Energi Terbarukan Adalah: Pengertian, Sumber dan Manfaatnya

Energi terbarukan adalah suatu jenis energi yang berbeda dengan energi berbahan fosil yang merupakan jenis energi tidak terbarukan. Pada dasarnya ada banyak jenis energi terbarukan yang bisa dimanfaatkan di alam secara luas, bebas dan gratis tentunya.

Namun apa sebenarnya yang dimaksud dengan energi terbarukan?, apa saja yang termasuk sebagai jenis energi terbarukan serta manfaat apa saja yang bisa dihadirkan dengan penggunaan sumber energi terbarukan ini?.

Simak penjelasannya lengkapnya pada ulasan berikut mulai dari pengertian dari energi terbarukan, sumber energi terbarukan yang bisa didapatkan dengan mudah di alam dan juga beberapa manfaat yang dihadirkan dari sumber energi terbarukan tersebut.

Pengertian Energi Terbarukan Adalah

Bagian pertama yang tentunya akan sangat penting adalah memahami tentang apa yang dimaksud dengan energi terbarukan. Jenis energi terbarukan adalah jenis energi yang berasal dari sumber daya alam dan juga persediaannya tidak terbatas.

Baca Juga : Material, dan Cara Kerja Panel Surya Serta Jenis-jenisnya

Sumber energi terbarukan sering disebut dengan sebutan renewable energy karena jumlahnya yang tidak terbatas dan juga bisa diperbarui. Ada banyak jenis energi terbarukan yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber utama penghasil energi.

Jenis energi terbarukan tersebut bisa ditemui dengan mudah dialam, sebut saja angin, air, matahari dan beberapa jenis lainnya. Setiap sumber energi terbarukan tersebut memiliki peranan dan manfaatnya masing-masing.

Sumber dan Manfaat Energi Terbarukan

Setelah mengetahui tentang energi terbarukan adalah energi yang berasal dari alam dan bisa dimanfaatkan dengan mudah maka pada penjelasan ini akan dibahas mengenai beberapa jenis energi terbarukan atau renewable energi beserta dengan manfaat dari jenis energi terbarukan tersebut.

Energi Angin

Energi terbarukan pertama adalah energi angin, dimana energi ini bisa dengan mudah ditemukan di alam. Walaupun keberadaannya tidak bisa dilihat secara kasat mata, energi ini bisa dengan mudah dirasakan.

Lalu apa istimewanya energi angin hingga bisa disebutkan sebagai energi terbarukan. Seperti kita ketahui bersama energi terbarukan adalah energi yang tidak terbatas dan tersedia bebas di alam, dan ini termasuk bagian daripada kriteria angin.

Tidak hanya persediaannya yang bisa ditemukan dengan bebas dialam saja, energi terbarukan angin juga bisa dimanfaatkan sebagai sumber utama menghasilkan jenis energi lain. Salah satu jenis energi yang bisa dihasilkan dari energi angin adalah energi listrik.

Menggunakan angin, listrik bisa dihasilkan dengan perantara kincir angin raksasa. Kincir angin raksasa ini adalah salah satu komponen utama yang berperan menghasilkan listrik pada sistem pembangkit listrik tenaga bayu atau PLTB.

Pada PLTB sendiri kincir angin akan dihubungkan dengan generator agar bisa menggerakan generator untuk dapat menghasilkan listrik dan bisa disalurkan pada masyarakat.

Energi Air

Energi terbarukan adalah jenis energi yang persediaannya tidak terbatas, salah satunya adalah air. Persediaan air dapat ditemui melimpah di alam. Air bisa ditemukan pada sungai, danau dan beberapa tempat lainnya.

Jenis energi terbarukan air juga bisa menghasilkan energi yang serupa dengan angin yaitu menghasilkan energi listrik. Sama halnya dengan angin, energi air juga membutuhkan generator sebagai media utama menghasilkan listrik.

Lalu bagaimana cara air bisa menggerakan generator untuk bisa menghasilkan listrik. Caranya adalah dengan menggerakan bilah turbin air yang terhubung pada generator. Air bisa menggerakan bilah turbin tersebut dengan adanya aliran air.

Untuk dapat menciptakan aliran air pada PLTA atau pembangkit listrik tenaga air sendiri terdapat satu komponen vital yang berperan menampung air dan kemudian akan mengalirkannya ke tempat yang lebih rendah agar terciptanya aliran air yang deras.

