Harapan Cerah Manfaat Pembangkit Listrik Tenaga Air di Indonesia

Indonesia adalah negara kepulauan yang dikepung oleh banyak sumber air. Tidak heran jika ada begitu banyak PLTA di Indonesia. Meskipun belum sepenuhnya manfaat pembangkit listrik tenaga air di Indonesia dirasakan oleh warga, namun harapan cerah menuju Indonesia dengan tahun-tahun bebas emisi karbon dan ramah lingkungan selalu ada.

Baru-baru ini Indonesia terpilih sebagai tuan rumah World Water Forum ke-10 untuk pergelaran di 2024 mendatang. Ini membuat Indonesia semakin memukau di kancah internasional. Pengolahan air tanpa adanya proyek pembangunan PLTA rasanya akan mustahil.

Indonesia yang memiliki sekian banyak PLTA sejak tahun 1912 ini rupanya sudah tahu bagaimana menghasilkan listrik bersih dari pemanfaatan PLTA. Tidak heran jika banyak investor dari luar negeri tidak ragu untuk membangun PLTA demi daya listrik besar untuk mendukung operasional suatu perusahaan.

Lalu, apa sajakah manfaat pembangkit listrik tenaga air di Indonesia bagi negara kita dan dunia?

Baca juga: Benarkah Ada Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir di Indonesia?

Irigasi Sawah Dari PLTA

Manfaat pembangkit listrik tenaga air di Indonesia yang paling utama adalah sebagai sarana untuk mengairi sawah. Pada zaman dahulu jauh sebelum ada irigasi dengan teknologi PLTA, para petani di Indonesia mengairi sawahnya dengan memanfaatkan air hujan.

Sawah tadah hujan ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa mendapatkan air yang cukup di saluran irigasinya sebelum akhirnya sawah bisa digarap. Bayangkan jika hujan tidak jua turun dan musim kemarau melanda, bahan makanan pokok kita pasti akan menurun drastis.

Sementara itu, ketika irigasi sawah sudah memanfaatkan aliran air dari PLTA, maka para petani bisa meraup keuntungan berlipat ganda karena dalam setahun mereka bisa panen sampai setidaknya tiga kali.

manfaat pembangkit listrik tenaga air

Anda tentu pernah mendengar tentang hebatnya manfaat pembangkit listrik tenaga air Waduk Gajah Mungkur, bukan? PLTA ini memfasilitasi waduk yang berada 3 kilometer di sebelah Selatan Kota Wonogiri, Jawa Tengah. Pemerintah memberlakukan transmigarsi bedol desa menuju Propinsi Lampung dalam pembangunan waduk ini.

Cakupan waduk ini juga sampai ke Sungai Bengawan Solo yang merupakan sungai terpanjang di Pulau Jawa. Sejak beroperasi pada tahun 1978, Waduk Gajah Mungkur sudah mengairi sawah seluas 23600 hektar di sejumlah wilayah seperti Sragen, Sukoharjo, Klaten dan Karanganyar. Sementara, produksi listrik dari PLTA ini mencapai 12,4 Megawatt.

Manfaat Pembangkit Listrik Tenaga Air Sebagai Destinasi Wisata

Indonesia telah lama merasakan manfaat pembangkit listrik tenaga air sebagai penggerak ekonomi dari dalam negeri. PLTA yang terletak di beberapa wilayah Indonesia tidak hanya berfungsi sebagai sarana irigasi pertanian dan pemenuhan kebutuhan pasokan listrik bersih saja. Seperti PLTA Garung yang berlokasi di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Telaga Menjer adalah bendungan yang tercipta dari letusan gunung berapi Pakuwaja dimana airnya mengalir di sepanjang jalan sejak tahun 80an dan berada di ketinggian 1300 meter dari permukaan laut. Sejak dulu bendungan ini bukan hanya berfungsi sebagai PLTA melainkan juga destinasi wisata alam yang menarik banyak turis baik di dalam maupun luar negeri.

Akses menuju PLTA Garung sangat mudah dan begitu asri karena dikelilingi oleh pepohonan dan perbukitan. Wisatawan dapat berkeliling di sekitar bendungan menggunakan perahu yang bisa disewa, menyaksikan ikan-ikan berenang di keramba, dan berfoto dengan latar belakang pemandangan bukit yang indah. Anda juga bisa menyantap jajanan yang dijual di warung-warung di sekitar bendungan.

manfaat pembangkit listrik tenaga air

Kontribusi PLTA Sebagai Pengendali Emisi Gas Rumah Kaca

PLTA demi PLTA terus dipercepat pembangunannya di beberapa wilayah baru di Indonesia. Pertemuan G20 yang berlangsung di Bali pada tahun 2022 menjadi gong awal dimulainya proyek strategis negera kita menuju Indonesia dengan NZE atau net zero emission pada tahun 2060.

