Macam-Macam Sumber Energi yang Ada di Sekitar Kita

Energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja atau menyebabkan perubahan. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai jenis sekaligus macam-macam sumber energi yang ada di sekitar kita.

Energi ada dalam berbagai bentuk, termasuk energi kinetik (energi gerakan), energi potensial (energi yang disimpan), energi termal (panas), energi kimia, energi listrik, dan lain-lain.

Agar lebih jelas mengenai energi dan macam-macam sumber energi, mari simak pembahasan di bawah ini!

Jenis-Jenis Energi

Ada berbagai jenis energi yang harus diketahui, di mana seluruh energi berikut dapat diolah kembali menjadi jenis energi lain, di antaranya adalah:

  1. Energi Kinetik

Energi kinetik adalah bentuk energi yang terkait dengan pergerakan suatu objek. Energi kinetik dapat diukur berdasarkan massa dan kecepatan suatu objek.

Artinya, semakin besar massa dan kecepatan suatu objek, semakin besar pula energi kinetik yang dimilikinya.

  1. Energi Potensial

Energi potensial merupakan bentuk energi yang ada dalam suatu objek karena posisi atau keadaannya.

Energi potensial bisa terdapat dalam air yang disimpan dalam bendungan. Air yang tertahan di atas bendungan memiliki potensi energi gravitasi karena posisinya yang lebih tinggi dari permukaan tanah.

  1. Energi Termal

Energi termal adalah bentuk energi yang terkait erat dengan suhu sebuah benda atau zat. Energi ini berkaitan dengan jumlah panas yang terkandung dalam suatu objek, yang dapat mempengaruhi pergerakan partikel-partikel di dalamnya.

  1. Energi Kimia

Energi yang tersimpan dalam ikatan kimia yang dapat dilepaskan melalui reaksi kimia, seperti energi yang tersimpan dalam bahan bakar fosil atau makanan.

  1. Energi Listrik

Energi yang dibawa oleh muatan listrik, yang dapat dimanfaatkan dan digunakan untuk memasok daya perangkat dan sistem listrik.

  1. Energi Cahaya

Energi yang dibawa oleh gelombang elektromagnetik, termasuk cahaya tampak, yang memungkinkan kita untuk melihat dan dapat diubah menjadi energi listrik melalui sel fotovoltaik.

  1. Energi Nuklir

Energi yang tersimpan dalam inti atom, yang dilepaskan melalui reaksi nuklir seperti fisi (pemecahan) atau fusi (penggabungan) inti atom.

Apa itu Sumber Energi?

Sumber energi merujuk pada sumber daya alami yang menghasilkan energi dalam berbagai bentuk yang dapat dimanfaatkan oleh manusia.

Sumber energi ini digunakan sebagai masukan dalam proses pembangkitan tenaga dan pemenuhan kebutuhan energi manusia.

Beberapa contoh sumber energi termasuk bahan bakar fosil (seperti batu bara, minyak, dan gas alam), energi surya, energi angin, energi air (hidro), biomassa, panas bumi, dan energi nuklir.

Dengan memanfaatkan sumber energi ini, kita dapat mengubahnya menjadi bentuk energi yang berguna seperti listrik, panas, atau tenaga mekanik.

Baca juga: Sumber-Sumber Energi Listrik: Energi Terbarukan dan Tak Terbarukan

Macam-Macam Sumber Energi

Sumber energi adalah asal atau pasokan dasar energi. Ini dapat dikategorikan ke dalam berbagai sumber primer. Adapun macam-macam sumber energi adalah sebagai berikut:

  1. Bahan Bakar Fosil

Bahan bakar fosil adalah macam-macam sumber energi yang berasal dari endapan organisme yang telah berproses selama jutaan tahun lamanya, termasuk batu bara, minyak bumi, dan gas alam.

Mereka merupakan sumber energi yang berasal dari fosil tumbuhan dan hewan yang terkubur di bawah lapisan tanah selama jutaan tahun.

Sumber energi ini termasuk ke dalam jenis energi tak terbarukan sebab ketersediaannya sangat terbatas dan suatu saat akan berkurang bahkan habis begitu saja.

  1. Energi Surya

Jika bicara tentang macam-macam sumber energi, maka jangan pernah lupakan energi matahari atau surya ini.

Energi surya memanglah berasal dari sinar matahari dan dapat dimanfaatkan dengan menggunakan panel surya untuk menghasilkan listrik atau energi panas.

Bukan hanya untuk listrik, energi surya juga bisa dikonversi menjadi energi panas yang berguna sebagai kompor di dapur, di mana fungsinya sama dengan kompor konvensional pada umumnya.

  1. Energi Angin

Energi angin merupakan bentuk energi yang dihasilkan oleh pergerakan udara atau angin. Seperti halnya energi surya, energi angin juga memiliki potensi yang besar sebagai sumber energi terbarukan yang dapat digunakan untuk menghasilkan listrik.

