Berikan Dua Alasan Biogas Dapat Dijadikan Energi Alternatif, Teknologi Ramah Lingkungan yang Multifungsi

Artikel ini akan berikan dua alasan biogas dapat dijadikan energi alternatif, yang mana bertujuan untuk menginformasikan lebih lanjut terkait manfaat dari pengembangan teknologi ramah lingkungan bagi keberlangsungan hidup manusia.

Sebelum berikan dua alasan biogas dapat dijadikan energi alternatif, mari kenalan terlebih dahulu dengan apa yang dimaksud dengan biogas.

Definisi Biogas sebagai Energi Alternatif

Biogas merupakan salah satu jenis bahan bakar yang berasal bahan organik, di mana proses pembuatannya terjadi secara alami tanpa adanya tambahan zat kimia maupun unsur berbahaya lainnya.

Adapun sumber utama dari pembuatan ini adalah limbah yang tidak lain dihasilkan dari kotoran hewan ternak seperti sapi.

Biogas digunakan sebagai pengganti bahan bakal fosil yang tentunya lebih aman bagi lingkungan sehingga termasuk ke dalam jenis energi alternatif. Oleh karena itulah, artikel ini punya misi untuk berikan dua alasan biogas dapat dijadikan energi alternatif.

Baca juga: Bahan dan Proses Pembuatan Biogas Sederhana, Hemat serta Praktis

Cara Kerja Biogas

Pembuatan biogas dilakukan dengan teknologi yang ramah lingkungan. Tidak hanya kotoran sapi, bahan lain yang digunakan dalam proses pengolahannya adalah sekam padi dan sisa makanan ternak seperti rumput dan daun-daunan.

Kotoran sapi diketahui memiliki kandungan selulosa yang kadarnya cukup tinggi sehingga baik untuk dipakai dalam proses pembuatan biogas, yang mana akan memudahkan proses pencernaan oleh bakteri.

Bakteri yang dimaksud adalah bakteri bernama anaerob, yang mana diproses tanpa terkena paparan oksigen. Bakteri tersebut akan memecah rantai pada bahan organik dan mengubah limbah menjadi sumber energi.

Sumber energi yang dihasilkan kemudian bisa digunakan untuk tujuan yang beragam. Mulai dari memanaskan, mendinginkan, memasak, hingga menghasilkan listrik.

Berikan Dua Alasan Biogas Dapat Dijadikan Energi Alternatif

Seperti yang sudah dijanjikan pada awal tulisan bahwa artikel ini akan berikan dua alasan biogas dapat dijadikan energi alternatif, yang mana akan sekaligus menjelaskan manfaat positif dari biogas itu sendiri.

Jangankan berikan dua alasan biogas dapat dijadikan energi alternatif, lebih dari itu juga akan dijelaskan dalam artikel ini. Mengingat kelebihan dari biogas sangatlah banyak, mari simak beberapa di antaranya berikut ini:

Biogas Mengurangi Pencemaran Lingkungan

Biogas memiliki manfaat sebagai metode ampuh dalam mengurangi pencemaran lingkungan, terutama pada ekosistem tanah dan air.

Banyaknya limbah berupa sampah yang mengeluarkan bau tidak sedap dan turut berdampak pada tanah dan air yang mengalami penurunan kualitas lingkungan atau degradasi.

Seperti penjelasan sebelumnya, proses pembuatan biogas ini sangat bergantung pada bakteri anaerob, di mana ia bertugas untuk menonaktifkan patogen dan parasit yang ada di dalam air sehingga mampu meningkatkan kualitas air itu sendiri.

Oleh karenanya, menggunakan biogas sama saja dengan berupaya dalam mengurangi pencemaran lingkungan.

Biogas juga termasuk dalam contoh penerapan teknologi ramah lingkungan karena proses pembuatannya tidak menimbulkan emisi dan polusi yang berbahaya bagi lingkungan.

Bahan utama yang digunakan dalam pembuatan biogas juga terdiri dari bahan alami, yaitu kotoran hewan yang mana bersifat sebagai energi terbarukan alias berkelanjutan.

Baca juga: Mengenal Biogas: Pengertian Biogas, Cara Mendapatkan Biogas dan Manfaatnya Bagi Kehidupan

Biogas Cenderung Murah dan Mudah Diproduksi

Membuat biogas bisa dilakukan oleh siapa saja dan biaya pembuatannya juga sangat terjangkau bagi banyak orang. Selain murah, ia juga sangat mudah untuk diproduksi.

Kotoran sapi atau hewan ternak bisa didapatkan setiap hari lewat kerja sama dengan peternakan dan memanfaatkan tanaman atau limbah di sekitar untuk membuat biogas.

