Mengenal Panel Surya dan Cara Membuat Panel Surya Sederhana Dari CD Bekas

Panel surya adalah sebuah solusi menghasilkan listrik ramah lingkungan dengan hanya memanfaatkan energi terbarukan yang bersumber dari matahari. Keberadaan panel surya hadir dengan harga yang lumayan mahal. Hal tersebut menjadi kendala dibalik pemasangan panel surya walaupun pada dasarnya setelah pemasangan biaya perawatan akan sangat murah.

Namun tidak perlu khawatir, terdapat sebuah solusi untuk bisa mengatasi masalah mahalnya pemasangan panel surya. Solusi tersebut adalah dengan menggunakan panel surya dari bahan sederhana yaitu CD bekas. Simak ulasan menarik berikut mengenai bagaimana cara membuat panel surya sederhana dari CD bekas

Apa itu Panel Surya

Sebelum terlalu jauh membahas bagaimana cara membuat panel surya sederhana dari bahan CD bekas, ada baiknya memahami terlebih dahulu mengenai apa itu panel surya. Pada bagian ini akan dijabarkan mengenai penjelasan dari panel surya itu sendiri.

Baca Juga : Kenali Beberapa Sumber Energi Terbarukan dan Beberapa Manfaatnya

Pada dasarnya panel surya sendiri adalah sebuah alat yang bisa mengubah energi yang bersumber dari matahari sebagai salah satu energi terbarukan untuk dapat menghasilkan listrik. Listrik yang diserap dari matahari oleh panel surya menggunakan teknologi PV atau photovoltaic.

Dengan menggunakan teknologi tersebut listrik akan diserap dan akan dihasilkan listrik DC atau listrik searah. Listrik tersebut selanjutnya akan diubah dengan bantuan inverter agar bisa digunakan pada banyak peralatan listrik.

Untuk dapat menghasilkan listrik panel surya sangat bergantung pada keberadaan matahari. Oleh sebab itu peletakan posisi panel sangat cocok ditempatkan pada daerah dengan sinar matahari yang cukup. Sementara itu panel akan berhenti bekerja pada malam hari, karena tidak adanya sinar matahari pada malam hari.

Cara Membuat Panel Surya Sederhana dari CD Bekas

Usai memahami tentang apa itu panel surya maka pada bagian ini akan dijelaskan tentang alat beserta bahan dan juga mengenai langkah demi langkah cara membuat panel surya sederhana dari CD bekas agar bisa digunakan dengan harga yang murah serta berbanding terbalik dengan panel surya pada umumnya yang memerlukan biaya mahal untuk pemasangan.

Alat dan Bahan

Terdapat beberapa alat dan bahan yang harus dipersiapkan sebelum memulai proses pembuatan panel surya dari CD bekas. Tentunya bahan yang akan digunakan pada pembuatan ini merupakan alat dan bahan yang bisa dengan mudah didapatkan disekitar rumah.

Namun perlu diketahui bahwa bahan untuk membuat panel surya haruslah mengandung silikon atau cuprous oxide. Sebelum memulai cara membuat panel surya sederhana dari CD bekas, alat dan bahan yang harus dipersiapkan pertama adalah lembaran tembaga.

Alat berikutnya yang harus disediakan adalah 2 buah capit buaya yang berperan untuk dapat mengalirkan listrik yang didapatkan dari sumber energi matahari nantinya. Selanjutnya ada micro ammeter yang digunakan untuk mengukur seberapa besar aliran arus listrik yang mengalir pada panel sederhana dari CD nantinya.

Bahan utama yang harus dipersiapkan tentunya adalah CD bekas. Sementara itu alat dan bahan tambahan yang juga perlu disediakan adalah kompor listrik, botol plastic bening, 2 sendokk makan, amplas, gunting dan juga air. Setelah alat dan bahan semua disediakan barulah akan dilanjutkan kebagian berikutnya yaitu cara membuat panel surya sederhana dari CD bekas.

Langkah Pembuatan

Secara umum proses pembuatan panel surya dari bahan CD bekas terdiri dari 3 tahapan saja yaitu tahap pertama membuat plat negatif dan juga positif, kemudian baru pada tahap kedua akan dilakukan penggabungan kedua plat dan pada tahap terakhir adalah melakukan penambahan larutan garam.

Langkah pertama adalah melakukan pembuatan plat negatif dan juga plat positif. Tahapan ini dilakukan dengan mempersiapkan plat besi dan berikutnya memotong plat besi tersebut sesuai dengan ukuran CD bekas yang sudah tidak digunakan.

Setelah dirasa sesuai maka solder plat besi tersebut pada tembaga yang sudah direkatkan pada CD. Setelah di solder pastikan juga bahwa kondisi bagian yang disolder dilem kembali agar tidak terjadi kebocoran pada saat nantinya akan diisi dengan larutan garam.

Baca juga : Bagaimana Prinsip Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Uap PLTU Dalam Menghasilkan Listrik

Tahapan selanjutnya adalah meletakan plat negatif di atas plat positif. Pastikan untuk merekatkan kedua bagian tersebut dengan lem dan pastikan juga agar tidak adanya celah antara kedua bagian yang sudah direkatkan itu.

Cara membuat panel surya sederhana dari CD bekas terakhir adalah dengan melakukan penambahan larutan garam. Larutan garam bisa dimasukan dengan hati-hati menuju ke  dalam wadah yang sudah dibuat sebelumnya.

Pada saat menuangkan larutan garam pastikan melakukannya dengan hati-hati dan satu hal yang perlu dihindari adalah tidak memasukan larutan garam secara berlebihan. Bila sudah maka proses terakhir adalah pengujian panel surya sederhana dari CD bekas dengan meletakkannya di bawah sinar matahari.

Itulah ulasan lengkap mengenai cara membuat panel surya sederhana dari CD bekas yang perlu diketahui. Alat dan bahan yang digunakan sangat mudah didapatkan, tidak hanya itu saja proses pembuatannya pun juga tergolong mudah untuk dilakukan.

Originally posted 2023-05-12 15:15:33.