Pemanfaatan energi angin sebagai sumber energi dapat memberikan manfaat yang signifikan dalam mengurangi ketergantungan pada sumber energi fosil dan mengurangi emisi gas rumah kaca.

  1. Energi Air

Energi air adalah sumber energi yang diperoleh dari aliran air, seperti sungai atau air terjun. Penggunaan energi air dapat dilakukan melalui pembangkit listrik tenaga air (PLTA) atau turbin air.

Penggunaan sumber energi ini memiliki potensi yang besar dalam menyediakan energi bersih dan berkelanjutan, terutama karena sumber energinya tidak terbatas dan diambil langsung dalam alam yang terbarukan.

  1. Biomassa

Biomassa merupakan sumber energi yang berasal dari bahan organik, seperti limbah pertanian, limbah kayu, atau limbah makanan.

Potensi energi ini dapat dimanfaatkan dengan mengubah biomassa tersebut menjadi bioenergi, seperti biofuel atau biogas.

Pemanfaatan biomassa sebagai salah satu dari macam-macam sumber energi terbarukan adalah dapat membantu krisis energi dunia.

Baca juga: Berikan Dua Contoh Keuntungan Menggunakan Biogas, Teknologi Sederhana yang Bisa Dilakukan Semua Orang!

  1. Energi Panas Bumi

Energi panas bumi merupakan sumber energi yang berasal dari panas yang terdapat di dalam bumi. Dalam pemanfaatannya, energi panas bumi dapat digunakan melalui pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP).

PLTP mengubah panas yang ada di dalam bumi menjadi energi listrik dengan menggunakan teknologi yang memanfaatkan uap air dan uap panas yang dihasilkan oleh sumber panas bumi.

Pembangkit listrik tenaga panas bumi merupakan salah satu cara yang berkelanjutan dan ramah lingkungan untuk menghasilkan energi listrik tanpa mengandalkan sumber daya fosil.

  1. Energi Nuklir

Energi nuklir adalah hasil dari proses reaksi nuklir yang terjadi di dalam inti atom. Sumber energi ini dapat dimanfaatkan melalui penggunaan reaktor nuklir, yang bertujuan untuk mengontrol dan memanfaatkan reaksi nuklir secara terkendali.

Dengan memanfaatkan energi nuklir, potensi untuk menghasilkan listrik secara efisien dan bersih dapat tercapai, karena reaksi nuklir menghasilkan energi yang jauh lebih besar dibandingkan dengan sumber energi konvensional seperti bahan bakar fosil.

  1. Energi Geothermal

Energi geothermal adalah sumber energi yang diperoleh dari panas bumi. Ini melibatkan eksploitasi panas yang tersimpan di dalam bumi, yang dihasilkan oleh aktivitas geologi seperti aktivitas vulkanik, aliran panas bumi, atau reservoir air panas bawah tanah.

Energi geothermal biasanya diekstraksi melalui sumur geothermal yang mengebor ke dalam lapisan bumi yang kaya akan panas. Panas ini kemudian digunakan untuk menghasilkan listrik atau digunakan langsung untuk tujuan pemanasan atau pendinginan.

  1. Energi Ombak

Energi ombak adalah energi yang dihasilkan dari pergerakan gelombang laut atau perairan. Gelombang air mengandung energi kinetik yang dapat dikonversi menjadi bentuk energi lain, seperti energi listrik.

Energi gelombang merupakan sumber energi terbarukan yang memiliki potensi besar, terutama di daerah pesisir yang memiliki gelombang laut yang kuat dan konsisten.

Oleh karenanya, pengembangan energi gelombang dapat memberikan alternatif yang bersih dan berkelanjutan dalam memenuhi kebutuhan energi, serta mengurangi ketergantungan pada sumber energi tak terbarukan.

  1. Energi Pasang Surut

Energi pasang surut adalah energi yang dihasilkan dari pasang surut laut alami. Ini adalah bentuk energi terbarukan yang memanfaatkan energi kinetik air yang bergerak akibat gerakan pasang surut.

Salah satu dari macam-macam sumber energi ini adalah energi yang menjadi sumber penghasil listrik paling mudah diprediksi dan cukup konsisten karena mengacu pada kondisi pasang dan surutnya air laut.

Baca juga: Perubahan Energi yang Terjadi Pada Pembangkit Listrik Tenaga Air Adalah?

Berdasarkan penjelasan mengenai macam-macam sumber energi di atas, dapat diketahui bahwa sebagian besar sumber energi tersebut dapat dimanfaatkan menjadi penghasil energi listrik. Maka, sejatinya energi listrik bisa didapatkan dari sumber mana saja, selama bisa mengelolanya.

Originally posted 2023-06-30 15:33:12.