Ketahui Keunggulan Panel Surya Sebagai Solusi Listrik Ramah Lingkungan

Panel surya adalah suatu komponen utama pada sistem kelistrikan PLTS atau Pembangkit Listrik Tenaga Surya. Alat ini sangat vital dimana dengan adanya komponen satu ini listrik bisa dihasilkan dengan cara menyerap energi matahari dan mengubahnya menjadi listrik.

Lalu apa saja keunggulan panel surya selaku alat utama dalam sistem PLTS. Berikut penjelasan lengkap mengenai beberapa keunggulan yang dihadirkan oleh panel surya sebagai solusi penghasil listrik ramah lingkungan.

Sumber energi Terbarukan

Keunggulan pertama dari panel surya tentunya alat ini menggunakan sumber energi terbarukan dalam bekerja. Dalam proses kerjanya panel surya akan aktif bekerja pada malam hari dimana pada malam hari alat ini akan menjadi pasif dan tidak akan bekerja, mengapa demikian?.

Hal ini dikarenakan panel surya hanya bisa bekerja bila adanya sinar matahari. Energi matahari merupakan sumber energi utama yang bisa digunakan oleh panel surya agar bisa menghasilkan listrik, dan seperti diketahui bersama energi matahari merupakan jenis energi terbarukan yang jumlahnya tersedia tidak terbatas di alam. Hal ini juga menjadi keunggulan panel surya pertama.

Baca Juga : Mengenal Pembangkit Listrik Tenaga Gas, Komponen Penyusun Serta Beberapa PLTMG MPP yang Ada di Indonesia

Oleh sebab itu pada siang hari energi matahari akan terus menerus diserap oleh panel dan akan didistribusikan ke dalam baterai. Dengan adanya baterai listrik yang dihasilkan dari panel surya bisa digunakan pada malam hari.

Bisa Mengurangi Membengkaknya Tagihan Listrik

Keunggulan panel surya kedua adalah dapat mengatasi masalah tagihan listrik yang bisa saja membengkak sewaktu-waktu.  Dengan adanya panel surya maka pengguna dapat membatasi penggunaan listrik dari PLN.

Dengan adanya alat satu ini listrik bisa digunakan secara gratis dengan hanya memanfaatkan sinar matahari saja. Jika sudah memasang panel surya di rumah, pengguna dapat leluasa memanfaatkan listrik dari sumber energi terbarukan matahari pada saat jam sibuk.

Biaya Perawatan Murah

Walaupun dipasang dengan biaya awal yang menguras dompet dan bisa dikatakan mahal. Setelahnya panel surya bisa digunakan dengan biaya yang murah bahkan hampir tidak ada biaya sama sekali.

Keunggulan panel surya satu ini sangat membantu dimana setelah mengeluarkan uang besar di awal, listrik bisa dengan mudah didapatkan tanpa harus membayar lagi. Adapun biaya yang perlu dikeluarkan adalah biaya perawatan saja.

Perawatan yang dilakukan pun tidaklah banyak, untuk tetap menjaga produktivitas listrik yang dihasilkan oleh panel surya, hanya perlu menyewa atau melakukan sendiri pembersihan pada panel yang tertutup daun atau debu.

Tidak hanya itu saja, banyak produsen yang menawarkan garansi jangka panjang untuk satu pemasangan panel surya. Bahkan masa garansi bisa mencapai 20 hingga 25 tahun. Salah satu komponen yang juga perlu dirawat adalah inverter.

Ramah Lingkungan

Menjadi salah satu teknologi ramah lingkungan adalah salah satu daripada keunggulan panel surya. Hal ini dikarenakan panel surya menggunakan energi matahari dalam proses menghasilkan listrik.

Panel surya juga akan menghasilkan energi yang bersih tanpa adanya emisi rumah kaca atau pencemaran lainnya. Selain itu  panel surya juga tidak memunculkan suara yang bising pada saat bekerja. Hal terpenting dari alat satu ini adalah tidak adanya polusi yang dihasilkan dari penggunaan alat penghasil listrik ramah lingkungan ini.

Listrik Tidak Akan Hilang

Dikutip dari beberapa sumber mengatakan bahwa terdapat sekitar 5 persen daripada listrik akan hilang saat proses penyaluran atau transmisi serta distribusi. Hal ini akan sangat berhubungan dengan jarak, dimana semakin jauh jarak maka persentase hilangnya listrik juga akan semakin besar.

Namun dengan adanya panel surya hal ini tentunya tidak akan terjadi dan merupakan salah satu dari beberapa keunggulan panel surya. Alasan dan jawaban dibalik tidak hilangnya listrik pada panel surya adalah karena panel adalah karena panel surya tidak berada di luar melainkan berada di rumah sendiri.

Keunggulan Panel Surya Lainnya

Selain beberapa keunggulan dari panel surya di atas, ternyata panel surya mempunyai banyak manfaat lain. Salah satu manfaat lain dari panel surya adalah dapat menjadi salah satu jenis pembangkit listrik yang bisa mengurangi ketergantungan pada energi berbahan bakar fosil atau energi tak terbarukan.

Panel surya juga dapat hidup walaupun tidak adanya jaringan bila keseluruhan daya yang dihasilkan masih tergolong cukup untuk suatu rumah atau bangunan tertentu. Alat penghasil listrik bebas emisi karbon ini juga bisa dipasang dimana saja mulai dari lapangan hingga atap gedung atau rumah.

Baca Juga : Mengenal Kompor Biomassa, Spesifikasi dan Beberapa Manfaatnya

Keunggulan panel surya selanjutnya juga bisa digunakan sebagai sumber listrik untuk dapat memasak air, menghidupkan lampu di rumah, bahkan bisa digunakan sebagai sumber listrik untuk mobil atau motor listrik.

Ternyata tidak hanya menjadi pengubah cahaya matahari menjadi listrik saja, keunggulan panel surya sangatlah beragam dan penuh manfaat mulai dari sumber energi terbarukan, ramah lingkungan, tidak akan ada listrik yang hilang, mampu mengatasi masalah pembengkakan pembayaran listrik hingga biaya perawatan yang murah.

Originally posted 2023-05-11 14:30:42.