Kenali Keuntungan Menggunakan Biogas, Mulai Dari Ramah Lingkungan Hemat dan Juga Praktis

Biogas yang merupakan suatu terobosan baru untuk menghasilkan gas dari bahan baku yang bisa dengan mudah didapatkan dialam ternyata punya berbagai keuntungan bila diaplikasikan dan juga digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain keuntungan utama yaitu menjadi solusi energi alternatif yang bisa dimanfaatkan menjadi bahan bakar gas untuk memasak ternyata ada manfaat lainnya dari biogas. Berikut ini merupakan beberapa manfaat dan juga keuntungan menggunakan biogas dalam kehidupan sehari-hari.

Keuntungan Menggunakan Biogas

Sebenarnya ada banyak sekali keuntungan dari penggunaan biogas dalam kehidupan. Tidak hanya berbicara mengenai masalah ramah lingkungan dan solusi alternatif pengganti gas berbahan bakar fosil saja, ternyata biogas punya banyak keuntungan di balik peranannya dalam menghasilkan sumber energi alternatif. Berikut ini merupakan penjelasan lengkapnya.

Baca Juga : Apa Fungsi Air Dalam Pembangkit Listrik Tenaga Air itu? Ini Jelasnya

Ramah Lingkungan

Keuntungan menggunakan biogas pertama adalah jenis bahan bakar yang menjadi sumber energi alternatif jenis gas ini sangat ramah lingkungan bila dibandingkan dengan jenis bahan bakar gas berbahan fosil.

Dikatakan sebagai sumber energi yang ramah lingkungan adalah karena dengan penggunaan biogas maka gas yang digunakan adalah gas yang bersih dan juga aman terhadap lingkungan. Gas yang dihasilkan dari proses biogas atau lebih dikenal dengan biodigester ini  aman digunakan dan tidak menghasilkan polusi lingkungan.

Tidak hanya itu saja keuntungan menggunakan biogas lainnya adalah dapat mengurangi masalah emisi rumah kaca yang gencar dibicarakan untuk segera diberantas. Selain ramah lingkungan proses pembuatan biogas juga tergolong sangat alami, mudah dan juga tergolong sederhana.

Bahan Baku yang Mudah ditemukan

Keuntungan menggunakan biogas berikutnya adalah mudahnya menemukan bahan baku untuk proses pembuatan biogas itu sendiri. Seperti diketahui biogas yang bisa menjadi sumber energi alternatif ini merupakan jenis energi terbarukan.

Maksud dari energi terbarukan adalah jenis energi yang jumlahnya tidak terbatas dan bisa ditemukan dengan mudah di alam. Seperti halnya energi yang bersumber dari air, angin dan juga matahari, sumber energi yang digunakan pada biogas juga bisa didapatkan dengan mudah di alam.

Bahan baku dari proses pembuatan biogas itu sendiri dapat bervariasi dan sangat mudah didapatkan, bahkan bisa didapatkan dari lingkungan sekitar. Bahan baku yang dimaksud dapat berupa limbah daripada sampah rumah tangga seperti sisa-sisa nasi, sisa sisa sayuran dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu saja bahan baku dari pembuatan biogas juga dapat berupa kotoran hewan ternak seperti lembu atau kerbau, ayam dan beberapa jenis hewan ternak lainnya. Fakta menarik juga terungkap bahwasanya ternyata feses manusia juga bisa dimanfaatkan dalam proses pembuatan biogas ini, dan hal ini juga bisa menjadi salah satu keuntungan menggunakan biogas.

Hemat dan Praktis

Sumber energi gas dari biogas juga sangat hemat dan juga praktis. Alasan yang mengakibatkan jenis energi alternatif satu ini menjadi hemat dan juga praktis adalah karena proses pembuatan biogas tidak memerlukan banyak biaya dan juga praktis untuk dibuat.

Keuntungan menggunakan biogas satu ini bisa diungkapkan dengan fakta bahwa jumlah pengeluaran dalam proses pembuatan sistem biogas ini tidaklah semahal pemasangan panel surya atau Pmebangkit Listrik Tenaga Surya atau PLTS.

Bisa Menjadi Pengganti Gas Berbahan Bakar Fosil

Kelangkaan gas berbahan bakar fosil terkadang menjadi kendala pada saat hendak memasak makanan. Namun dengan kehadiran gas dari biogas masalah itu bukan lagi menjadi masalah yang berarti.

Keuntungan menggunakan biogas juga bisa menjadi salah satu solusi agar bisa menggantikan posisi gas berbahan bakar fosil. Energi alternatif biogas yang bisa menggantikan gas berbahan bakar fosil ini dirasa cocok karena pembuatan yang mudah, praktis serta juga ramah lingkungan.

Limbah Biogas Bisa Menjadi Pupuk Organik

Limbah biogas juga bisa dimanfaatkan sebagai pupuk organik dan hal ini juga menjadi salah satu keuntungan menggunakan biogas. Lalu bagaimana proses pembuatan pupuk organik dari bahan baku produksi biogas?.

Bahan baku biogas yang berada dalam digester sewaktu-waktu akan mengalami penurunan produksi gas dan akan mongering seiring berjalannya waktu. Bila telah berada pada fase tersebut maka bahan baku akan digantikan dengan bahan baku baru dan bahan baku lama akan dikeluarkan dari digester.

Bahan baku yang sudah tidak digunakan dan sudah dikeluarkan tadi bisa dimanfaatkan lagi menjadi pupuk organic yang kaya nutrisi dan juga baik bagi tumbuhan.

Baca Juga : Kenali Beberapa Contoh Energi Panas Bumi Yang Sering Dimanfaatkan Berikut Ini

Gas yang Bisa Ciptakan Masakan Sehat

Gas dari biogas juga dipercaya sangat bersih dan bisa menghasilkan makanan yang sehat. Hal ini juga menambah deretan keuntungan menggunakan biogas pada penjelasa ini. Hal ini juga diperkuat dengan tidak adanya asap yang dihasilkan dari penggunaan bahan bakar gas berbahan biogas ini.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai beberapa keuntungan menggunakan biogas yang bisa menambah wawasan dan ilmu tentang energi alternatif biogas.

Originally posted 2023-04-23 00:28:17.