Daftar Harga Mobil Listrik Hyundai, Mulai Dari Kona Electric Signature Hingga Hyundai IONIQ 5

Mobil listrik adalah sebuah moda transportasi menggunakan listrik sebagai bahan bakar. Umumnya mobil listrik menyimpan bahan bakar listrik dalam baterai. Mobil listrik juga bisa bergerak dengan keberadaan motor listrik di dalam mobil listrik.

Dengan menggunakan energi listrik yang tersimpan di baterai maka motor akan bekerja dan berputar. Putaran motor tersebutlah yang akan menggerakan roda mobil dimana sebelumnya roda mobil sudah terlebih dahulu dihubungkan dengan motor listrik tersebut.

Ada banyak keuntungan daripada penggunaan mobil listrik sebagai moda transportasi. Mobil listrik sangat ramah terhadap lingkungan dan tidak menghasilkan emisi karbon atau jenis polusi udara lainnya seperti mobil konvensional.

Selain itu mobil listrik juga tidak memerlukan biaya service besar seperti mobil konvensional pada umumnya. Service kemungkinan hanya dilakukan untuk mengganti baterai atau beberapa komponen lainnya saja, tidak seperti mobil berbahan bakar fosil yang menghabiskan lebih besar biaya untuk service.

Ada banyak jenis mobil listrik, salah satunya adalah mobil listrik Hyundai yang sangat populer di pasar otomotif internasional. Lalu berapa kira-kira harga mobil listrik Hyundai?, Intip penjelasan berikut mengenai beberapa daftar harga yang ditawarkan untuk jenis mobil listrik Hyundai.

Daftar Harga Mobil Listrik Hyundai

Ada banyak jenis mobil listrik Hyundai yang beredar di pasar otomotif internasional mulai dari Kona Electric Signature hingga IONIQ 5. Berikut ini akan dijelaskan mengenai beberapa spesifikasi serta gambaran interior daripada jenis mobil Hyundai tersebut dan juga harga mobil listrik Hyundai dari semua jenis tersebut.

Baca Juga : Mengenal Pembangkit Listrik Tenaga Gas, Komponen Penyusun Serta Beberapa PLTMG MPP yang Ada di Indonesia

Kona Electronic Signature

Jenis pertama dari mobil listrik Hyundai adalah Hyundai Kona Electric Signature. Jenis pertama ini sudah tayang dan resmi diperkenalkan pada 6 November 2020 yang lalu oleh PT Hyundai Motors Indonesia melalui kanal Youtube resmi mereka.

Kona Electric Signature ini dirancang dengan sistem efisiensi ruang pada mobil. Kona dapat menampung setidaknya 5 orang penumpang di dalamnya. Jika menggunakan baterai penuh maka mobil listrik Hyundai Kona Electric dapat menempuh jarak sekitar 345 km, lalu dengan jarak sejauh itu untuk sekali pengecasan berapa kira-kira taksiran harga mobil listrik Hyundai jenis pertama ini?.

Sebelum terlalu dalam membahas harga, perlu diketahui terlebih dahulu mengenai spesifikasi lainnya dari mobil listrik jenis pertama ini. Kona Electric Signature dilengkapi dengan baterai berjenis lithium ion 39,2 kWh.

Selain baterai mobil ini juga dibekali dengan motor listrik berjenis motor sinkron 100 kW atau 136PS dan terhubung  dengan pasokan daya dari baterai. Torsi yang dihasilkan oleh motor listrik tersebut adalah sebesar 395 Nm.

Kona Electric Signature ini dapat dipacu dengan kecepatan sekitar 155 km per jam dengan tingkat kecepatan atau akselerasi sekitar 0 hingga 100 km per jam dalam waktu 9,7 detik. Bisa dibayangkan betapa cepatnya pergerakan mobil listrik satu ini.

Tidak hanya itu saja Kona Electric Signature juga tersedia fitur pengisian baterai cepat. Hanya butuh waktu kurang dari satu jam saja maka baterai dapat terisi pada rentang 0 hingga 80 persen. Namun untuk fitur pengecasan normal pengguna harus menunggu sekitar 9 jam 35 menit agar baterai bisa terisi penuh.

Melihat beberapa kelebihan tersebut maka wajar saja harga mobil listrik Hyundai Kona Electric Signature ini berada pada angka Rp. 742 juta rupiah.

