Baterai Tenaga Surya untuk Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Pembangkit listrik tenaga surya menggunakan beberapa kompenen penting pada saat sistem beroperasi. Adapun komponen tersebut seperti panel surya untuk menangkap sinar matahari, serta baterai tenaga surya sebagai tempat cadangan listrik. 
Energi listrik yang dihasilkan oleh solar cell atau panel surya merupakan energi listrik yang tidak stabil. Alasannya karena tergantung dengan cuaca dan intensitas cahaya matahari pada saat itu. Maka, penting menambahkan baterai dalam komponen pembangkit listrik tenaga surya. Baterai sendiri mampu mengalirkan energi listrik dengan tegangan arus yang stabil.
Pada saat ini baterai tenaga surya memiliki beragam jenis, bentuk, harga, serta kapasitas penampungan listrik. Namun setiap produk baterai memiliki kelebihan dan kekurangan, selain itu kualitas menentukan harga serta masa kerjanya. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk mengenal lebih detail baterai tenaga surya yang akan dipilih.
AVvXsEhPrung9y3Nff7c pmvyBksH28f1Xt4iAvd3JHWvuUq34gYVu6XvBQo6YmGGtKuOD896j7GUKr4HBKjDHy474cmvvUthSq9UMt5H4HkbxhVo5xqB1BTKYJW4mOQ0q0LWb84Ml7PvF 4sCW avKdpPOLoMR5OhLr6sR4yWmSSs5TJxN6 Hduo2QtsI6=w640 h366

Baterai Tenaga Surya

Baterai merupakan alat penyimpan dan menyalurkan energi listrik. Pada pembangkit listrik tenaga surya baterai sangat perlu digunakan untuk menyalurkan tegangan arus listrik dalam jumlah yang stabil. Sehingga dapat mengurangi biaya perawatan teknologi PLTS dalam jangka waktu lama. 
Terdapat dua jenis baterai tenaga surya yang dapat anda gunakan. Seperti baterai kering dan baterai basah. Baterai kering sangat cocok digunakan pada sistem PLTS, karena dapat merawat sistem tetap berfungsi dengan baik. Selain itu juga menjaga komponen lain yang tersedia dalam paket lengkap pembangkit listrik tenaga surya.
Pada saat ini baterai memiliki kapasitas, harga serta merek produk yang beragam. Sebelum membeli, sebaiknya anda telah menghitung jumlah energi listrik yang dihasilkan. Kemudian anda dapat memilih baterai dengan kapasitas 22 ampere hour (Ah) sampai 120 Ah. Dengan perkiraan harga mulai Rp 700.000 sampai Rp 4.000.000 rupiah.

Prinsip Kerja Baterai Panel Surya pada PLTS

Prinsip kerja Baterai panel surya ialah mencadangkan energi listrik yang dihasilkan oleh solar cell. Selanjutnya dapat digunakan pada waktu yang anda perlukan seperti terjadinya pemadaman listri, menarangi malam, serta menggantikan listrik utama. Adapun alur prinsip kerja PLTS serta fungsi baterai panel surya diantaranya:
  • Pada awalnya sinar matahari yang cukup akan ditangkap oleh solar cell, kemudian mengubahnya menjadi energi listrik tidak satabil.
  • Kemudian listrik tersebut akan melewati charge controller untuk melakukan pengisian daya listrik berupa arus maupun tegangan pada baterai sampai penuh.
  • Selanjutnya aliran listrik dari baterai dapat mengalir kembali ke dalam charge controller, kemudian menuju ke power inverter, dalam bentuk tegangan direct current (DC) output positif (+) dan DC negatif (-).
  • Setelah itu baru energi dalam listrik yang telah tersimpan dalam baterai dapat dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan.
Akibat prinsip kerja yang simpel, anda dapat membangun PLTS mandiri di rumah untuk memenuhi kebutuhan energi listrik rumah tangga. Untuk membangun pembangkit listrik tenaga surya secara mandiri membutuhkan modal yang lumayan besar. Namun cocok untuk dijadikan investasi dalam jangka panjang. Yang mana tagihan listrik per bulan semakin berkurang.