Biogas ini bahkan bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar kendaraan yang jauh lebih murah daripada membeli bensin di SPBU. Tentunya juga dibutuhkan produk limbah yang cukup untuk menghasilkan energi tersebut.

Menurut informasinya, kotoran dari satu ekor sapi bisa menghidupkan setidaknya satu lampu sepanjang hari.

Biogas Dapat Dimanfaatkan sebagai Pupuk Organik

Sesuai dengan tujuan artikel ini, yaitu berikan dua alasan biogas dapat dijadikan energi alternatif. Alasan ketiga ini juga tidak kalah pentingnya daripada dua alasan sebelumnya.

Sebagai energi alternatif atau energi yang bertugas untuk menggantikan energi konvensional, penggunaan biogas ternyata bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal. Salah satu manfaatnya adalah pupuk organik.

Berdasarkan kasus di lapangan, proses pembelian pupuk pertanian tidak lagi sebebas dahulu, belum lagi harganya sudah sangat mahal sehingga cenderung merugikan para petani. Oleh sebab itu, menggunakan biogas sebagai pupuk organik adalah solusinya.

Pupuk organik ini memang bukan produk utama dari penggunaan biogas itu sendiri, namun manfaat inilah yang bisa dimaksimalkan sebagai produk sampingan.

Beberapa ahli bahkan sudah memberikan pernyataan bahwa pupuk organik ini sangat baik bagi tanaman karena dapat mempercepat pertumbuhan dan memperkuat ketahanan terhadap penyakit seperti hama.

Poin pentingnya adalah tidak berbahaya bagi lingkungan hidup. Tidak seperti pupuk kimia yang dapat menyebabkan penurunan kualitas lingkungan dan bahkan berpotensi sebabkan masalah kesehatan lainnya.

Bahan Bakar Memasak

Alasan keempat ini hadir karena berikan dua alasan biogas dapat dijadikan energi alternatif saja masih kurang cukup dalam merepresentasikan manfaat sebenarnya dari biogas itu sendiri.

Biogas dapat berfungsi sebagai alternatif memasak yang sehat. Memasak dari kompos yang dihasilkan dari produk biogas tidak akan mengotori udara dengan asap sehingga cenderung lebih sehat.

Manfaat ini akan sangat dirasakan terutama oleh masyarakat yang punya masalah dengan gangguan pernapasan dan harus menghindari kepulan asap.

Kekurangan dari Biogas

Selain berikan dua alasan biogas dapat dijadikan energi alternatif, biogas ini juga memiliki beberapa kekurangan yang cukup disayangkan mengingatkan manfaatnya sangat berlimpah bagi kehidupan manusia dan lingkungan sekitar.

Berikut kekurangan dari biogas sebagai energi alternatif:

Teknologi Belum Efisien

Biogas memang punya banyak manfaat, namun teknologi yang digunakan dalam pembuatan biogas masih kurang efisien dan belum sederhana. Hal ini menyebabkan produksinya cenderung lambat dan sulit untuk menghasilkan biogas dalam skala besar.

Sangat Bergantung Pada Cuaca

Bakteri anaerob yang digunakan dalam mencerna limbah harus berada dalam suhu optimal, yaitu kurang lebih 37 derajat celsius. Sehingga cenderung sulit diproduksi saat cuaca sedang masuk musim dingin atau musim penghujan.

Tidak Cocok untuk Wilayah Perkotaan

Bahan baku utama dari biogas adalah berupa kotoran sapi, sisa makanan hewan, dan lain sebagainya. Namun, ketersediaan bahan baku tersebut cenderung lebih banyak di wilayah pedesaan daripada perkotaan.

Bahan Bakar Nabati Bisa Sebabkan Korosi Mesin Kendaraan

Meskipun disebut sebagai energi alternatif yang bisa menggantikan bahan bakar konvensional, penggunaan biogas untuk kendaraan tidak disarankan.

Bahan bakar nabati justru dapat menyebabkan korosi pada mesin kendaraan yang berbahan logam. Jika memaksa, mungkin pemilik kendaraan harus mengeluarkan biaya perawatan yang lebih agar tidak mengalami korosi.

Disamping itu, bahan bakar nabati dari biogas ini dapat digunakan untuk selain daripada kendaran. Misalnya, kompor dapur, lampu, dan ketel air.

Baca juga: Mengenal Gas yang Dihasilkan Oleh Biogas Adalah  CH4 dan CO2

Sekian penjabaran artikel terkait berikan dua alasan biogas dapat dijadikan energi alternatif, mulai dari definisi, cara kerja, alasan sekaligus manfaat biogas sebagai energi alternatif, hingga kekurangannya.

Originally posted 2023-04-18 14:55:46.