Apakah Yang Dimaksud Dengan Energi Terbarukan? Berikut Jawabannya

Apakah yang dimaksud dengan energi terbarukan? Biasanya energi terbarukan ini dikenal dengan energi listrik yang bersumber dari alam hingga mampu dimanfaatkan oleh manusia dengan bebas. Bukan hanya itu saja mereka juga dapat diperbaharui secara terus menerus hingga tak terbatas.

Tak dapat dipungkiri setiap manusia akan membutuhkan yang namanya sumber energi listrik. Tiap kegiatan atau aktivitas yang dilakukan manusia, pasti akan membutuhkan energi listrik. Tapi, tak semua manusia juga mengetahui tentang apakah yang dimaksud dengan energi terbarukan.

Pemakaian dari sumber energi listrik ini masih terbilang masif sukses hingga dapat membuat lingkungan alamnya menjadi rusak dan juga kacau. Pada akhirnya, hasil pembuangan energi tersebut akan membentuk polusi yang dapat membahayakan kesehatan manusia.

Apakah yang Dimaksud dengan Energi Terbarukan?

Dalam pembahasan apa yang dimaksud dengan energi terbarukan, pembahasan ini akan menjelaskan mulai dari pengertian, jenis-jenis, manfaat hingga sumber energi terbarukan. Coba perhatikan uraian yang tersusun berikut ini.

Pengertian

Energi terbarukan adalah sumber energi dari alam yang dapat dibuat ulang dengan cara yang bebas. Energi terbarukan ini biasanya diciptakan dengan pemanfaatan serta perkembangan teknologi tercanggih. Dengan begitu ini mampu membentuk sumber energi yang alternatif.

Baca juga: Apa Saja Manfaat Energi Gelombang Laut yang Sering Kita Manfaatkan?

Jenis-jenis Energi Terbarukan

Pemakaian sumber energi makin meningkat hingga membuat manusia dapat menemukan pilihan lain untuk sumber energi pada saat ini. Bagi anda yang masih bingung tentang apakah yang dimaksud dengan energi terbarukan, mungkin anda dapat memahaminya dengan melihat jenis-jenisnya yang berikut ini.

  • Panas Laut – air laut mempunyai perbedaan temperatur, dimana bagian dari laut akan terasa dingin serta permukaan laut akan terasa panas akibat matahari yang menyinarinya. Perbedaan temperatur inilah yang akan dimanfaatkan untuk mendapatkan energi listrik.
  • Ombak – selain air laut, ternyata ombak juga dapat menghasilkan energi listrik. Hanya saja membutuhkan infrastruktur yang memiliki jumlah biaya cukup besar.
  • Pasang Surut – energi listrik juga bisa didapat langsung dari pasang surut yang terjadi di pantai. Diketahui kalau energi yang seperti ini dimanfaatkan pada pantai yang berada di Eropa dan bagian Amerika Timur. Turbin akan dipasang pada tepi lautnya agar dapat mengubah pasang surut tersebut menjadi energi seperti mekanik dalam penggilingan gandum, dan kemudian diproses hingga menjadi energi listrik.
  • Angin – bukan hanya dari bagian pantai saja, energi listrik bisa dihasilkan dengan memanfaatkan tenaga angin. Mungkin sebagian kita sudah tahu kalau ada tenaga angin yang menghasilkan listrik. Bahkan, jika kita mendengar negara Belanda, pasti kita akan mengetahui kalau negara tersebut adalah negara pembuatan energi listrik dari udara yang menggunakan kincir angin.
  • Tenaga Surya – selanjutnya adalah tenaga surya, yang mana energi ini berasal langsung dari proses penangkapan radiasi sinar matahari. Dan kemudian akan mengubahnya hingga menjadi energi listrik, air panas dan panas. Panas matahari yang ada akan diserap dengan menggunakan alat solar panel atau panel surya kemudian akan diubah hingga menjadi energi listrik.

Manfaat

Manfaat utama dalam pemakaian energi terbarukan ini adalah tidak menghasilkan emisi. Contohnya, pemakaian solar panel maupun turbin angin tak akan menghasilkan polusi. Hal tersebut karena adanya energi yang tidak akan melepaskan gas-gas beracun atau berbahaya pada saat menghasilkan energi.

Energi terbarukan bermanfaat dalam penghematan air, yang mana hampir setiap pengelolaan energi akan membutuhkan sumber air. Sumber energi yang tradisional, misalnya gas alam, batu bara dan nuklir akan membutuhkan uap air. Dan uap inilah yang akan dipakai untuk menghasilkan listrik melalui pemutaran turbin.

Baca juga: Kenali Beberapa Contoh Energi Panas Bumi yang Sering Dimanfaatkan Berikut Ini

Pemakaian air yang dikhususkan untuk energi listrik juga minimal. Contohnya, solar panel hanya memerlukan kurang lebih 20 galon air untuk satu MWh dalam perawatan ketimbang batu bara yang akan memerlukan 60.000 galon air untuk satu MWh dalam proses produksi.

Sumber Energi Terbarukan

Jika anda ingin mencari tahu tentang apakah yang dimaksud dengan energi terbarukan, maka anda dapat melihatnya dari segi sumber energi itu sendiri.

Perlu anda ketahui kalau sumber energi yang ada saat ini berasal langsung dari energi terbarukan dan juga energi fosil. Indonesia terdiri dari area potensial yang dapat membuat energi terbarukan semakin berkembang.

Adapun sumber-sumber energi terbarukan yang perlu anda ketahui, biomassa, pasang surut, ombak, panas dari air laut serta panas bumi, tenaga surya hingga tenaga angin. Beberapa sumber energi ini dapat menghasilkan energi listrik yang baik untuk dimanfaatkan oleh manusia.

Jadi, apakah yang Dimaksud dengan Energi Terbarukan?

Jadi, apakah yang dimaksud dengan energi terbarukan? Pembahasan diatas bisa kita simpulkan kalau energi terbarukan ini berasal dari alam yang tak terbatas atau bisa diperbaharui. Misalnya energi angin dan juga surya yang bisa digunakan oleh manusia dan tersedia di sekeliling lingkungan manusia.

Baca juga: Mengapa Biogas Ramah Lingkungan Dan Baik Digunakan Sebagai Solusi Energi Alternatif?

Energi terbarukan akan bermanfaat pada manusia yang ingin membantu kegiatan atau aktivitasnya dapat berjalan dengan baik. Energi terbarukan membawa manfaat untuk ekonomi dan sosial, misalnya mengurangi pembiayaan energi, membuka lowongan atau lapangan kerja hingga peluang yang mandiri energi.

Apakah yang dimaksud dengan energi terbarukan? Pembahasan yang ada diatas sudah cukup jelas, anda dapat memahaminya dengan melihat dari pengertian, jenis-jenis, manfaat hingga sumber energi terbarukan itu sendiri. Dengan demikianlah pembahasan ini, terimakasih dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Originally posted 2023-04-25 05:33:04.