Mengetahui Berapa Harga Lampu Jalan Tenaga Surya Satu Set

Sebagai sumber penerangan lampu memegang peranan penting. Penerangan dengan menggunakan lampu tidak hanya untuk pencahayaan di ruangan seperti rumah, perkantoran, industri, dan beberapa ruangan tertutup lain. Peran lampu sebagai pencahayaan juga dibutuhkan pada penerangan jalan.

Pada malam hari kondisi jalan tentunya akan menjadi sangat gelap karena tidak ada matahari. Sebagai solusinya adalah dengan menggunakan lampu sebagai penerang. Salah satu pilihan lampu yang bisa dijadikan sebagai sumber penerangan jalan pada malam hari adalah lampu tenaga surya.

Lampu tenaga surya bisa menjadi solusi dibalik permasalahan ini. Simak penjelasan lengkap berikut mengenai apa itu lampu tenaga surya dan mengetahui berapa harga lampu jalan tenaga surya satu set.

Apa itu Lampu Tenaga Surya

Lampu tenaga surya sendiri adalah jenis jenis lampu untuk dapat menerangkan jalan dan berdiri secara independen. Lampu jenis ini memang dirancang untuk dapat memenuhi kebutuhan pencahayaan di jalanan.

Lampu ini hadir dengan berbagai kelebihan, dimana salah satunya adalah tidak memerlukan sumber listrik yang berasal dari PLN dan bisa dikatakan sebagai sistem yang mandiri. Hal ini dikarenakan sumber energi yang digunakan untuk menghasil listrik pada lampu tenaga surya adalah dari matahari.

Baca Juga : Apa Fungsi Air Dalam Pembangkit Listrik Tenaga Air itu? Ini Jelasnya

Sebelum mengetahui harga lampu jalan tenaga surya satu set, informasi mengenai biaya instalasi pada lampu jalan ini juga perlu diketahui. Nyatanya karena tidak ada biaya penarikan kabel dibawah tanah ataupun kabel laying maka biaya pemasangan lampu jalan tenaga surya akan menjadi lebih murah.

Kelebihan lain yang juga dihadirkan oleh lampu tenaga surya jalan ini adalah lampu akan mati secara otomatis pada malam hari dan hidup pada malam hari. Selain itu lampu tenaga surya penerang jalan ini juga lebih hemat energi.

Hal ini dikarenakan teknologi yang digunakan adalah teknologi LED dimana teknologi ini adalah salah satu teknologi yang terus dikembangkan. Kelebihan lain dari lampu tenaga surya ini adalah keberadaan atau posisinya yang bisa sewaktu-waktu dipindah.

Mengenal Beberapa Jenis dan Harga Lampu Jalan Tenaga Surya Satu Set

Hadir dengan berbagai kelebihan ternyata ada beberapa jenis lampu tenaga surya yang bisa dijadikan sebagai solusi penerangan pada jalan. Berikut ini merupakan beberapa jenis lampu tenaga surya dan juga harganya yang bisa menjadi pilihan lampu jalan agar tetap terang pada malam hari.

Lampu Tenaga Surya Penerangan Jalan 40 Watt

Pilihan pertama adalah lampu tenaga surya penerangan jalan dengan daya sebesar 40 watt. Seperti pada penjelasan sebelumnya lampu ini akan bekerja secara mandiri tanpa adanya supply listrik dari PLN.

Selain itu biaya pemasangan lampu ini juga tergolong murah dan juga ekonomis. Menggunakan lampu ini sebagai solusi penerangan jalan juga akan membuat lampu terhindar dari pemadaman listrik yang dapat dilakukan secara tiba-tiba karena permasalahan tertentu.

Bila melihat harga lampu jalan tenaga surya satu set jenis 40 watt ini harga berada pada angka Rp. 10 jutaan dan akan berbeda tergantung daripada produsen penjual. Kelebihan yang bisa didapatkan dari lampu ini adalah mudahnya pemasangan lampu tersebut dan tergolong sebagai lampu yang ramah lingkungan.

Selain itu usia pakai daripada lampu ini juga tergolong lama yaitu sekitar 25 tahun. Lampu jalan tenaga surya 40 watt ini dibekali dengan beberapa komponen mulai dari DC controller 10A 12V/24V, kabel solar panel, baterai VRLA, kotak baterai dan beberapa komponen-komponen penunjang lain.

Lampu Tenaga Surya Penerangan Jalan 60 Watt

Pilihan kedua adalah lampu tenaga surya penerangan jalan 60 watt. Harga lampu jalan tenaga surya satu set jenis 60 watt yang beredar dipasaran ini berada di angka 13 jutaan. Sama halnya dengan jenis 40 watt sebelumnya jenis ini tergolong mudah dan praktis untuk digunakan. Selain itu juga proses pemasangan lampu juga bisa dilakukan dengan mudah.

Selain bisa digunakan pada jalan, lampu tenaga surya satu ini juga bisa diaplikasikan pada beberapa tempat lain. Tempat yang bisa menjadi opsi pilihan penerapan lampu tenaga surya ini adalah taman, parker, kebun, industry dan beberapa tempat lain.

Baca Juga : Mengetahui Apa Manfaat Penggunaan Biogas Terhadap Lingkungan ?

Walaupun harga lampu jalan tenaga surya satu set jenis 60 watt ini berbeda dengan 40 watt, nyatanya jangka waktu pemakaian juga masih sama yaitu sekitar 25 tahun. Lampu ini juga dibekali dengan DC controller 15A 12V/24V dan juga dilengkapi dengan baterai VRLA.

Selain dua opsi pilihan tersebut sebenarnya ada banyak pilihan lampu jalan tenaga surya jenis lain, ada yang 100 watt, 30 watt, 50 watt, 70 watt dan beberapa jenis lainnya. Hanya saja harga yang akan ditawarkan akan berbeda-beda tergantung daripada produsennya.

Itulah ulasan mengenai harga lampu jalan tenaga surya satu set, ada  banyak pilihan lampu tenaga surya yang bisa digunakan untuk jalan, ada yang 30 watt, 50, hingga 100 watt, hanya saja harga yang ditawarkan dapat berbeda-beda tergantung daripada menjualnya.

Originally posted 2023-05-14 05:48:19.