Kenali Beberapa Contoh Energi Panas Bumi yang Sering Dimanfaatkan Berikut Ini

Bumi memiliki banyak sumber energi yang bisa dimanfaatkan oleh manusia untuk kelangsungan kehidupan. Ada banyak media yang dapat menjadi sumber energi dan bisa ditemukan di bumi, mulai dari batu bara, panas api, air, angin, surya, dan beberapa media energi lainnya.

Salah satu media yang bisa menghasilkan energi untuk kelangsungan kehidupan dan untuk produksi listrik adalah energi panas bumi. Energi panas bumi dapat dijumpai pada beberapa sumber energi di bumi contohnya matahari.

Baca Juga : Mengenal Pembangkit Listrik Tenaga Gas, Komponen Penyusun Serta Beberapa PLTMG MPP yang Ada di Indonesia

Namun energi panas bumi tidak hanya didapatkan dari matahari saja, terdapat media lain yang juga bisa berperan sebagai energi panas bumi. Oleh sebab itu simak penjelasan contoh energi panas bumi berikut ini.

Pengertian Energi Panas Bumi

Energi panas bumi adalah energi yang dapat terbentuk pada kerak bumi. Walaupun terbentuk dalam kerak bumi, ternyata energi panas bisa ditemukan juga di atas bumi. Mulai dari sumber energi matahari yang juga bisa menghasilkan panas hingga panas api yang juga merupakan energi panas.

Energi panas juga ada yang bisa berpindah-pindah tempat. Perpindahan tempat daripada energi panas ini disebut dengan kalor. Umumnya kalor dapat berpindah dari temperatur yang tinggi ke temperatur yang rendah.

Energi panas bumi sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup baik manusia, hewan dan juga tumbuhan. Kebutuhan akan energi panas ini bisa digunakan untuk fotosintesis pada tumbuhan hingga proses menghasilkan listrik dari energi panas bumi.

Ada banyak contoh energi panas bumi yang bisa dipelajari dan dimanfaatkan untuk kebutuhan energi. Tidak hanya energi matahari dan energi dari panas api saja, ternyata ada banyak contoh energi panas yang bisa ditemukan di bumi. Berikut ini merupakan ulasan lengkapnya.

Contoh Energi Panas Bumi

Pada bagian ini akan dijelaskan tentang beberapa contoh energi panas bumi yang bisa ditemukan dan dimanfaatkan untuk pemenuhan energi baik untuk energi listrik maupun kebutuhan energi lainnya tergantung daripada contoh energi panas bumi yang dijelaskan.

Matahari

Contoh energi panas bumi pertama berasal dari matahari. Diperkirakan matahari memiliki suhu sekitar 6000 derajat celcius pada bagian permukaan dan suhu akan menjadi sangat panas pada intinya yaitu mencapai 15 juta derajat celcius.

Jarak matahari ke bumi adalah sekitar 150 juta kilometer dan bumi berada pada lintasan untuk mengelilingi matahari dan membutuhkan waktu 1 tahun bagi bumi untuk melakukan itu. Sementara itu bumi juga akan berotasi dan dan proses tersebut menghasilkan siang serta malam dengan durasi waktu 24 jam.

Matahari yang menjadi contoh energi panas bumi pertama ini dapat menghasilkan radiasi dan juga cahaya. Energi panas dari matahari akan diserap dan dipantulkan oleh bumi. Energi matahari juga sangat dibutuhkan untuk kehidupan di bumi.

Selain itu pemanfaatan matahari sebagai sumber energi panas juga dilakukan mulai dari pemanfaatan matahari sebagai media utama untuk bisa menghasilkan listrik, hingga dimanfaatkan juga pada sistem kompor surya serta oven tenaga surya.                          

Panas Bumi

Contoh energi panas bumi kedua adalah berasal dari lapisan bumi bahkan dapat berasal dari kerak bumi dan juga perut bumi. Energi yang dihasilkan dari panas bumi ini adalah berasal dari batuan yang berada jauh dalam lapisan bumi.

Energi panas yang dihasilkan dari panas bumi juga dikenal dengan istilah geothermal. Selain dapat berasal dari dalam perut bumi. Energi panas bumi ini juga bisa berasal dari gunung berapi karena proses yang ada dalam gunung berapi sangat erat kaitannya dengan panas.

Umumnya energi panas bumi yang dihasilkan dimanfaatkan dalam proses menghasilkan listrik melalui sistem pembangkit listrik panas bumi. Selain menjadi listrik energi panas bumi juga bisa dimanfaatkan agar bisa menghangatkan atau memanaskan gedung.

Panas Api

Panas api juga bisa menjadi salah satu contoh energi panas bumi. Umumnya api adalah sumber panas yang bisa didapatkan dari suatu proses di batubara, bahan bakar minyak, gas atau bisa juga didapatkan dari kayu yang dibakar.

Kebutuhan energi api juga dimanfaatkan manusia untuk beberapa keperluan, seperti untuk memasak, untuk menghangatkan badan dan beberapa fungsi lain. Api juga bisa digunakan sebagai sumber penerangan pada saat listrik padam di malam hari dengan menyalakan lilin.

Panas Listrik

Contoh energi panas bumi berikutnya adalah panas yang dihasilkan oleh listrik. Seperti kita ketahui ada banyak cara dan bahan yang digunakan untuk bisa menghasilkan listrik salah satunya adalah dengan panas bumi.

Baca Juga : Simak Cara Membuat Pemabangkit Listrik Tenaga Air Sederhana Dari Barang Bekas Mudah dan Praktis

Listrik ternyata juga bisa menghasilkan energi panas, hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peralatan listrik yang bisa menghasilkan panas. Peralatan listrik yang dimaksud dapat dijumpai pada rutinitas sehari-hari seperti rice cooker untuk memasak, kompor listrik, setrika dan beberapa peralatan lainnya.

Demikianlah penjelasan mengenai contoh energi panas bumi, mulai dari sumber panas yang bisa dihasilkan dari perut bumi hingga dari api pun juga bisa menjadi sumber panas.

Originally posted 2023-04-14 16:04:01.