Beberapa Jenis Baterai yang Sesuai Untuk Sistem Panel Surya

Beragam tipe baterai yang sesuai untuk sistem panel surya dalam teknologi pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). Kualitas baterai juga dapat mencegah terjadinya kerusakan sistem aau komponen lain dari panel surya. Oleh karena itu, pilihlah baterai yang sesuai dengan teknologi solar cell. Adapun beberapa jenis baterai tersebut ialah sebagai berikut:

Baterai Aki Industri 

Baterai aki industi sangat cocok dan sesuai dengan sistem kerja panel surya. Jenis aki ini juga dikenal dengan deep cycle battery. Yang mana memiliki ketahanan dalam menerima dan mengalirkan energi listrik secara stabil dan konstan. Batas ideal penggunaan baterai aki industri mencapai 80% dari seluruh kapasitas yang tersedia. 
Semakin lama waktu pemakaian dan beban listrik yang diterima baterai aki industri, berdampak pada sistem kinerjanya. Misalnya jika anda menggunakan baterai tersebut mencapai kapasitas maksimal, maka ketahan baterai akan bertahan sampai 2 tahun berdasarkan pengaturan pabrik. Namun jika penggunaan kurang dari batas maksimal, berpeluang besar baterai dapat bekerja dengan baik sampai lebih dari perkiraan pabrik.

Baterai Aki Kendaraan

Baterai aki kendaraan yang dimaksud merupakan aki yang digunakan oleh kendaraan minimal memiliki roda empat. Jenis aki kendaraan juga beragam seperti aki basah, aki kering, aki kalsium, serta hybrid. Namun yang paling sering di temui ialah aki basah atau aki kering. Harga dan kualitas aki ini juga berbeda.
Dalam penggunaan sebagai baterai panel surya dapat dilakukan, karena sistem kerja baterai ini berupa deep of discharge (DOD). Yang mana sistem baterai ini memberikan energi listrik dalam jangka waktu cukup singkat. Sehingga memberikan kapasitas energi listrik sebesar 10 – 20% penggunaan secara normal. 
Namun sayang menjadikan aki kendaraan sebagai baterai tenaga surya merupakan kesalahan besar. karena dapat mengakibatkan dampak buruk dari kelangsungan sistem dan keaweten baterai. Penggunaan panel surya yang begitu sering dengan jumlah kapasitas rumaha tangga, membuat beban kerja baterai menjadi lebih berat. Sehingga dapat membuat baterai cepat mengalami kerusakan. 

Tingkat Efisiensi Pemakaian Baterai pada Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Efisiensi penggunaan baterai harus berdasarkan kebutuhan listrik pada tempat yang akan dipasangkan. Selanjutnya menghitung kapasitas energi listrik yang digunakan (DOD) serta jumlah sisa listrik setelah digunakan SoC (State of Charge). Adapun beberapa Trik supaya anda memiliki efisiensi dalam mengoperasikan sistem pembangkit listrik tenaga surya diantaranya:
  • Pilih baterai sesuai dengan standar teknologi PLTS.
  • Menghitung jumlah perkiraan energi listrik masuk, energi listrik keluar, dan kapasitas total baterai panel surya yang digunakan.
  • Gunakan energi listrik sesuai dengan kebutuhan seperti untuk penerangan pada malam hari, pemadaman listrik, serta saat kebutuhan listrik meningkat.
  • Pilih produk panel surya serta baterai yang berkualitas, agar dapat menghematkan biaya kerusakan.
  • Gunakan dalam batas maksimal anjuran pabrik. 
Jika anda dapat menerapkan trik tersebut dengan baik pada pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) mandiri. Maka kemungkinan besar masa kinerja mencapai 3 – 4 tahun dengan perawatan minimal. Proyeksikan PLTS tersebut dalam bentuk investasi jangka panjang. Keuntungan yang dapat diperoleh ialah mengurangi biaya tagihan listrik, serta ramah lingkungan.