IONIQ 5 Prime Standard Range

Jenis kedua dari daftar harga mobil listrik Hyundai adalah IONIQ 5 Prime Standard Range. Jenis ini sudah dibekali dengan mesin listrik dengan tenaga sekitar 168 hp. Ada banyak varian warna dari jenis kedua ini mulai dari Titan Gray Metallic, Optic White, Midnight Black Pearl, Magnetic Silver Metallic dan beberapa varian warna lain.

IONIQ 5 Prime Standard Range ini sudah dilengkapi dengan 5 tempat duduk dan berjenis transmisi otomatis, dengan girboks single speed dan jenis penggerak RWD. Dimensi dari mobil ini adalah hadir dengan panjang 4635 mm, lebar 1890 mm, dan tinggi 1647 mm.

Mobil listrik jenis kedua ini dapat melaju dengan torsi sekitar 350 Nm dengan kapasitas baterai Lithium ion sekitar 58 kWh. Untuk dapat melakukan charging atau pengecasan pada baterai maka dibutuhkan waktu sekitar 5 jam hingga penuh.

Kisaran harga mobil listrik Hyundai jenis kedua IONIQ 5 Prime Standard Range ini dibandrol dengan harga Rp. 748 juta. Namun harga dapat saja bervariasi dimana berdasarkan salah satu sumber mengatakan bahwa harga mobil listrik IONIQ 5 Prime Standar Range pada bulan Juni 2022 berada pada angka Rp. 718 juta. 

IONIQ 5 Prime Long Range

IONIQ 5 Prime Long Range adalah jenis berikutnya dimana mobil listrik satu ini adalah varian atau jenis daripada mobil listrik IONIQ 5. Mobil listrik ini dibekali dengan baterai Lithium ion dengan kapasitas sekitar 72.6 kWh dengan waktu pengecasan sekitar 6 jam lebih untuk dapat terisi penuh 100 persen.

Mobil ini dapat menampung penumpang sebanyak 5 orang sama seperti halnya mobil listrik sebelumnya. Tinggi mobil ini adalah sekitar 1647 mm, panjang 4635 mm dan lebar 1890 mm. Sementara itu untuk torsinya adalah berada pada angka 350 Nm dengan jarak tempuh sekitar 481 km.

Harga mobil listrik Hyundai IONIQ 5 Prime Long Range ini adalah sekitar Rp. 789 juta berdasarkan harga di Jakarta dan pada sumber berbeda harga berada di angka Rp. 759 juta berdasarkan harga bulan Juni 2022.

IONIQ 5 Signature Standard Range

IONIQ 5 Signature Standard Range adalah jenis berikutnya dari daftar harga mobil listrik Hyundai. Mobil ini hadir dengan power sekitar 168 hp dan torsi sekitar 350 Nm dengan jarak berkendara sekitar 384 km. Mobil ini dapat menampung sebanyak 5 orang penumpang.

Tinggi dari mobil ini adalah sekitar 1647 mm dengan panjang 4635 mm dan lebar sekitar 1890 mm. Mobil listrik satu ini menggunakan baterai lithium ion dengan kapasitas 58 kWh dan dapat terisi penuh dengan waktu 5 jam. Harga dari mobil listrik Hyundai satu ini adalah dibandrol dengan taksiran harga sekitar Rp. 809 juta.

IONIQ 5 Signature Long Range

Jenis terakhir adalah IONIQ 5 Signature Long Range dimana jenis ini mempunyai torsi sekitar 350 Nm dengan power berada pada angka 214 hp dengan jarak berkendara adalah sekitar 451 km. Mobil ini dapat menampung penumpang sebanyak 5 orang dan hadir dengan baterai lithium ion dengan kapasitas 72.6 kWh.

Baca Juga : Apa Kelebihan Gas Metana Dari Biogas, Mulai dari Bahan Bakar Gas Hingga Sumber Energi Ramah Lingkungan

Baterai IONIQ 5 Signature Long Range ini dapat diisi dengan rentang waktu sekitar 6 jam 6 menit hingga penuh 100 persen. Harga mobil listrik Hyundai jenis terakhir ini sendiri berada pada angka Rp. 859 juta.

Ternyata mobil listrik Hyundai mempunyai banyak jenis dan semuanya sudah dikenal luas pada pasar otomotif internasional. Selain penjelasan terkait harga mobil listrik Hyundai, pada penjelasan diatas juga mengulik masalah interior daripada setiap jenis mobil dan juga spesifikasi dari setiap jenis mobil listrik Hyundai.

Originally posted 2023-04-23 00:29:01.