10 Cara Menghemat Energi Listrik di Rumah, Dijamin Mudah dan Murah!

Bagaimana cara menghemat energi paling sederhana dan bijak atau cara apa saja yang harus dilakukan untuk menghemat energi listrik di dalam rumah? Apa saja manfaatnya?

Dalam upaya menjawab pertanyaan tersebut, mari simak terlebih dahulu mengenai alasan mengapa kita harus punya cara menghemat energi.

Apa itu Energi Listrik

Energi merupakan tenaga yang dapat menggerakkan sesuatu atau berfungsi sebagai sumber daya dalam mengoperasikan sebuah alat melalui teknologi.

Secara fisika, energi disebut sebagai satuan kapasitas dalam menjalankan suatu pekerjaan. Menurut hukum kekekalan energi, energi dapat berubah secara bentuk namun tidak bisa diciptakan dan dimusnahkan.

Salah satu jenis energi yang akan dibahas dalam artikel ini adalah mengenai energi listrik.

Energi listrik inilah yang dimanfaatkan oleh manusia untuk menerangi kegelapan, menghidupkan barang elektronik, dan lainnya.

Energi listrik termasuk ke dalam energi kinetik karena memiliki muatan listrik yang bergerak. Selain itu, semakin cepat pergerakan muatan akan semakin banyak pula energi listriknya.

Contoh nyata dari energi listrik yang dapat kita lihat dalam kehidupan sehari-hari adalah aki mobil yang memiliki muatan bergerak dan mengalirkan energi listrik menuju bagian sirkuit mobil.

Sumber Energi Listrik

Energi listrik dapat berasal dari berbagai sumber, entah itu dari sumber energi terbarukan maupun yang tidak terbarukan.

Energi listrik dari sumber terbarukan adalah energi surya (matahari), angin, air, ombak, biogas, panas laut, pasang surut air laut, dan lainnya.

Sementara energi listrik dari sumber energi tak terbarukan di antaranya adalah batu bara, gas alam, minyak bumi, dan lainnya.

Kedua sumber energi listrik baik itu yang dapat diperbaharui maupun tidak dapat diperbaharui merupakan sumber daya alam yang dapat kita temukan di lingkungan sekitar.

Keduanya sudah menjadi sumber energi listrik yang saat ini dipakai oleh manusia untuk berbagai aktivitas dan kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Apakah yang Dimaksud Sumber Energi Terbarukan, Energi Tanpa Batas yang Ramah Lingkungan

Manfaat Menghemat Energi Listrik

Jika ditanya tentang apa saja manfaat dalam menghemat energi listrik, maka di antaranya adalah mencegah terjadinya krisis energi, tidak menyia-nyiakan sumber daya alam, dan bisa tetap resisten terhadap risiko enegi di masa depan.

Sebagaimana masalah utama manusia saat ini, yaitu krisis energi. Mengembangkan cara menghemat energi yang dimulai dari rumah adalah ide yang sangat brilian karena dapat mendorong program hemat energi dan penurunan emisi setiap tahunnya.

Cara Menghemat Energi Listrik

Ada setidaknya 10 cara menghemat energi listrik di dalam rumah yang harus kamu ketahui. Adapun cara berikut ini termasuk sangat mudah dan murah untuk dilakukan. Berikut adalah deretan caranya:

  1. Mencuci Sekaligus

Bagi kamu yang mencuci dengan mesin cuci, sebaiknya mencuci sekaligus saja. Tunggu sampai cucian menumpuk dan gunakan mesin itu.

Alangkah baiknya juga jika kamu mencuci secara manual menggunakan tangan karena hal itu termasuk ke dalam cara menghemat energi listrik paling mudah dan murah jika dilakukan di dalam rumah.

  1. Beli Elektronik yang Hemat Listrik

Bijaklah dalam membeli barang elektronik karena tidak semua elektronik aman bagi kantong kamu.

Sebaiknya pakai elektronik dengan jumlah watt yang kecil alias tidak memakan banyak energi listrik saat sedang digunakan.

Beberapa kasus yang sering terjadi di masyarakat adalah membeli barang elektronik secara acak dan terkejut dengan tagihan listriknya, belum lagi fenomena padam mendadak karena daya listrik rumah tidak kuat menampungnya.

