Geothermal Adalah? Ini Keterangan Lengkapnya Menurut Para Ahli

Geothermal adalah energi alternatif yang ramah lingkungan dan biasanya akan menopang setiap upaya dalam kebutuhan energi yang bersih untuk Indonesia di masa akan datang. Geothermal biasanya disebut dengan energi panas bumi yang merupakan sumber dari energi panas dan terbentuk pada kerak bumi.

Energi akan disimpan dan berbentuk air panas atau uap air yang asalnya dari pemanasan air dan batuan dengan unsur lainnya. Bisa dibilang kalau geothermal adalah panas bumi yang mempunyai berbagai macam kegunaan. Dalam hal ini, bisa digunakan dalam geowisata yang berupa Kawah Kamojang di Garut.

Meskipun begitu, tapi ada banyak orang yang belum mengetahui tentang pengertiannya, bahkan mereka selalu salah artikan tentang geothermal itu sendiri. Jika anda ingin mencari tahu tentang apa itu geothermal? Mungkin anda dapat simak pembahasan paling lengkap dibawah ini.

Geothermal Adalah…

Apa itu geothermal? Pada umumnya, geothermal adalah energi panas yang sangat bermanfaat, bukti nyata kalau energi panas bumi ini dimanfaatkan dalam menghasilkan energi sehingga dapat membuat biji kopi menjadi kering.

Energi panas bumi yang sering dikenal dengan geothermal ini berasal dari dua kata dalam bahasa Yunani, yakni “geo” dan “thermal”. Dimana arti kedua kata adalah “geo” sebagai “bumi” dan “thermal” sebagai “panas”. Jadi, jika kita satukan maka geothermal adalah panas bumi.

Panas bumi menjadi energi yang dihasilkan hingga disimpan dalam inti bumi. Apabila membandingkannya dengan beberapa jenis energi lainnya, seperti bahan bakar dari fosil. Dimana energi panas bumi menjadi energi yang lebih bersih, tapi akan mengurangi beberapa gas dari rumah kaca.

Baca Juga: Pembangkit Listrik Tenaga Surya: Definisi, Cara Kerja, Komponen, Dan Manfaatnya Dalam Teknologi Berkelanjutan

Salah satu penggunaan dari geothermal adalah memberikan sumber daya listrik. Dalam pemanfaatannya untuk energi listrik ini cukup besar dan dilakukan secara melihat sumber dari panas bumi tersebut. Jika daerah mempunyai panas bumi yang seringkali mengeluarkan steam (uap air), maka inilah yang digunakannya.

Uap air tersebut diarahkan secara langsung menuju pada turbin pembangkitan listrik agar dapat menghasilkan energi listriknya. Sesudah uap air itu selesai, maka akan diarahkan pada condenser sehingga terkondensasi untuk menjadi air.

Air tersebut selanjutnya berada di recycle sehingga bisa menjadi uap yang alami. Tetapi, jika geothermal adalah penghasil hot water (air panas), maka air panasnya harus diubah menjadi steam terlebih dahulu.

Proses dari perubahan ini akan memerlukan peralatan heat exchanger, yang mana air panasnya dialirkan dengan alat tersebut agar dapat membentuk uap air.

Pengertian Geothermal menurut Para Ahli

Apa itu geothermal? Apabila anda masih belum mengerti dengan pembahasan diatas, mungkin bisa lihat pada beberapa pengertian yang dijelaskan langsung oleh para ahli. Coba anda perhatikan pembahasan yang sudah tersedia dibawah ini.

  • Toth & Bobok (2017) – menjelaskan bahwa energi panas bumi atau geothermal ini merupakan energi panas yang asalnya dari mantel, kerak hingga inti bumi yang bersuhu tinggi.
  • Undang-undang RI No 21 Tahun 2014 – menjelaskan tentang energi panas bumi menjadi energi yang terkandung di air panas ataupun uap airnya hingga batuan dan mineral serta gas lainnya. Secara genetik tidak dapat dipisahkan pada sebuah sistem panas buminya.
  • Jean V. Poncelet (1892) – adalah energi dijadikan sebagai kemampuan dalam kerja. Yang pada dasarnya memiliki bentuk keragaman, mulai dari energi gravitasi, listrik, kinetic hingga enegi nuklir.
  • Ramadoni Syahputra (2016) – didefinisikan sebagai suatu energi yang di dapati secara terus menerus dalam lingkungan alam atau aliran energi yang biasanya diisi ulang dalam tingkat kesamaan yang sama dengan seperti digunakan.

Baca Juga: Material, dan Cara Kerja Panel Surya Serta Jenis-jenisnya

Jadi, Apa itu Geothermal?

Jadi, apa sih itu geothermal? Geothermal adalah energi yang berasal langsung dari panas bumi sehingga menciptakan energi yang ramah lingkungan. Air yang biasanya dipompa oleh manusia untuk turun di dalam bumi atau proses terjadi hujan akan dikumpulkan pada permukaan buminya dengan bentuk berupa uap.

Seringkali ini digunakan dalam menggerakkan beberapa turbin untuk memproduksi listrik. Biaya dari modal maupun eksplorasi geothermal ini lebih besar ketimbang beberapa pembangkit listrik lainnya, seperti dengan memakai bahan bakar dari fosil.

Tapi, apabila proses operasinya sudah selesai, maka biaya dalam memproduksinya akan lebih rendah ketimbang beberapa pembangkit listrik yang berupa bahan bakar dari fosil.

Bukan hanya menghasilkan energi listrik saja, ternyata geothermal juga digunakan dalam pompa pemanas, pemanas ruangan, alat mandi serta rumah kaca buat tanaman hingga proses-proses industri.

Baca Juga: Komponen dan Cara Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)

Agar bisa menghasilkan tenaga yang berasal dari panas bumi alias geothermal ini, maka memerlukan penggalian sumur yang sedalam 2,5 km pada reservoir di bawah tanah agar dapat mengakses uap serta air panas.

Selanjutnya akan digunakan dalam penggerakkan turbin yang memiliki keterkaitan dengan generator listrik. Panas bumi ini biasanya mempunyai energi yang dapat diandalkan ketimbang sumber daya lainnya, misalnya adalah angin dan juga tenaga surya. Hal tersebut karena sumber dayanya sering dimanfaatkan.

Dapat kita simpulkan kalau geothermal adalah energi yang terkandung cairan dan batuan pada bawah kerak bumi. Dengan demikian pembahasan kita hari ini, semoga uraian yang ada diatas bisa berguna bagi anda.

Originally posted 2023-04-20 09:47:34.