Fungsi Panel Surya Dalam Pembangkit Listrik Tenaga Surya PLTS Adalah…

Pembangkit listrik tenaga surya atau PLTS adalah salah satu jenis pembangkit yang menggunakan energi terbarukan matahari. Energi matahari memang sangat baik dimanfaatkan untuk berbagai keperluan sehari-hari salah satunya adalah dimanfaatkan dalam proses PLTS agar bisa menghasilkan listrik.

Salah satu komponen yang sangat vital pada sistem pembangkit listrik tenaga surya atau PLTS adalah solar panel atau lebih dikenal dengan panel surya. Panel surya menjadi peralatan utama dalam sistem pembangkit listrik tenaga surya atau PLTS.

Pentingnya panel surya didasari karena peranan dari alat tersebut. Diketahui bahwa fungsi panel surya dalam pembangkit listrik tenaga surya PLTS adalah sebagai media utama agar bisa menghasilkan listrik pada sistem kelistrikan listrik berbahan energi surya ini.

Selain fungsi tersebut ternyata ada banyak fungsi-fungsi lain yang bisa dihadirkan oleh panel surya pada pembangkit listrik tenaga surya. Berikut ini merupakan penjelasan lengkap mengenai beberapa fungsi panel surya dalam pembangkit listrik tenaga surya PLTS adalah sebagai media utama menghasilkan listrik dan beberapa fungsi lainnya.

Menyerap Cahaya

Fungsi panel surya dalam pembangkit listrik tenaga surya PLTS adalah sebagai media yang dapat menyerap cahaya. Fungsi pertama ini sangatlah penting dimana bila panel tidak bisa menyerap cahaya maka listrik juga tidak akan bisa dihasilkan. Penyerapan cahaya matahari dilakukan dengan adanya bantuan dari bahan semikonduktor yang ada pada panel surya.

Baca Juga : Pembangkit Listrik Tenaga Diesel, Pengertian, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan PLTD

Proses penyerapan cahaya ini dilakukan hanya untuk jenis cahaya matahari saja. Hal ini dikarenakan panel surya memang didesain untuk menyerap cahaya panas dari matahari. Oleh sebab itu pemasangan dan pengaplikasian panel surya sangat cocok di daerah dengan jumlah cahaya matahari yang cukup seperti negara yang berada di daerah tropis.

Mengubah Cahaya Matahari Menjadi Listrik

Kehadrian panel surya pada pembangkit listrik tenaga surya atau PLTS sangatlah penting, dengan adanya alat ini maka listrik akan bisa dihasilkan. Listrik pada PLTS dihasilkan oleh solar panel atau panel surya yang akan mengubah energi matahari menjadi energi listrik.

Pada bagian pertama fungsi panel surya dalam pembangkit listrik tenaga surya PLTS adalah sebagai media untuk mengubah cahaya matahari menjadi listrik akan coba jelaskan mengenai tahapan-tahapan proses yang terjadi pada panel surya terkait pengubahan cahaya matahari ini menjadi listrik.

Tahapan proses kerja dari panel surya adalah keberadaan matahari. Faktor utama yang sangatlah penting agar bisa mendukung kerja daripada panel surya adalah pusat dari tata surya ini. Bagaimana tidak bila tidak ada matahari maka panel surya tidak akan bekerja.

Bagaimana dengan cahaya lain seperti cahaya bulan, tetap saja panel surya tidak akan bekerja. Hal ini dikarenakan fungsi panel surya dalam pembangkit listrik tenaga surya PLTS adalah menyerap dan mengubah cahaya dari matahari agar bisa menjadi listrik.

Oleh karena itu agar bisa mendapatkan sinar matahari yang cukup maka sebaiknya tempatkan panel surya pada area yang luas dan terbuka agar terkena matahari guna menyerap energi dari cahaya matahari agar bisa menghasilkan listrik.

Bila panel sudah ditempatkan pada area terbuka dan sudah menerima sinar matahari cukup maka disinilah proses panel surya akan bekerja. Dengan menyerap cahaya matahari maka panel surya akan menghasilkan listrik berjenis searah atau DC.

Listrik yang dihasilkan ini dilakukan oleh panel surya dengan penggunaan teknologi bernama fotovoltaic dimana teknologi ini merupakan suatu terobosan teknologi yang dapat mengubah energi dari cahaya matahari menjadi listrik.

Dengan teknologi tersebut maka didapatkan listrik seperti jenis sebelumnya, yaitu listrik searah atau DC. Listrik yang sudah didapatkan oleh panel surya akan disimpan dalam baterai. Ini juga merupakan fungsi panel surya dalam pembangkit listrik tenaga surya PLTS adalah bekerja sama dengan sistem lain untuk menyimpan listrik.

Walaupun sudah disimpan dalam baterai nyatanya listrik yang dihasilkan oleh panel surya belum bisa dipakai untuk peralatan rumah. Hal ini dikarenakan peralatan rumah tangga banyak yang menggunakan listrik AC atau bolak-balik dalam proses kerjanya.

Baca Juga : Apa itu Energi Terbarukan, dan Ketahui Apa Saja Kelebihan Energi Terbarukan

Fungsi panel surya dalam pembangkit listrik tenaga surya PLTS adalah mengkoneksikan peralatan panel surya dengan inverter. Oleh adanya bantuan dari inverter maka listrik DC yang dihasilkan oleh panel surya akan diubah menjadi listrik AC atau bolak balik.

Komponen PLTS yang ramah lingkungan

Selain dapat menyerap cahaya dan juga bisa menghasilkan listrik, fungsi panel surya dalam pembangkit listrik tenaga surya PLTS adalah termasuk sebagai bagian atau komponen dalam pembangkit listrik tenaga surya atau PLTS yang ramah lingkungan.

Dikatakan sebagai perangkat yang ramah lingkungan dikarenakan dalam proses penggunaannya panel surya tidak menghasilkan emisi karbon seperti jenis pembangkit lain yang menggunakan mesin dimana terdapat gas sisa yang dibuang ke udara.

Demikianlah ulasan menarik mengenai fungsi panel surya dalam pembangkit listrik tenaga surya PLTS adalah sebagai media yang dapat menyerap cahaya hingga termasuk sebagai peralatan listrik yang ramah lingkungan.

Originally posted 2023-04-06 13:43:24.