  1. Jangan Membuka Kulkas dalam Waktu Lama

Kulkas termasuk ke dalam salah satu barang elektronik yang jika dibiarkan terus terbuka akan menghabiskan banyak energi listrik.

Fakta mengenai kulkas ini sudah banyak diketahui oleh masyarakat, karena kebiasaan membuka kulkas terlalu lama bisa membuat tagihan listrik ikut membengkak.

Hal ini disebabkan oleh pada saat membuka tutup kulkas akan secara langsung menyebabkan lampu kulkas menyala. Lampu itulah yang bisa membuat boros listrik.

  1. Gunakan Lampu Saat Gelap

Fungsi dari lampu sendiri adalah untuk menyinari ruangan yang gelap, sehingga perlu dibatasi penggunaannya cukup pada malam hari saja.

Saat pagi, siang atau sore hari cukup gunakan sinar dari matahari yang secara alami bisa menerangi ruangan dengan cukup.

Bukalah jendela selebar mungkin agar cahaya matahari bisa masuk ke dalam rumah sehingga lampu tidak harus 24 jam dibiarkan menyala.

Meskipun demikian, tetap sesuaikan dengan kebutuhan ya. Jika kamu memang harus bekerja di depan laptop dan butuh penerangan yang maksimal, maka tetaplah gunakan lampu sesuai dengan kebutuhan.

  1. Atur Durasi Mandi

Jangan mandi terlalu lama dan membiarkan air mengalir tanpa tujuan. Menghemat air juga sama halnya dengan menghemat energi listrik karena mesin air bekerja dengan mengandalkan energi listrik.

Jika mesin air dibiarkan menyala terus-menerus maka akan banyak daya listrik yang ikut tersedot sehingga akan sangat boros penggunaan listrik.

  1. Cabut Colokan Listrik

Kebiasaan buruk yang muncul dari perasaan malas bergerak adalah tidak mencabut colokan listrik bahkan saat tugasnya sudah selesai.

Meskipun dianggap sepele, terus-menerus mencolok barang elektronik seperti ponsel, laptop, tablet, dan lainnya ke listrik akan merusak barang itu sendiri. Begitu pula dengan energi listrik yang terbuang sia-sia.

  1. Matikan Benda Elektronik

Saat sedang tidak dibutuhkan, sebaiknya matikan benda elektronik seperti TV atau kipas angin.

Membiarkan kedua benda tersebut menyala saat sedang tidak benar-benar di butuhkan adalah tindakan paling sia-sia dan tidak hemat energi.

Oleh karena itu, cara menghemat energi listrik di dalam rumah adalah dengan matikan benda elektronik yang sedang tidak dibutuhkan.

  1. Tidur Tanpa Menyalakan Lampu

Sebagian orang mungkin tidak nyaman jika tidur dalam kondisi gelap total, namun justru itulah yang bisa membuat kita terlelap dan memiliki kualitas tidur yang maksimal.

Membiarkan lampu menyala saat sedang tidur adalah tindakan yang sangat memboros energi dan bertentangan dengan cara menghemat energi.

  1. Pakai Lampu LED

Lampu LED termasuk ke dalam cara menghemat listrik di dalam rumah yang cukup efisien.

Hal ini disebabkan oleh kualitas lampunya yang jauh lebih tahan lama dan hanya menyedot sedikit energi listrik dalam setiap penggunaannya.

Menurut informasinya, menggunakan lampu LED hanya akan menghabiskan energi listrik antara 20 sampai 80 persen lebih sedikit daripada lampu konvensional lainnya.

  1. Kurangi Penggunaan Elektronik

Cara menghemat energi listrik paling terakhir adalah mengurangi penggunaan elektronik.

Pada dasarnya, yang membuat kita sangat boros listrik ialah kehadiran benda elektronik itu sendiri. Apalagi zaman modern sekarang ini kita tidak bisa lepas dari benda tersebut.

Oleh sebab itu dibutuhkan kesadaran penuh dan dedikasi yang luar biasa dalam mengurangi penggunaan elektronik yang sekiranya tidak penting dan esensial dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Apa Saja Manfaat yang Diperoleh dengan Menghemat Energi Listrik?

Demikian penjelasan tentang 10 cara menghemat energi listrik di dalam rumah yang bisa kamu terapkan mulai dari sekarang guna mengurangi risiko terjadinya krisis energi di masa yang akan datang.

Originally posted 2023-06-05 14:06:22.