Mengetahui Bagaimanakah Proses Pembuatan Biogas Menggunakan Kotoran Ternak

Biogas adalah salah satu jenis energi alternatif yang juga termasuk sebagai salah satu sumber energi terbarukan. Keberadaan biogas sendiri bisa dihasilkan dengan mudah dari alam dan juga limbah rumah tangga.

Biogas termasuk salah satu jenis daripada biomassa. Biogas sendiri dapat dibuat dari beberapa macam bahan baku salah satunya adalah kotoran hewan ternak. Lalu bagaimanakah proses pembuatan biogas dengan menggunakan bahan baku kotoran hewan ternak?, berikut penjelasan lengkapnya

Mengenal Biogas

Biogas adalah suatu jenis gas yang bisa didapatkan dari beberapa bahan baku yang terurai oleh mikroorganisme dalam keadaan anaerob. Keadaan anaerob adalah keadaan dimana tidak adanya oksigen pada saat proses penguraian berlangsung, menarik untuk mengetahui bagaimanakah proses pembuatan biogas.

Kandungan dari biogas sendiri adalah gas metana atau CH4 dan gas karbon dioksida atau CO2 dengan jumlah yang mendominasi. Sementara itu kandungan unsur kimia lain yang terdapat pada biogas adalah hidrogen sulfida atau H2S dan juga beberapa jenis gas-gas atau unsur kimia lain.

Keberadaaan biogas sendiri dapat dimanfaatkan pada beberapa keperluan sehari-hari. Biogas yang notabenenya menghasilkan gas umumnya dimanfaatkan untuk proses memasak makanan.

Selain memasak makanan biogas juga dapat dijadikan sebagai solusi energi alternatif yang bisa menggantikan posisi gas berbahan bakar fosil. Tidak hanya itu saja, dengan jumlah biogas yang banyak juga bisa dimanfaatkan untuk menjadi pembangkit listrik.

Baca Juga : Kenali Beberapa Sumber Energi Terbarukan dan Beberapa Manfaatnya

Bagaimanakah Proses Pembuatan Biogas Menggunakan Kotoran Ternak

Usai dibekali dengan pemahaman akan biogas maka pada penjelasan ini akan dijabarkan mengenai mekanisme dan proses pembuatan biogas dengan menggunakan kotoran ternak.

Persiapan alat dan bahan

Proses pertama daripada bagaimanakah proses pembuatan biogas adalah mempersiapkan segala kebutuhan baik itu alat dan juga bahan yang akan digunakan nantinya.

Alat dan bahan yang diperlukan daripada proses pembuatan biogas ini sangatlah sederhana yaitu meliputi tangki penampungan bahan baku biogas, selang yang terhubung dengan tangki biogas dan juga terhubung menuju ke kompor dimana nantinya biogas akan dinyalakan dengan kompor untuk memasak.

Selain itu siapkan juga peralatan pendukung lain seperti cutter, air dan juga tentunya bahan baku utama yaitu kotoran ternak. Kotoran ternak yang bisa digunakan pada proses pembuatan biogas ini dapat berupa kotoran sapi, ayam dan beberapa jenis ternak lainnya.

Mencampurkan Kotoran Ternak

Pada tahapan kedua bagaimanakah proses pembuatan biogas adalah dengan melakukan pencampuran kotoran ternak baik itu sapi, ayam atau jenis ternak lainnya dengan air.

Kotoran ternak dan air bisa dicampurkan dengan tingkat perbandingan sebesar 1 banding 2 dan aduk hingga membentuk lumpur. Selanjutnya bila sudah terbentuk seperti lumpur maka bahan utama ini bisa langsung dimasukan kedalam tangki penampungan atau digester.

Lumpur dari proses pencampuran kotoran ternak dan air tadi harus diisi banyak ke dalam digester bahkan bila perlu hingga penuh. Pada saat bahan baku utama ini ditambahkan ke dalam digester maka perlu juga ditambahkan rumen segar agar produksi biogas menjadi lebih baik.

Setelah register terisi penuh maka proses selanjutnya adalah dengan melakukan penutupan keran gas agar bisa terjadinya proses fermentasi pada biogas dan bisa mulai menghasilkan gas.

Mulai Menghasilkan Gas

Bagaimanakah proses pembuatan biogas pada tahapan berikutnya adalah dengan mulai diproduksinya gas dari biogas. Produksi gas dari biogas ini bisa didapatkan dari hari pertama hingga hari ke delapan.

Namun untuk gas pada minggu pertama sangat disarankan untuk dibuang karena pada minggu pertama gas yang dihasilkan adalah gas dengan jumlah unsur kimia CO2 atau karbondioksida.

Gas Hasil Biogas yang Sudah Bisa Digunakan

Berikutnya pada hari ke 10 hingga ke hari 14 produksi gas dari biogas sudah mulai mengandung gas metana atau CH4 dengan persentase CO2 atau karbon dioksida yang mulai menurun.

Bagian ini menjadi bagian terakhir daripada bagaimanakah proses pembuatan biogas. Pada hari ke 14 produksi gas dari biogas sudah sempurna dan sudah bisa dimanfaatkan untuk menyalakan kompor dengan bahan biogas.

Baca Juga : Fungsi Generator Pada Pembangkit Listrik Adalah Sebagai Alat yang Mengubah Energi Mekanik Menjadi Listrik

Pada hari ke 14 dan seterusnya produksi biogas akan terus berjalan dan gas yang dihasilkan dari biogas ini sangat tergantung erat dengan jumlah bahan baku utama yaitu campuran kotoran hewan dan air pada bak penampungan kotoran.

Oleh sebab itu bahan baku dari proses dihasilkannya gas dari biogas ini sangatlah penting untuk terus dijaga. Pada saat bahan baku mulai mengering dan keberadaan air di dalamnya mulai menipis maka sudah sebaiknya mengganti bahan baku biogas tersebut dengan bahan baku baru.

Bahan baku pembuatan biogas yang sudah tidak digunakan lagi bisa digunakan untuk pembuatan pupuk kompos dan sangat baik untuk kelangsungan hidup tanaman.

Demikianlah beberapa langkah mengenai bagaimanakah proses pembuatan biogas dengan menggunakan bahan baku kotoran ternak yang bisa menggunakan kotoran sapi, ayam ataupun jenis kotoran ternak lainnya.

Originally posted 2023-04-20 09:49:35.