Mengetahui Harga Panel Surya 2000 Watt dan Beberapa Komponen yang Mempengaruhi Harga

Menggunakan panel surya di rumah adalah sebuah solusi untuk dapat mengatasi masalah listrik membengkak dan juga masalah karena adanya pemadaman listrik. Kehadiran panel surya tentunya akan menjawab masalah tersebut dan membuat pengguna terus tersalurkan listrik.

Hal ini dikarenakan panel surya mengandalkan sumber energi dari alam untuk dapat menghasilkan listrik. Walaupun mengandalkan alam yaitu matahari dalam prosesnya menghasilkan listrik, ternyata harga pemasangan panel surya lumayan besar.

Namun walau mengeluarkan uang yang besar diawal, nantinya setelah panel terpasang pengguna bisa menikmati layanan listrik dengan mudah dan gratis. Selain itu biaya perawatan panel surya juga tergolong sangat murah bahkan bisa dikatakan gratis.

Panel surya sendiri memiliki banyak variasi dan mempunyai harga yang berbeda-beda. Namun pada penjelasan ini akan coba di ulas mengenai harga panel surya 2000 Watt dan beberapa komponen pada pemasangan panel surya yang dapat berpengaruh terhadap harga.

Harga Panel Surya 2000 Watt

Ada banyak pilihan mengenai harga yang ditawarkan untuk jenis panel surya 2000 watt. Harga dari setiap produsen dapat berbeda-beda tergantung dari komponen apa yang ikut dipasang pada saat pemasangan panel surya.

Baca Juga : Pembangkit Listrik Tenaga Diesel, Pengertian, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan PLTD

Kisaran harga panel surya 2000 watt pertama berada di angka yang lumayan besar yaitu Rp. 53 juta. Harga yang lumayan besar ini dapat mencakup beberapa komponen mulai dari inverter on grid mini satu unit, solar cell Yingli 270 Wp sebanyak 8 unit, kabel, hingga 8 unit kerangka pemasangan panel surya di rooftop. Harga yang tergolong besar ini juga sudah termasuk ongkos pemasangan untuk daerah Jabodetabek.

Pilihan kedua dari harga panel surya 2000 watt selanjutnya adalah berada di angka Rp. 28 juta. Jenis panel surya 2000 watt yang dipasang dengan harga demikian adalah panel surya dengan nilai 2 kWp.

Pada pilihan kedua ini beberapa perangkat atau komponen yang akan dipasang dapat mencakup solar panel dengan jenis PS330P-72 330 Wp sebanyak 6  unit. Komponen lain yang juga dibekali pada opsi kedua ini adalah inverter on grid.

Selain itu pada pemasangan ini juga sudah mencakup beberapa komponen lain seperti junction box, kabel, mounting PV roof, monitoring system, ground sistem, design dan beberapa fasilitas serta alat bantu lainnya.

Harga panel surya 2000 watt juga berada pada angka Rp. 7 jutaan. Dengan harga yang tergolong murah tersebut terdapat beberapa fasilitas yang ditawarkan. Salah satu yang akan sangat membantu adalah dapat terkoneksikan langsung ke listrik yang bersumber dari PLN.

Keuntungan lain yang juga akan didapatkan adalah alat dapat secara otomatis menentukan arus listrik mana yang akan menjadi prioritas panel dan juga baterai pada saat malam hari. Selain itu peralatan satu ini juga bisa menjadi UPS apabila terjadinya pemadaman listrik secara tiba-tiba.

Fasilitas atau komponen yang tersedia daripada panel surya ini dapat mencakup beberapa mulai dari panel surya 4 dikali dengan 100 Wp, beberapa kabel dan juga aksesoris pendukung lainnya. Tidak hanya itu saja pada rentang harga ini juga  sudah di bekali dengan max upgrade 800 WP panel surya dan juga akan direkomendasikan baterai dengan minimal 1 bh 100 ah.

Komponen yang Mempengaruhi Harga Panel Surya 2000 Watt

Perbedaan harga panel surya pada beberapa produsen tergolong wajar. Hal ini dikarenakan fasilitas dan komponen yang disajikan dapat berbeda-beda. Tidak hanya itu saja, dibalik harga yang mahal juga tersedia fasilitas yang komplit bahkan juga hadir dengan garansi dalam waktu yang lama.

Namun, pada dasarnya perbedaan harga tersebut didasari oleh beberapa komponen yang menjadi penunjang utama dalam proses panel surya menghasilkan listrik. Simak penjelasan mengenai beberapa komponen yang dapat mempengaruhi harga panel surya 2000 watt.

Inverter

Komponen pertama yang sangat berpengaruh adalah inverter. Peralatan satu ini jelas sangat dibutuhkan dalam sistem kelistrikan pada panel surya. Alat ini digunakan pada sistem PLTS untuk dapat mengubah jenis listrik yang dihasilkan oleh solar panel.

Seperti diketahui bahwa listrik yang dihasilkan oleh solar panel dari cahaya matahari adalah listrik berjenis DC. Dengan adanya inverter maka listrik dapat diubah menjadi listrik AC hingga bisa digunakan dengan mudah pada beberapa perangkat listrik AC.

Komponen ini tentunya memiliki peran dan berpengaruh terhadap patokan harga pada pemasangan panel surya. Harga inverter dapat berbeda-beda tergantung daripada jenisnya.

Solar Cell

Solar cell adalah komponen kedua yang dapat mempengaruhi harga panel surya 2000 watt. Selain inverter yang memegang peranan besar solar panel juga sangat penting dalam sistem kelistrikan PLTS.Alat ini merupakan alat yang bisa mengubah energi matahari menjadi listrik. Harga dari solar cell dapat bervariasi dan tergantung pada jenis serta kualitasnya tersendiri.

Baca Juga : Mengapa Kita Harus Hemat Dalam Menggunakan Energi Listrik, Simak Alasannya

Baterai

Baterai juga memegang peran penting dalam pemasangan panel surya. Jenis baterai yang digunakan pada pemasangan panel surya dapat berbeda-beda. Perbedaan tersebut tentunya akan menghasilkan selisih harga yang berbeda-beda pula.

Itulah ulasan mengenai harga panel surya 2000 watt yang hadir dengan harga bervariasi. Perbedaan harga ini didasari oleh produsen dan beberapa komponen penting yang dapat menunjang kelistrikan pada panel surya.

Originally posted 2023-05-12 15:14:48.