Ekonomi Hijau Adalah? Simak Pembahasan Lengkapnya Berikut Ini

Ekonomi hijau adalah ekonomi yang cukup tangguh serta tidak mengesampingkan setiap masalah lingkungan. Yang mana hanya mengedepankan pembangunan yang rendah karbon dan inklusif dengan cara sosial. Perlu diketahui kalau bahasa lain dari ekonomi hijau adalah green economy.

Green economy ini dianggap sebagai aktivitas ekonomi yang bisa membuat kesejahteraan masyarakat dengan melalui setiap pembatasan dari sumber daya alam maupun rendah karbon. Pemerintah RI juga sudah mempersiapkan program yang disebut dengan Green Growth.

Dimana itu adalah program dalam langkah mitigasi sehingga bisa menghadapi setiap perubahan iklim. Langkah yang seperti ini akan terdiri dari bauran kebijakan yang sangat baik dengan cara kelembagaan, pembiayaan hingga substansi.

Suatu bentuk dari langkah yang ada, yakni tersubstitusinya aspek dari perubahan iklim yang berupa RPJMN atau Rencana Pembangunan Jangka Menengah Sosial 2020-2024. Ada juga upaya-upaya di dalamnya, seperti peningkatan terhadap kualitas lingkungan yang ada, hingga peningkatan terhadap ketahanan bencana.

Dengan adanya pertumbuhan dari ekonomi hijau, sangat diharapkan kalau sektor industri perekonomian bisa tetap terintegrasi dalam mewujudkan pemakaian sumber daya alam dengan bertanggung jawab, mencegah hingga mengurangi polusi dan menciptakan peluang dalam menciptakan kesejahteraan sosial.

Ekonomi Hijau Adalah…

Green economy adalah ekonomi yang ramah dengan lingkungan dan inklusif dengan cara sosial. Jika kita lihat model pembangunan konvensional, dimana ini sangat berbeda karena hanya mengandalkan praktik yang tak berkelanjutan seperti penghancuran dan pengurasan sumber daya alam.

Baca juga: Apa Saja Manfaat Energi Gelombang Laut yang Sering Kita Manfaatkan?

Pertumbuhan green economy adalah sebuah gerakan terkoordinir yang akan terdiri atas pertumbuhan ekonomi, penurunan tingkat dari kemiskinan, keberlanjutan lingkungan hingga keterlibatan sosial dengan dorongan pengembangan maupun pemanfaatan daya global yang secara berkelanjutan.

Sebenarnya ini bukan hanya berdampak baik pada lingkungan, melainkan ini juga berdampak baik pada pebisnis yang bisa menjadi lebih menguntungkan dan sukses. Gaya hidup yang hijau sudah berkembang selang beberapa waktu yang lalu hingga menjadi model popular.

Semakin banyak juga orang serta entitas yang akan mengakui tentang kebutuhan mendesak hingga beberapa manfaat dari adanya praktik berkelanjutan. Alasan utama munculnya model yang seperti ekonomi hijau adalah gerakan yang menuju pada pendekatan terintegrasi dan lebih komprehensif dalam menggabungkan fakta sosial serta lingkungan.

Maka dari itu, pertumbuhan ekonomi hijau adalah suatu proses pertumbuhan ekonomi yang lebih berkontribusi pada pemakaian modal alam dengan cara yang bertanggung jawab, mencegah hingga mengurangi polusi. Yang pastinya harus memberikan kesejahteraan sosial pada keseluruhan pembangunan ekonomi hijau.

Hingga pada akhirnya sangat memungkinkan untuk mencapai tujuan dalam pembangunan yang berkelanjutan. Jadi apabila ekonomi hijau menjadi suatu aktivitas ekonomi selain yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tujuan lainnya juga untuk mencapai keadilan yang baik bagi warga masyarakat serta lingkungan dan sumber daya alam tersebut.

Jadi?

Bisa kita simpulkan pembahasan diatas, dimana ekonomi hijau adalah konsep ekonomi yang akan mendukung dan melengkapi pembangunan berkelanjutan. Ekonomi hijau juga menjadi suatu alat yang sangat penting dalam penyediaan pencapaian pembangunan berkelanjutan.

Baca juga: Mengapa Biogas Ramah Lingkungan Dan Baik Digunakan Sebagai Solusi Energi Alternatif?

Konsep ekonomi bisa memberikan pilihan pada pemangku kebijakan untuk membuat Undang-undang yang berhubungan dengan adanya lingkungan hidup. Tetapi, tetap saja tak boleh menjadi sejumlah peraturan yang terlihat kaku.

Peran ekonomi itu sendiri juga bukan sesuatu hal yang beda dengan adanya pembangunan berkelanjutan, tapi keberadaannya yang berfungsi untuk dijadikan sebagai motor utama dalam pembangunan berkelanjutan atau sering dikenal dengan istilah sustainable development.

Hal ini juga akan membentuk beberapa tujuan utama dalam ekonomi hijau. Coba anda lihat beberapa tujuan yang ada di bawah ini.

  • Mendorong para pelaku usaha dalam memproduksi produk serta melakukan aktivitas perdagangan. Dengan begitu, konsumennya juga akan mengkonsumsi beberapa hal yang ramah terhadap lingkungan atau barang, produk dan juga jasa ramah lingkungan.
  • Memberikan sanksi pada pelaku kegiatan-kegiatan ekonomi yang berpotensi untuk merusakkan lingkungan.
  • Menunjang setiap pelaksanaan pembangunan ekonomi dengan orientasi dalam aspek ekosistem dan lingkungan.
  • Mendukung setiap upaya dalam menurunkan emisi gas rumah kaca.
  • Tingkatkan kesejahteraan maupun kesetaraan sosial warga masyarakat yang tetap memperhatikan resiko dari kerusakan lingkungan karena aktivitas ekonomi tersebut.
  • Kebijakan mitigasi terhadap perubahan iklim di dalam negeri akan semakin kuat.
  • Memberikan pengoptimalan dalam penerapan efisiensi tenaga atau energi yang terarah pada suatu sistem dekarbonisasi energi di Indonesia.
  • Meningkatkan kewaspadaan terhadap urgensi dalam beralih bahan bakar yang berupa fosil pada sebuah sistem energi di Indonesia.

Dalam sistem ekonomi, tentunya unsur terpenting bisa berupa penanaman modal atau investasi. Jika ditarik pada konsep ekonomi yang seperti ini (ekonomi hijau), tentu saja unsur yang seperti ini akan menjadi penanaman untuk modal yang memiliki wawasan lingkungan atau sering disebut dengan green investment.

Baca juga: Kenali Beberapa Contoh Energi Panas Bumi yang Sering Dimanfaatkan Berikut Ini

Kehadiran dari ekonomi hijau bukanlah menjadi suatu pengganti terhadap pembangunan berkelanjutan, justru ini akan menegaskan tentang berkelanjutan hanya bisa dicapai dengan cara memastikan kalau manusia hidup pada ekonomi yang berwawasan lingkungan dan tepat.

Demikianlah pembahasan saat ini. Bisa dibilang kalau ekonomi hijau adalah konsep ekonomi yang sangat baik untuk dimanfaatkan sehingga bumi bisa menjadi tempat terbaik bagi makhluk hidup. Dengan begitu ini juga dapat membuat kualitas hidup manusia lebih meningkat serta pertumbuhan ekonominya juga akan meningkat.

Originally posted 2023-04-19 14:59:16.