Apakah Fungsi Bendungan Pada Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)

Penjelasan di bawah merupakan beberapa jawaban dari pertanyaan mengenai apa fungsi daripada bendungan pada PLTA. Ternyata keberadaan bendungan pada PLTA mempunyai banyak manfaat, mulai dari dapat menampung air hingga bonusnya bisa menjadi destinasi wisata baru.

Menampung Air

Sama halnya dengan bendungan pada kebutuhan pertanian dan lainya, jawaban dari apakah fungsi bendungan pada pembangkit listrik tenaga air atau PLTA adalah sebagai konstruksi atau media yang berperan untuk dapat menampung air.

Air yang ditampung ini pada pembangkit listrik tenaga air atau PLTA nantinya akan digunakan sebagai sumber penggerak utama pada turbin. Secara proses pembangkit listrik tenaga air menghasilkan listrik, bendungan adalah media yang digunakan untuk bisa menghasilkan energi gerak.

Menghasilkan Energi Kinetik

Selain berperan sebagai tempat penampungan air, jawaban kedua dari apakah fungsi bendungan pada pembangkit listrik tenaga air atau PLTA adalah berperan sebagai tempat yang akan memproduksi energi kinetik yang nantinya menjadi penggerak generator melalui turbin.

Bendungan yang dibangun dengan ketinggian tertentu akan membuat permukaan air menjadi naik dan akan jatuh dari ketinggian bendungan yang dibuat tersebut. Kecepatan atau pergerakan energi kinetik dari air untuk bisa menggerakan turbin generator akan sangat bergantung pada konstruksi daripada bendungan itu sendiri.

Mengalirkan Air Ke Turbin Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)

Usai air telah ditampung dan permukaan air sudah naik sesuai dengan ketinggian bendungan, maka berikutnya air akan dialirkan menuju ke turbin agar bisa menggerakan turbin yang sudah terhubung dengan generator pada pembangkit listrik tenaga air atau PLTA.

Ini juga merupakan jawaban berikutnya dari apakah fungsi bendungan pada pembangkit listrik tenaga air atau PLTA.

Mengendalikan Banjir

Tidak hanya itu saja, kehadiran bendungan juga bisa berperan sebagai media yang dapat mengendalikan banjir. Ini juga merupakan salah satu fungsi dari bendungan diluar dari fungsi-fungsinya pada sistem kelistrikan pembangkit listrik tenaga air atau PLTA.

Pengairan Sawah

Bendungan juga berperan sebagai media yang digunakan untuk bisa menampung air dan nantinya akan dialirkan menuju ke sawah demi meningkatkan kualitas pertanian yang sangat erat kaitannya dengan keberadaan air.

Hal ini tentunya manfaat yang ditawarkan dari hadirnya bendungan selain daripada jawaban dari pertanyaan apakah fungsi bendungan pada pembangkit listrik tenaga air atau PLTA.

Tempat Hidup Berbagai Spesies dan Penyedia Air Bersih

Diluar konteks pembangkit listrik tenaga air, bendungan adalah sebuah konstruksi yang juga dapat berperan sebagai tempat hidup berbagai spesies ikan dan beberapa makhluk hidup lainnya. Keberadaan ekosistem dan berbagai spesies ini tentunya akan bermanfaat terhadap keberadaan penyediaan air bersih yang bisa didapatkan dari bendungan.

Baca Juga : Berikan 2 Alasan Biogas Dapat Dijadikan Energi Alternatif

Bonusnya Bisa Berfungsi Sebagai tempat Wisata

Bonus dan jawaban terakhir dari fungsi bendungan adalah dapat menjadi salah satu destinasi wisata baru yang bisa dikunjungi oleh masyarakat. Pengunjung dapat menikmati keindahan bendungan dengan panorama alamnya.

Tidak hanya itu dengan ragam spesies ikan yang melimpah ini juga bisa menjadi daya tarik tersendiri. Bukan hanya itu saja kehadiran bendungan juga bisa dijadikan sebagai salah satu wisata edukasi dan juga tempat penelitian.

Itulah ulasan menarik dan beberapa jawaban yang dihadirkan dari pertanyaan apakah fungsi bendungan pada pembangkit listrik tenaga air atau PLTA.

Originally posted 2023-05-14 05:50:24.