10 Alasan Kenapa Pembangkit Listrik Energi Terbarukan Terbilang Ramah Lingkungan

Dalam era perubahan iklim dan kepedulian terhadap lingkungan yang semakin meningkat, pembangkit listrik energi terbarukan menjadi pilihan yang populer dan dianggap sebagai solusi yang ramah lingkungan. 

Berbeda dengan sumber energi konvensional yang mengandalkan bahan bakar fosil, pembangkit listrik energi terbarukan menggunakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui seperti matahari, angin, air, biomassa, dan panas bumi. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan 10 alasan kenapa pembangkit listrik energi terbarukan terbilang ramah lingkungan.

1. Mengurangi Emisi Gas Rumah Kaca

Alasan pertama dari kenapa pembangkit listrik energi terbarukan terbilang ramah lingkungan adalah karena bisa mengurangi emisi. Salah satu alasan utama mengapa energi terbarukan dianggap ramah lingkungan adalah karena mengurangi emisi gas rumah kaca. 

Baca Juga : Pembangkit Listrik Tenaga Diesel, Pengertian, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan PLTD

Sumber energi terbarukan tidak menghasilkan emisi karbon yang signifikan selama operasinya. Hal ini membantu meminimalisir dampak perubahan iklim dan mengurangi polusi udara yang berbahaya bagi kesehatan manusia dan ekosistem.

2. Sumber Daya Alam Terbarukan

Selanjutnya alasan kedua dari kenapa pembangkit listrik energi terbarukan terbilang ramah lingkungan adalah karena berperan sebagai sumber daya alam terbarukan. Energi terbarukan didasarkan pada sumber daya alam yang dapat diperbaharui secara alami, seperti sinar matahari, angin, dan air. 

Sumber daya ini tidak terbatas dan akan selalu tersedia selama matahari bersinar, angin berhembus, dan air mengalir. Dengan menggunakan energi terbarukan, kita dapat menghindari pengeksploitasian sumber daya alam yang terbatas dan memastikan ketersediaan energi jangka panjang.

3. Dampak Lingkungan yang Rendah

Pembangkit listrik energi terbarukan umumnya memiliki dampak lingkungan yang lebih rendah dibandingkan dengan pembangkit listrik konvensional. 

Pembangkit listrik tenaga surya dan angin, misalnya, tidak menghasilkan polusi udara dan air selama operasinya. Mereka juga tidak menghasilkan limbah padat berbahaya seperti yang dihasilkan oleh pembangkit listrik tenaga batu bara atau nuklir.

4. Keseimbangan Ekosistem

Pembangkit listrik energi terbarukan cenderung memiliki dampak yang lebih sedikit terhadap ekosistem daripada pembangkit listrik konvensional. Ini juga merupakan kenapa pembangkit listrik energi terbarukan terbilang ramah lingkungan.

Misalnya, pembangkit listrik tenaga surya dan angin tidak mengharuskan pembangunan waduk atau pembanjiran lahan seperti pembangkit listrik tenaga air. Hal ini meminimalkan kerusakan habitat alami dan mengurangi dampak negatif terhadap keanekaragaman hayati.

5. Pengurangan Penggunaan Air

Beberapa jenis pembangkit listrik terbarukan, seperti surya dan angin, tidak memerlukan air sebagai bahan bakar atau pendingin. Hal ini berbeda dengan pembangkit listrik konvensional seperti pembangkit listrik tenaga batu bara atau nuklir yang membutuhkan air dalam jumlah besar. 

Dengan mengurangi penggunaan air dalam proses pembangkitan listrik, sumber daya air dapat dilestarikan dan digunakan untuk kebutuhan lainnya seperti irigasi pertanian dan kebutuhan air minum.

6. Penciptaan Lapangan Kerja

Penciptaan lapangan kerja juga masuk dalam ulasan kenapa pembangkit listrik energi terbarukan terbilang ramah lingkungan ini. Industri energi terbarukan telah menciptakan peluang kerja baru dalam skala lokal dan global. 

Pemasangan, operasi, dan pemeliharaan pembangkit listrik energi terbarukan membutuhkan tenaga kerja yang terlatih. Ini berarti lebih banyak pekerjaan yang tersedia dalam industri ini, yang pada gilirannya dapat mendukung pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

7. Diversifikasi Energi

Bergantung pada satu jenis sumber energi seperti bahan bakar fosil dapat menyebabkan kerentanan ekonomi dan keamanan energi. Pembangkit listrik energi terbarukan membantu diversifikasi portofolio energi suatu negara. 

Dengan mengandalkan berbagai sumber energi terbarukan, negara dapat mengurangi ketergantungan pada impor bahan bakar fosil dan melindungi diri dari fluktuasi harga energi global.

8. Peningkatan Akses Energi

Kenapa pembangkit listrik energi terbarukan terbilang ramah lingkungan juga bisa disebabkan karena peningkatan akses energi. Salah satu tantangan utama di banyak daerah adalah akses yang terbatas terhadap listrik. 

Pembangkit listrik energi terbarukan dapat membantu meningkatkan akses energi di daerah terpencil dan terpencil yang sulit dijangkau oleh jaringan listrik konvensional. Solusi seperti pembangkit listrik tenaga surya terdesentralisasi dan mikrohidro dapat memberikan akses energi yang handal dan terjangkau kepada komunitas yang sebelumnya tidak terlayani.

9. Keberlanjutan dan Pembangunan Berkelanjutan

Alasan berikutnya dibalik kenapa pembangkit listrik energi terbarukan terbilang ramah lingkungan adalah untuk keberlanjutan pembangunan. Pengembangan pembangkit listrik energi terbarukan sejalan dengan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan.

Energi terbarukan merupakan solusi jangka panjang yang berkelanjutan untuk memenuhi kebutuhan energi saat ini tanpa mengorbankan kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri. Pembangkit listrik energi terbarukan memberikan kontribusi yang signifikan dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.

10. Inovasi Teknologi dan Penurunan Biaya

Perkembangan teknologi dalam industri energi terbarukan telah menghasilkan inovasi yang signifikan dan penurunan biaya yang tajam. Inovasi terus mendorong efisiensi dan peningkatan kinerja dalam pembangkit listrik energi terbarukan.

Misalnya, biaya panel surya dan turbin angin telah menurun secara substansial dalam beberapa tahun terakhir, membuat energi terbarukan semakin terjangkau dan kompetitif dengan sumber energi konvensional.

Baca Juga : Simak Cara Membuat Pembangkit Listrik Tenaga Air Sederhana Dari Barang Bekas Mudah dan Praktis

Dengan demikian, pembangkit listrik energi terbarukan dapat dianggap sebagai solusi yang ramah lingkungan untuk memenuhi kebutuhan energi saat ini dan masa depan. Itulah beberapa alasan dari kenapa pembangkit listrik energi terbarukan terbilang ramah lingkungan.

Dengan mengurangi emisi gas rumah kaca, memanfaatkan sumber daya alam yang tak terbatas, dan mengurangi dampak lingkungan, energi terbarukan berperan penting dalam perlindungan lingkungan, keberlanjutan, dan pembangunan berkelanjutan.

Originally posted 2023-06-29 07:22:29.