Fungsi Air Dalam Pembangkit Listrik Tenaga Air Adalah Sebagai

Air adalah salah satu jenis unsur yang bisa ditemukan di alam secara bebas. Jumlah air sangat banyak dan juga tidak terbatas. Air juga dikategorikan sebagai salah satu sumber energi terbarukan yang dapat ditemui dengan mudah keberadaannya di alam.

Untuk dapat menghasilkan jenis energi listrik, pada pembangkit listrik tenaga air atau PLTA peranan air sangatlah vital. Secara umum fungsi air dalam pembangkit listrik tenaga air adalah sebagai media utama untuk bisa memutar bilah turbin yang terhubung dengan generator.

Namun tidak hanya itu saja, pada penjabaran ini akan dibahas mengenai apa itu pembangkit listrik tenaga air, komponen pada pembangkit listrik tenaga air atau PLTA dan juga fungsi daripada air pada PLTA itu sendiri.

Pengertian Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)

Untuk dapat membahas mengenai fungsi air dalam pembangkit listrik tenaga air adalah sebagai media yang memegang peranan penting. Pada bagian ini akan dijelaskan terlebih dahulu mengenai apa yang dimaksud dengan pembangkit listrik tenaga air atau PLTA.

Baca Juga : Material, dan Cara Kerja Panel Surya Serta Jenis-jenisnya

Pada dasarnya pembangkit listrik tenaga air atau PLTA adalah jenis pembangkit listrik yang bisa menghasilkan listrik dengan mengandalkan peranan daripada air sebagai sumber energi utama dalam menghasilkan listrik.

Selain mengandalkan air dengan energi kinetiknya pada pembangkit listrik tenaga air atau PLTA juga terdapat beberapa komponen-komponen penyusun utama yang akan bekerja untuk menunjang fungsi air dalam pembangkit listrik tenaga air adalah sebagai media yang sangat penting.

Komponen Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)

Tidak hanya air yang penting pada sistem penghasil listrik di pembangkit listrik tenaga air atau PLTA. Terdapat beberapa komponen pendukung yang akan berkorelasi demi terciptanya listrik dengan mengandalkan air sebagai figur utama. Berikut ini merupakan beberapa komponen ataupun perangkat pada pembangkit listrik tenaga air atau PLTA.

Bendungan

Bendungan adalah komponen pertama yang akan berperan sebagai penampung air. Komponen ini memang harus ada agar bisa menunjang fungsi air dalam pembangkit listrik tenaga air adalah sebagai energi kinetik yang akan menggerakan bilah turbin nantinya.

Tidak hanya menampung air saja, bendungan atau dalam hal ini pada pembangkit listrik tenaga air atau PLTA bisa saja irigasi, dan juga waduk akan menampung air dan turut serta menaikan tinggi daripada permukaan air itu sendiri.

Dengan keberadaaan permukaan air yang tinggi ini juga dapat menambah energi kinetik yang nantinya akan dihasilkan oleh air agar bisa bekerja menghasilkan listrik dengan bantuan bilah turbin dan juga generator.

Turbin

Turbin adalah komponen kedua yang juga ikut serta dalam upaya menghasilkan listrik pada PLTA. Alat ini akan dipasang dan dihubungkan dengan generator listrik yang nantinya akan digunakan sebagai alat yang bisa mengubah energi kinetik air menjadi energi listrik.

Turbin akan berputar dengan adanya air yang jatuh dari bendungan atau tempat penampungan airnya. Semakin tinggi bendungan itu dibuat maka energi kinetik untuk dapat menggerakan turbin juga akan semakin besar.

Komponen PLTA satu ini adalah komponen yang sangat erat kaitannya dengan fungsi air dalam pembangkit listrik tenaga air adalah sebagai media yang nantinya mengeraskan bilah daripada turbin yang sudah dihubungkan dengan generator agar bisa menghasilkan listrik.

Generator

Selain bendungan dan turbin, komponen berikutnya yang ada pada pembangkit listrik tenaga air atau PLTA adalah generator. Alat listrik ini berperan sebagai alat yang akan mengubah energi kinetik yang dihasilkan oleh air menjadi energi listrik agar bisa disalurkan untuk kebutuhan akan listrik.

Generator pada sistem kelistrikan PLTA akan sangat bergantung pada pergerakan turbin. Semakin cepat perputaran yang terjadi pada turbin maka pergerakan dari generator juga akan semakin cepat. Sementara itu perputaran turbin akan sangat bergantung pada seberapa besar energi kinetik daripada air yang diterima.

Hal ini tentunya akan berkaitan dengan ketinggian daripada bendungan seperti pada penjelasan sebelumnya.

Jalur Transmisi Listrik

Komponen terakhir yang juga berperan besar dalam pembangkit listrik tenaga air atau PLTA adalah jalur transmisi. Jalur ini juga dirasa sama pentingnya dengan beberapa komponen sebelumnya. Bagaimana tidak, tanpa kehadiran jalur ini maka listrik tidak akan bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Jalur transmisi ini juga dijadikan sebagai tonggak utama dalam hal menyalurkan listrik menuju ke perumahan, industri, bisnis, sekolah dan beberapa tempat lainnya.

Fungsi Air Dalam Pembangkit Listrik Tenaga Air Adalah Sebagai

Usai paham mengenai apa itu pembangkit listrik tenaga air atau PLTA dan beberapa komponen yang berperan penting pada PLTA untuk menghasilkan listrik, maka pada penjelasan ini akan coba dijelaskan mengenai fungsi dan peranan air pada PLTA itu sendiri.

Baca Juga : Pengertian Biomassa, Jenis dan Manfaat Biomassa Sebagai Sumber Energi

Secara umum fungsi air dalam pembangkit listrik tenaga air adalah sebagai media yang akan menggerakan turbin. Turbin sendiri terhubung dengan generator dan generator lah yang nantinya akan menghasilkan listrik dengan sumber energi dari air pada bilah turbin yang bergerak.

Demikianlah ulasan mengenai fungsi air dalam pembangkit listrik tenaga air adalah sebagai media yang berperan sangat penting dalam menghasilkan listrik pada PLTA.

Originally posted 2023-05-14 05:49:35.