Apa Saja Manfaat Panas Bumi Untuk Kehidupan? Ini Jawabannya

Salah satu jenis energi yang hadir dengan banyak manfaat adalah panas bumi. Panas bumi atau geothermal adalah suatu sumber energi yang berasal dari dalam bumi. Umumnya energi panas bumi dimanfaatkan dalampembangkit listrik.

Namun tidak hanya itu saja, ternyata panas bumi memiliki banyak manfaat lain yang berguna bagi kelangsungan kehidupan. Simak penjelasan berikut mengenai beberapa manfaat panas bumi untuk kehidupan.

Manfaat Panas Bumi

Panas bumi dapat berasal dari beberapa sumber mulai dari air panas, uap batuan dan juga berasal dari dalam bumi. Setiap sumber tentunya memiliki manfaatnya tersendiri, selain dijadikan sebagai pembangkit listrik ternyata panas bumi juga bermanfaat dalam dunia industri.

Baca Juga : Material, dan Cara Kerja Panel Surya Serta Jenis-jenisnya

Berikut ini penjelasan lengkap mengenai beberapa manfaat panas bumi yang bisa menjadi tambahan pengetahuan, ternyata panas bumi tidak hanya dimanfaatkan menjadi pembangkit listrik saja, berikut ini manfaat lainnya dari panas bumi.

Pembangkit Listrik

Manfaat panas bumi pertama adalah sebagai pembangkit listrik. Dengan mengandalkan panas bumi maka listrik akan dihasilkan secara konstan dalam waktu 24 jam selama rentang waktu seminggu atau tujuh hari.

Pembangkit listrik yang menggunakan panas bumi sebagai sumber energi adalah Pembangkit Listrik Panas Bumi atau lebih dikenal dengan PLTP. PLTP umumnya merupakan jenis pembangkit listrik yang lebih sederhana daripada jenis lainnya.

Namun untuk cara kerjanya Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi atau PLTP memiliki kinerja yang sama seperti pada Pembangkit Listrik Tenaga Uap atau PLTU. Untuk dapat bekerja energi panas bumi yang berasal dari perut bumi akan dimanfaatkan sebagai sumber energi untuk bisa menggerakan generator.

Sama seperti jenis pembangkit listrik lainnya dengan bergeraknya generator maka listrik akan bisa dihasilkan melalui PLTP atau Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi.

Bermanfaat Untuk Rumah

Manfaat panas bumi kedua adalah diperlukan pada rumah. Perlunya panas bumi di rumah adalah digunakan untuk memanaskan suhu dalam ruangan bila suhu di ruangan terlalu dingin. Umumnya suhu ruangan yang dingin ini ada pada rumah-rumah yang terletak di daerah bermusim empat atau sub tropis.

Sistem pemanas dan juga pendingin yang mengandalkan panas bumi ini dikenal dengan istilah sistem HVAC. Cara kerja sistem HVAC ini adalah dengan mentransfer atau mendistribusikan panas dari rumah menuju ke tanah pada saat musim panas.

Sistem pemanas ruangan ini pada beberapa daerah memanfaatkan air panas sebagai sistem pemanas utama. Selain itu manfaat panas bumi dari sumber mata air panas juga dimanfaatkan pada ruma sebagai sumber mata air panas untuk kebutuhan mandi, minum memasak dan kebutuhan lain.

Pertanian dan Peternakan

Manfaat panas bumi selanjutnya adalah sebagai media pendukung pada sektor pertanian dan juga peternakan. Panas bumi dimanfaatkan dalam memanaskan rumah kaca pada sektor pertanian dan juga peternakan.

Dengan menggunakan panas bumi juga tumbuhan dapat tumbuh dengan mudah dan tidak akan terhalang oleh keadaan musim, mau itu musim panas atau musim dingin. Negara-negara Benua Biru salah satunya Italia telah menggunakan energi panas bumi untuk menanam sayur pada keadaan cuaca yang berbeda.

Selain pertanian, sektor peternakan juga merasakan manfaat panas bumi ini. Hal ini bisa diaplikasikan pada peternakan ikan dimana ikan tropis membutuhkan suhu air yang hangat untuk dapat hidup. Bila ikan jenis ini di budidaya di negara subtropis maka dibutuhkan sumber air panas agar bisa menghangatkan air untuk kelangsungan hidup ikan tropis tersebut.

Infrastruktur

Manfaat panas bumi juga berguna pada sektor infrastruktur. Keberadaan panas bumi ternyata sudah diaplikasikan sebagai penjaga track atau jalan seperada pada saat musim dingin di negara Kincir Angin Belanda.

Selain pada jalan sepeda, keberadaan panas bumi juga bagus diaplikasikan pada trotoar atau jalan raya dengan tujuan untuk tetap menjaga jalanan agar selalu mulus dan terhindar dari salju.

Industri

Sektor industri juga menggunakanan manfaat panas bumi dalam menjalankan bisnisnya. Salah satu pengaplikasiannya adalah dengan mengeringkan buah-buahan menggunakan sumber energi panas bumi.

Baca Juga : Kandungan Utama Biogas Adalah Gas Metana (CH4), Karbon Dioksida (CO2), Nitrogen (N2) dan Beberapa Unsur Kimia Lainnya

Selain itu dengan menggunakan panas bumi juga dapat membuat proses kerja olahan makanan dan lainnya di industri makanan menjadi lebih cepat.

Parawisata

Keberadaan air panas yang juga merupakan sumber energi dari panas bumi bisa dimanfaatkan sebagai salah satu daya tarik wisata. Ada banyak tempat wisata yang menggunakan manfaat panas bumi satu ini untuk menarik minat masyarakat datang dan menikmati sensasi berendam dalam air panas hasil panas bumi.

Selain baik bagi tubuh, dengan adanya kehadiran pengunjung yang berendam dalam air panas juga akan berdampak positif pada sektor ekonomi dan pariwisata tentunya.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai beberapa manfaat panas bumi. Ternyata keberadaan panas bumi memiliki banyak dampak positif mulai dari pembangkit listrik, berguna bagi rumah, industri, pariwisata, infrastruktur sehingga dapat berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Originally posted 2023-04-23 00:30:39.