Berapakah Harga Panel Surya 100 Watt? Ini Dia Pembahasannya

Harga panel surya 100 watt sangat perlu kita perhatikan. Karena pada umumnya panel surya itu memiliki peran penting dalam perubahan energi matahari ke energi listrik. Apalagi di kehidupan yang lebih modern dan canggih saat ini.

Listrik biasanya akan mendapatkan 100 watt dari hasil panel surya dalam setahun. Hal ini hanya bergantung pada beberapa faktor yang ada. Ini juga sudah termasuk dengan adanya kemiringan kabel, lokasi geografis, arah menghadapnya hingga sejumlah bayangan yang bersentuh dengan panel tersebut.

Harga panel surya 100 watt cukup beragam karena tidak semua brand menawarkan harga yang sama di pasaran. Panel surya yang berukuran 100 watt ini mempunyai kapasitas yang rendah dalam penghasilan daya. Dengan begitu ini akan membutuhkan jumlah yang banyak dalam penghasilan listrik perumahan.

Harga Panel Surya 100 Watt? Kira-kira Berapa ya?

Panel surya yang memiliki ukuran 100 watt akan menghasilkan energi listrik yang masih bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkannya. Panel surya yang seperti ini juga menjadi salah satu ukuran yang harus dipertimbangkan dengan baik. Sehingga dalam satu rumah tidak mengalami pemadaman kelistrikan.

Hal tersebut karena jumlah harga panel surya 100 watt bisa dihasilkan dengan bergantungan terhadap banyaknya cahaya matahari itu sendiri. Pasalnya, dimana solar panel yang sebesar 100 watt ini hanya menghasilkan energi listrik yang sedikit ketimbang panel surya yang telah dipasang di bagian atap rumah.

Seringkali panel surya akan diperjualkan langsung pada pasaran untuk solar home system atau seringkali dikenal dengan solar rooftop, yang mana mempunyai kurang lebih 250 hingga 360 watt. Jumlah panel surya dapat dipasang dengan tergantungnya berapa banyak penghasilan listrik serta kondisi ruangannya.

Apakah Harga Panel Surya 100 Watt Mahal?

Harga panel surya 100 watt bisa dikatakan mahal itu hanya tergantung dari produk yang seperti apa. Saat ini sudah cukup banyak brand dengan penawaran harga panel surya 100 watt yang terjangkau di pasaran. Namun, belum tentu itu semua sesuai dengan keinginan dan selera kita.

Setiap brand pasti memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing sehingga sangat penting bagi kita untuk mempertimbangkannya dengan baik. Harga dari solar cell yang berukuran 100 watt ini dapat dipilih dengan berdasarkan berapa banyak penjualan yang disertai dengan biaya termurah.

Baca juga: Apa Saja Manfaat Energi Gelombang Laut Yang Sering Kita Manfaatkan?

Merek-merek panel surya yang berukuran 100 watt ini diantaranya adalah GH Solar, Shimura, Sun Asia, Kenika dan Mikachi. Bagi anda yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai beberapa merek tersebut, maka anda bisa simak pada uraian yang telah disusun rapi seperti berikut ini.

1. GH Solar

GH Solar menawarkan panel surya 100 wp yang kurang lebih 1000x670x30 mm. Untuk ukuran beratnya bisa berkisaran 8.29 kg yang terbuat langsung dari bahan polycrystalline. Solar panel ini akan memproduksi kurang lebih 100 watt dengan tegangan maksimalnya sebesar 18V serta arus maksimalnya 5.56A.

Pada saat arusnya mulai nol , maka ini akan memberikan tegangan yang mencapai 22.4V. Lantas berapakah harga yang ditawarkan oleh GH Solar ini? Untuk harganya dipasaran cukup bervariasi, dimana kurang lebih dibawah Rp 600.000 per produk.

2. Shimura

Panel surya yang selanjutnya adalah Shimura yang merupakan brand dalam memproduksi panel surya 100 wp dengan ukuran 1020x670x35 mm. Sementara untuk ukuran beratnya bisa berkisaran 8 kilogram dan terbuat dari bahan yang sama dengan GH Solar, yakni polycrystalline.

Baca juga: Kenali Beberapa Contoh Energi Panas Bumi yang Sering Dimanfaatkan Berikut Ini

Shimura dengan panel suryanya mencapai posisi daya tertinggi sekitaran 100 watt dengan tegangan 17V serta arusnya 5.74A. Sementara harga yang ditawarkannya dipasaran bisa berkisaran Rp 570.000 per produknya.

3. Sun Asia

Sun Asia adalah salah satu brand yang memberikan penawaran berbeda dari kedua panel solar yang ada diatas. Dimana ukuran 100 wp ini cocok pada 1000x670x30 mm yang beratnya 8 kg. Panel ini memiliki tingkat efisien 16.90% yang berbahan polycrystalline.

Solar panel yang seperti ini bisa menghasilkan 100 watt untuk ukuran maksimumnya dengan 17V dan arus maksimal yang sebesar 5.60A. Sementara harga yang ditawarkan oleh Sun Asia untuk panel suryanya ini berkisaran Rp 550.000 per produknya.

4. Kenika

Sebagai alternatifnya, Kenika adalah produsen terbaik yang menawarkan panel surya 100 wp. Dimana kenika ini bisa memiliki daya tertinggi 100 watt dengan tegangan 18V maksimalnya dan 5.56A untuk arus tertinggi.

Panel surya dari Kenika ini berukuran 1040x670x35 mm dengan bahan pembuatanya dari polycrystalline dengan beratnya yang mencapai kisaran 7 kg. Ketika arusnya nol, maka tegangan akan menghasilkan 22.5V.

Namun sayang sekali harganya jauh lebih mahal daripada beberapa panel surya yang ada diatas. Dimana harga pasarannya bisa melebih Rp 600.000 per produk. Dan menurut sumber yang ditemukan, harga pasarannya bisa mencapai kisaran Rp 750.000 per produknya.

Baca juga: Mengapa Biogas Ramah Lingkungan Dan Baik Digunakan Sebagai Solusi Energi Alternatif?

5. Mikachi

Yang paling terakhir adalah panel surya yang diproduksi langsung oleh brand bernama Mikachi. Panel surya Mikachi 100 wp ini memberikan ukuran 1050x675x30 mm dengan beratnya yang bisa berkisaran kg. Bahan dalam pembuatannya diambil langsung dari bahan-bahan yang berupa polycrystalline.

Mikachi akan memproduksi daya tertinggi 100 watt dengan tegangan 17V dan arus 5.60A. Sedangkan harganya bisa mencapai kisaran Rp 650.000 per produknya. Anda bisa dapatkan produk ini di beberapa toko online Indonesia, misalnya Shopee, Lazada dan lain sebagainya.

Jadi berapakah harga panel surya 100 watt? Bisa kita lihat pada pembahasan diatas, harganya bervariasi yang mana itu hanya tergantung dari brand seperti apa. Pada intinya, panel surya 100 watt memiliki harga yang dimulai dari Rp 500.000 hingga sampai dengan Rp 800.000 per produknya.

Originally posted 2023-04-27 06:32:04.