Pemerintah pun banyak bekerja sama dengan perusahaan swasta yang bersedia menjadi investor untuk pelaksanaan pembangunan PLTA tersebut. Seperti yang baru-baru ini terjadi di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara dimana pembangunan PLTA Kayan Cascade dipercepat demi mewujudkan upaya mengendalikan emisi gas di negara kita.

Manfaat pembangkit listrik tenaga air sebagai pengendali emisi gas rumah kaca bahkan sudah dirasakan sejak dulu. Hanya saja aktivitas manusia yang semakin meningkat dan penggunaan bahan bakar dengan emisi karbon tinggi terus menerus memperparah lingkungan bahkan sesaat setelah emisi karbon diturunkan dengan penggunaan listrik bersih dari PLTA.

PLTA juga bekerja dengan menghasilkan energi ramah lingkungan dengan gas emisi yang lebih rendah dibandingkan pembangkit listrik lainnya yaitu hanya sekitar 18,5 gram karbondioksida yang setara dengan per kilowatt-jam listrik.

Wadah Penampung Cadangan Air

Musim kemarau yang terjadi di Indonesia sekitar bulan Juni menyebabkan curah hujan menurun sehingga beberapa wilayah dilanda kekeringan berkepanjangan. Sementara masyarakat tetap harus mengairi sawah, memberi pakan ternak, dan melakukan aktivitas lain yang membutuhkan air dalam volume besar. Manfaat pembangkit listrik tenaga air sangat penting dalam mengatasi kekeringan di musim kemarau ini.

Mempersiapkan Ketahanan Energi

Air merupakan sumber daya alam terbarukan yang jumlahnya sangat melimpah di Indonesia. Pemerintah telah lama menyiapkan manfaat pembangkit listrik tenaga air sebagai bentuk pertahanan energi. Jika sebelumnya negara kita sangat bergantung pada hasil bumi berupa fosil seperti batu bara, minyak bumi, dan gas sebagai ketahanan energi penggerak roda perekonomian, maka tahun-tahun belakangan ini kita justru mulai beralih ke pemanfaatan energi terbarukan seperti air dan matahari. Pemerintah juga banyak didukung oleh para investor yang mendorong percepatan pembangunan PLTA demi menghasilkan energi bersih dengan sedikti emisi karbon.

Baca juga: Berapa Harga Panel Surya 1000 Watt Untuk Investasi Jangka Panjang?

Penghematan Listrik Yang Signifikan

Listrik bersih yang berasal dari penggunaan manfaat pembangkit listrik tenaga air di Indonesia merupakan potensi besar yang layak untuk terus diperjuangkan. Jika sebelumnya kita mendapat pasokan listrik dari bahan bakar energi fosil, maka listrik bersih yang mengalir ke rumah-rumah maupun tempat umum saat ini sudah banyak yang berasal dari PLTA.

Semua kebutuhan rumah tangga hingga kebutuhan pada sektor industri dalam volume besar sangat membutuhkan energi listrik yang hemat dan ramah lingkungan seperti aliran listrik dari PLTA. Ketika beban pemakaian listrik turun cukup signifikan, maka kesejahteraan masyarakat pun dapat diraih. Tidak ada lagi kasus-kasus kelaparan dan kemiskinan akibat tingginya biaya hidup dengan listrik yang memadai.

Energi terbarukan seperti air adalah energi yang manusia butuhkan saat ini demi bisa bertahan hidup. Menggunakan manfaat pembangkit listrik tenaga air di seluruh wilayah Indonesia merupakan harapan besar bangsa kita yang akan segera terwujud menuju Indonesia dengan bebas karbon pada tahun 2050 ke atas.

Pengolahan air sebagai sumber energi listrik bersih, mudah, murah, dan ramah lingkungan menjadi concern pemerintah dan berbagai pihak terkait saat ini. Produk listrik dengan gas emisi kecil tidak akan merusak lingkungan, merusak kesehatan manusia, dan mencemari udara. Masyarakat Indonesia akan terus hidup dalam kemakmuran dan kedamaian selama teknologi pembangkit listrik terus dikelola dengan baik, jujur, dan menyeluruh. Demikian artikel tentang manfaat pembangkit listrik tenaga air di Indonesia, semoga bermanfaat dan mencerahkan.

Update informasi seputar renewable energy di sentir.id.

Originally posted 2023-02-27 02:25:04.