Brand Baterai Panel Surya 12V 200AH di Toko Online 

Baterai panel surya memiliki harga serta kapasitas yang berbeda-beda. Namun beberapa toko online menawarkan harga baterai khusus panel surya sekitar 1 jutaan sampai 5 juta. Harga tersebut tentu berbeda antara semua toko. Berikut ini beberapa brand serta harganya berdasarkan dari maketplace online:

Baterai Panel Surya SMT Power 12V 200Ah

Brand SMT Power memiliki tegangan listrik sebesar 12V, dengan kapasitas energi listrik sebesar 200Ah. Baterai ini termasuk dalam jenis aki kering yang khusus digunakan pada pembangkit listrik tenaga surya. Harga yang tercantum pada toko online ialah sekitar Rp 4.200.000 rupiah dalam kondisi baru. 
Keunggulan yang dapat anda nikmatin ialah kapsitas besar dengan harga yang terjangkau. Sehingga tidak memerlukan menambahkan banyak baterai panel surya yang lain. Bagi anda yang berminat brand ini dapat memebeli pada toko onilne atau toko listrik. 

Baterai Tenaga Surya Kijo Baterai VRLA 12V 200Ah

Baterai Kijo memiliki memiliki sistem dept of discharge (DOD) dengan kapasitas energi listrik 200Ah, serta tegangan arus 12V. Harga yang ditawarkan pada marketplace online sekitar Rp 4.000.000 rupiah kondisi baru. 
Prooduk ini memiliki keunggulan dalam proses kontrol yang sudah sesuai dengan standar internasional. Pengisian energi listrik sangat cepat, serta ketahanan kinerja yang perlu diacungkan jempol. Sehingga sangat cocok untuk anda miliki, untuk melengkapai komponen panel surya mandiri.

Baterai Panel Surya VOZ 12V 200Ah

Produk ini menawarkan harga sekitar Rp 4.700.000 rupiah dalam kemasan baru. Baterai yang memiliki tegangan 12V, serta berkapasitas listrik 200Ah ini dapat menjadi pilihan anda. Karena warna dasar hitam serta sitem yang bekerja dalam pada baterai juga sangat baik.
Selain penggunaan pada teknologi panel surya, baterai ini juga berguna untuk lampu darurat, sepeda listrik, serta permainan anak-anak. Jenis baterai Valve Regulated Lead Acid (VRLA) ini memiliki sangat mudah anda temukan pada toko listrik atau marketplace online.

Menghitung Daya Baterai untuk Panel Surya

Menggunakan baterai panel surya dalam PLTS harus mengetahui kebutuhan listrik, lama pemakaian, intensitas cahaya matahari, serta kapasitas baterai. Dalam mendapatkan daya baterai secara ideal, maka anda perlu mendapatkan jumlah daya energi listrik per jam atau watt hour (Wh).
Gunakan rumus fisika dalam mengghitung daya (Wh). Dalam rumus tersebut harus terdapat nilai dari kuat arus per jam (I) dengan satuan Ah, serta tegangan baterai (V) dalam satuan volt. Jika ingin mencari daya maka anda perlu mengalirkan kuat arus dengan tegangan baterai.
Jadi jika anda memiliki baterai 1 buah dengan speksifikasi 12V 200 Ah, maka daya listrik yang dimiliki ialah 2.400 Wh. Perlu anda ketaui, semakin besar energi yang masuk dalam baterai maka semakin cepat pula baterai pelepaskannya. Selain itu kapasitas energi listrik yang dapat anda gunakan hanya 80% sesuai dengan settingan pabrik.

Originally posted 2022-01-04 23:00:00.