Tempat penampungan air yang dimaksud tersebut dapat berupa irigasi, bendungan bahkan bisa waduk sekalipun untuk jumlah listrik yang besar. Energi terbarukan adalah energi yang jumlah persediaannya tidak terbatas dan hal ini juga berlaku untuk air sehingga tidak dibutuhkan biaya tambahan untuk membeli bahan baku penggerak generator karena sudah digerakan secara otomatis oleh aliran air.

Energi Surya atau Matahari

Energi matahari atau energi surya adalah jenis energi terbarukan selanjutnya yang juga bisa dimanfaatkan sebagai media utama penghasil listrik. Namun tidak hanya menghasilkan listrik saja. Energi matahari juga sangat berguna bagi kehidupan mulai dari menjadi media utama pada proses fotosintesis tanaman dan banyak kebutuhan lain yang juga menggunakan matahari.

Energi matahari bisa dimanfaatkan sebagai media penghasil listrik pada sistem PLTS atau pembangkit listrik tenaga surya. Pada PLTS terdapat satu komponen utama yang berperan menyerap energi dari sinar matahari dan kemudian akan mengubahnya menjadi energi listrik, alat tersebut bernama solar panel.

Nyatanya energi terbarukan adalah energi yang dapat ditemui dengan mudah di alam. Hal ini juga kembali dimanfaatkan sebagai media utama dalam proses bekerjanya oven dan kompor tenaga surya yang mengubah energi matahari menjadi energi panas untuk kebutuhan memasak.

Energi Panas Bumi

Energi panas bumi adalah jenis energi terbarukan selanjutnya. Jenis energi ini adalah jenis energi yang menggunakan energi panas yang berasal dari dalam bumi. Umumnya panas yang berasal dari dalam bumi akan diekstraksi dengan sumur atau beragam pilihan cara lain.

Jenis energi ini merupakan energi yang dapat diperbarui dan tidak akan habis seperti halnya energi yang berasal dari bahan fosil. Energi panas bumi juga dapat dimanfaatkan untuk bisa menghasilkan listrik. Dalam hal ini dilakukan pada pembangkit listrik tenaga panas bumi.

Energi Biomassa

Sumber energi berikutnya yang termasuk sebagai energi terbarukan adalah energi biomassa. Jenis energi ini adalah energi yang berasal dari bahan organic yang dapat berupa tumbuhan atau organisme baru hidup.

Ada banyak jenis pilihan energi biomassa yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi, mulai dari biodiesel yang banyak digunakan sebagai sumber energi pada kendaraan, bioetanol yang juga bisa digunakan pada kendaraan untuk dapat mengatasi masalah emisi gas atau pencemaran lingkungan.

Selain itu masih ada biogas yang dimanfaatkan dengan menggunakan gas metana dan juga karbon dioksida untuk dapat menghasilkan energi baru berupa gas yang ramah lingkungan dan juga bisa digunakan untuk memasak beserta bisa menjadi solusi alternatif yang sewaktu-waktu bisa saja menggantikan posisi gas berbahan bakar fosil.

Energi Pasang Surut Ombak atau Tidal

Tidak hanya sumber energi angin, air, matahari, panas bumi dan energi biomassa saja yang tergolong sebagai sumber energi terbarukan. Nyatanya keberadaan laut juga bisa menjadi salah satu solusi energi terbarukan lain dalam hal ini dengan memanfaatkan keberadaan pasang surut ombak atau biasa disebut dengan energi tidal.

Baca Juga : Berikan 2 Alasan Biogas Dapat Dijadikan Energi Alternatif

Jenis energi tidal ini juga bisa menghasilkan energi listrik dengan memanfaatkan tenaga daripada aliran ombak yang pasang dan surut untuk menggerakan generator. Dengan proses tersebut maka listrik akan dihasilkan dan bisa disalurkan.

Demikianlah ulasan mengenai energi terbarukan adalah jenis energi yang persediaannya tidak terbatas dan dapat diperbarui serta dapat dengan mudah ditemukan di alam. Selain mudah ditemui energi terbarukan juga memiliki banyak manfaat sebagai solusi penghasil jenis energi lain yang dibutuhkan untuk kehidupan.

Originally posted 2023-05-12 15:16:36.