Apakah yang Dimaksud Sumber Energi Terbarukan, Energi Tanpa Batas yang Ramah Lingkungan

Kamu sedang bertanya-tanya tentang apakah yang dimaksud sumber energi terbarukan dan ingin mendapatkan jawabannya? Maka cobalah untuk membaca artikel ini hingga tuntas.

Pastinya sudah sangat penasaran kan dengan apakah yang dimaksud sumber energi terbarukan? Energi terbarukan ini digadang-gadang telah menjadi solusi atas krisis energi yang sedang melanda bumi saat ini lho!

Energi terbarukan dapat berasal dari berbagai sumber yang secara alami akan terus ada tanpa khawatir mengalami kelangkaan sumber daya. Jadi, apakah yang dimaksud sumber energi terbarukan itu?

Guna menjawab pertanyaan seputar apakah yang dimaksud sumber energi terbarukan, izinkan artikel ini menjabarkan beberapa pembahasan yang berkaitan dengan topik tersebut!

Apakah yang Dimaksud Sumber Energi Terbarukan

Sumber energi terbarukan adalah sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan oleh manusia sebagai energi alternatif atau berfungsi sebagai pengganti jenis energi konvensional.

Jenis energi konvensional yang dimaksud tidak lain merupakan sumber energi yang berasal dari bahan bakar fosil, batu bara, dan lain sebagainya yang jumlah sumber dayanya terbatas.

Sebaliknya, sumber energi terbarukan ini berasal dari sumber daya alam yang senantiasa ada terus-menerus.

Menurut International Energy Agency (IEA), energi terbarukan merupakan jenis energi yang dapat diperoleh dari alam sekitar dan prosesnya dapat dilakukan secara berkelanjutan.

Penjelasan dari IEA tersebut secara tidak langsung sudah menegaskan bahwa energi terbarukan termasuk ke dalam jenis energi yang dapat dimanfaatkan oleh manusia tanpa harus khawatir akan kehabisan sumber daya.

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Teknologi Ramah Lingkungan, Sebuah Cara untuk Melindungi Ekosistem dari Kerusakan

Beberapa Sumber Energi Terbarukan

Selain menjelaskan jawaban atas pertanyaan apakah yang dimaksud sumber energi terbarukan, artikel ini juga akan memberikan informasi seputar beberapa sumber energi yang termasuk ke dalam jenis energi terbarukan.

Sumber energi terbarukan adalah sebagai berikut:

  1. Matahari

Sumber energi terbarukan pertama ialah berasal dari sinar matahari atau tenaga surya. Energi surya tersebut dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi kelistrikan yang ramah lingkungan karena hanya memanfaatkan sumber alam. Oleh karenanya, jenis energi ini disebut sebagai jenis pembangkit listrik tenaga surya.

Pembangkit listrik dengan tenaga surya alias sinar matahari ini membutuhkan sebuah panel surya yang dapat menerima sinar surya dan mengkonversinya menjadi energi listrik dan beberapa alat lainnya seperti generator dan baterai.

  1. Air

Air termasuk ke dalam sumber energi terbarukan karena jumlahnya yang sangat melimpah. Terutama di Indonesia yang wilayahnya membentuk kepulauan.

Energi air ini memiliki daya potensial dan kinetik yang apabila dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik akan sangat menguntungkan. Alat yang dibutuhkan untuk menghasilkan listrik dari aliran air ini terbilang cukup mudah, yaitu dengan menggunakan kincir air serta generator.

  1. Angin

Sumber energi terbarukan berikutnya adalah angin. Sama halnya dengan dua sumber energi sebelumnya, angin termasuk ke dalam sumber daya alam yang tidak akan pernah habis dan dapat dimanfaatkan secara terus-menerus.

Alat yang diperlukan untuk menghasilkan listrik dari energi angin adalah kincir angin dan generator saja.

Baca juga: Pembangkit Listrik Tenaga Angin di Indonesia, Sumber Energi Terbarukan dengan Kelebihan dan Kekurangannya

Manfaat dari Energi Terbarukan

Energi terbarukan memiliki beberapa manfaat terutama dalam aspek atau sisi lingkungan. Kelebihan tersebut menjadi bagian yang sangat krusial sebagai image positif dari energi terbarukan.

Adapun manfaat dari energi terbarukan adalah sebagai berikut:

  1. Ramah Lingkungan

Energi terbarukan telah terbukti dapat mendorong terciptanya lingkungan yang jauh lebih kondusif. Menggunakan energi terbarukan sebagai sumber energi dapat mengurangi adanya polusi udara maupun kerusakan alam lainnya yang disebabkan oleh proses eksploitasi.

Memanfaatkan sumber energi terbarukan jelas lebih ramah lingkungan daripada jenis energi yang didapatkan lewat proses pembakaran batu bara maupun bahan fosil lainnya yang terbatas.

  1. Sumber Energi yang Murah

Berbeda dengan sumber energi tidak terbarukan, energi terbarukan menawarkan keuntungan maksimal bagi manusia dengan memberikannya secara gratis.

Alam sendiri sudah menjadi tempat manusia tinggal dan sumber energi seperti matahari, air, dan angin telah membersamai proses kehidupan dan masih terus ada hingga saat ini.

Dengan kata lain, biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi energi akan jauh lebih murah karena sumber dayanya ada di sekitar manusia tanpa perlu membayar mahal.

  1. Mendorong Terciptanya Kemandirian Masyarakat

Penggunaan sumber energi terbarukan memang masih tidak banyak diketahui oleh masyarakat secara luas. Hal ini dibuktikan oleh penggunaan jasa layanan listrik konvensional yang masih banyak dipakai.

Tentu saja, hal tersebut juga dapat disebabkan oleh banyak faktor. Di antaranya adalah minim pengetahuan, tidak punya modal yang cukup, hingga tidak punya waktu untuk mengurusnya.

Apabila seluruh bagian masyarakat mampu menciptakan pembangkit listrik dari energi terbarukan yang ada di sekitar rumah mereka, maka akan tercipta kemandirian dari segi penyediaan listrik dan tidak lagi bergantung kepada negara.

Baca juga: Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro: Definisi, Prinsip Kerja, Komponen, Manfaat dan Kekurangannya

Itulah serangkaian penjelasan mengenai apakah yang dimaksud sumber energi terbarukan, mulai dari definisi dari sumber energi terbarukan, beberapa sumber energi terbarukan, dan manfaat yang akan diperoleh jika mampu mengembangkan energi listrik dari sumber energi terbarukan.

Originally posted 2023-05-15 14:57:17.