Mengenal Kompor Biomassa, Spesifikasi dan Beberapa Manfaatnya

Kompor biomassa adalah suatu alternatif yang bisa digunakan untuk memasak bila sedang mengalami krisisnya pasokan gas elpiji atau jenis gas lainnya. Penggunaan kompor biomassa juga sangat tepat digunakan untuk untuk tetap menjaga lingkungan agar selalu bersih dan tanpa polusi.

Hal ini dikarenakan adanya komponen yang dapat meminimalisir asap pada saat kompor biomassa digunakan. Selain itu pada penjelasan kali ini juga akan dijabarkan mengenai apa itu biomassa, apa itu kompor biomassa serta apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan kompor biomassa itu sendiri.

Pengertian Biomassa

Biomassa adalah suatu unsur atau bahan kimia yang bisa didapatkan dari tanaman dan juga bisa digunakan sebagai solusi bahan bakar atau energi pada beberapa pengaplikasian. Biomassa juga disebut sebagai sumber daya yang hidup dan dikenal dengan istilah bioresource.

Ada banyak jenis biomassa yang bisa dimanfaatkan dalam keperluan menghasilkan sumber energi mulai dari kayu bakar, sisa-sisa rerumputan yang mulai membusuk, kotoran hewan ternak bahkan hingga kotoran atau feses manusia sekalipun juga bisa dimanfaatkan menjadi energi pada biomassa.

Selain itu sumber energi dari biomassa juga bisa didapatkan dari jenis tanaman seperti eceng gondok, tebu, kelapa sawit, rumput laut, jerami dan beberapa jenis tanaman lainnya. Pemanfaatan biomassa menjadi energi dapat dilakukan pada beberapa jenis energi.

Biomassa bisa difungsikan sebagai bahan bakar gas, biodiesel, kosmetik hingga bisa digunakan sebagai kompor. Kompor yang dimaksud adalah kompor biomassa dimana pada jenis kompor ini biomassa menjadi suatu unsur kimia yang sangat penting pada saat kompor bekerja.

Baca Juga : Apa Fungsi Air Dalam Pembangkit Listrik Tenaga Air itu? Ini Jelasnya

Mengenal Kompor Biomassa

Kompor biomassa adalah jenis kompor yang menggunakan biomassa sebagai bahan bakar. Pada kompor biomassa bahan bakar yang digunakan dapat berupa kayu bakar, ranting dan beberapa tumbuhan yang sudah mengering lainnya.

Kompor biomassa pada awal kemunculannya dikenal dengan sebutan Kompor Biomassa UB.03-1. Jenis kompor ini dalam proses kerjanya memanfaatkan suatu sistem dan mekanisme pemanasan yang bisa dikatakan berlawanan untuk pembakaran yang lebih sempurna.

Walaupun menggunakan kayu bakar dalam proses kerjanya ternyata keberadaan kompor biomassa juga dinyatakan sebagai kompor yang ramah lingkungan. Bagaimana bisa?, hal ini dikarenakan adanya suatu teknologi ramah lingkungan pada kompor biomassa tersebut.

Dengan teknologi yang digunakan tersebut maka asap sisa-sisa pembakaran tidak akan dihasilkan. Walaupun ada hanya asap yang tidak berbahaya saja yang keluar. Sistem yang digunakan kompor ini adalah sistem pre-heating.

Sistem pre-heating pada kompor biomassa tersebut adalah gas dan aliran udara akan dimanfaatkan dalam proses bekerjanya kompor berbahan biomassa tersebut. Kompor ini juga sangat ramah lingkungan dan cocok digunakan untuk meminimalisir pencemaran lingkungan karena pemakaian kompor.

Spesifikasi Kompor Biomassa

Salah satu jenis kompor biomassa yang banyak dikatakan sebagai kompor hemat bahan bakar dan punya persentase hemat sebesar 80 persen memiliki spesifikasi sebagaimana berikut ini.

Spesifikasi pertama dari kompor biomassa adalah terbuat dari lembaran logam. Selain itu jenis kompor satu ini juga memiliki api yang bisa dikontrol. Tidak hanya itu saja kompor biomassa ini juga memakai bahan bakar normal sebesar 600 gram per jamnya.

Apa Saja Manfaat Kompor Biomassa

Usai mengetahui mengenai apa itu biomassa dan mengenal lebih dalam mengenai kompor biomassa dan beberapa spesifikasinya maka pada penjabaran ini akan dijelaskan mengenai manfaat yang ditawarkan oleh keberadaan kompor biomassa.

Manfaat pertama yang dihadirkan oleh kompor biomassa adalah dapat disediakan dengan biaya yang lebih murah. Hal ini dikarenakan pemakaian bahan bakar yang digunakan pada kompor biomassa adalah kayu bakar yang bisa diprediksi dapat berada pada tarif Rp. 10.000 per 1 kg.

Namun bila lingkungan sekitar mudah menemukan kayu bakar dan jenis bahan bakar yang diperlukan pada kompor biomassa maka biaya bisa saja menjadi gratis karena sudah tersedia di alam secara luas dan mudah ditemukan.

Selain murah bahan bakar yang digunakan pada kompor biomassa ini juga tergolong mudah didapatkan. Bahan bakar yang biasa digunakan pada kompor jenis ini adalah kayu bakar, ranting, butiran kayu, serbuk kayu dan juga bisa digunakan pelet dari kelapa sawit.

Baca Juga : Apa Saja Manfaat Energi Gellombang Laut Yang Sering Kita Manfaatkan?

Kompor biomassa juga tergolong sebagai kompor yang ramah lingkungan dimana jenis kompor ini tidak menghasilkan polusi udara karena telah dibekali dengan sistem pemanas seperti yang sudah di penjelasan sebelumnya.

Dikutip dari beberapa sumber, jenis kompor biomassa ini juga dikatakan sebagai peralatan yang memiliki peluang besar untuk diekspor ke luar negeri. Kompor biomassa juga memiliki sisi positif lain dimana makanan yang dimasak dengan perasaan ini akan memiliki bau yang lebih sedap daripada peralatan masak lain.

Itulah ulasan mengenai kompor biomassa yang dapat menjadi solusi alternatif peralatan memasak saat pasokan gas langka. Selain bisa menjadi energi alternatif ternyata kompor biomassa juga hadir dengan beragam manfaat lainnya.

Originally posted 2023-04-20 09:48:51.