Pembangkit Listrik Tenaga Air Menggerakkan Turbin dengan Energi Apa?

PLTA atau Pembangkit Listrik Tenaga Air menggerakkan turbin dengan energi apa sih? Pertanyaan ini mungkin berada di benak banyak orang ketika memasuki topik tentang penghasil listrik tenaga air ini.

Artikel ini akan menjawab rasa penasaran banyak orang yang bertanya-tanya tentang hal ini. Sebelum masuk pada penjelasan atas pertanyaan tersebut, cobalah untuk simak terlebih dahulu tentang apa itu PLTA, komponen pentingnya, hingga pada skema cara kerja.

Penjabaran tersebut bertujuan agar pembaca lebih memahami secara lebih dalam terkait jawaban atas pertanyaan: Pembangkit Listrik Tenaga Air menggerakkan turbin dengan energi apa?

Sekilas Tentang Pembangkit Listrik Tenaga Air

Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) merupakan jenis pembangkit listrik yang menggunakan arus air sebagai sumber kelistrikan.

Air adalah sumber energi yang esensial dalam berbagai kehidupan, baik itu manusia, flora, maupun fauna. Jumlah air yang sangat berlimpah ini termasuk ke dalam sumber energi terbarukan alias akan terus berkelanjutan.

Komponen Pembangkit Listrik Tenaga Air

Pembangkit Listrik Tenaga Air mempunyai empat komponen penunjang, yaitu waduk (bendungan), saluran pelimpah, gedung sentral, unit transmisi yang bertugas mengalirkan energi listrik, dan lain sebagainya.

Komponen lainnya yang tidak kalah penting dari Pembangkit Listrik Tenaga Air adalah motor yang dihubungkan ke turbin. Berikut penjelasan lengkapnya!

Baca juga: Simak Cara Membuat Pembangkit Listrik Tenaga Air Sederhana Dari Barang Bekas Mudah dan Praktis

Waduk

Waduk ini berfungsi sebagai tempat penampungan yang memiliki kapasitas penyimpanan tertentu.

Bendungan

Sebuah bangunan yang posisinya melintangi sungai. Ia bertugas dalam menahan aliran air dan energi besar yang nantinya akan menggerakkan turbin.

Saluran Pelimpah

Disebut sebagai bangunan pengaman dengan kapasitas tertentu yang memiliki kemampuan untuk menyalurkan air yang dialirkan sungai ke bendungan saat sedang dalam kondisi penuh.

Pemasok Air

Pemasok air ini merupakan bangunan yang dipakai untuk keperluan mengambil air dari bendungan melalui pipa tekan dan menyalurkannya ke turbin agar bergerak.

Pipa Tekan

Pipa tekan yang dimaksud adalah sebuah pipa yang dipakai untuk menyalurkan air dari tangki (bagian atas) atau dari bangunan pemasok air. Sederhananya, alat ini bertugas mengantarkan air ke turbin.

Pipa ini harus rapat dan kedap air agar proses penyalurannya berjalan dengan lancar hingga sampai pada turbin penggerak.

Turbin

Komponen penting lainnya yang tidak boleh terlewatkan adalah turbin, yaitu sebuah alat yang terdiri dari runner (sudu), pipa tekan, rumah turbn, pipa lepas, katup utama, poros, alat pengaman, bantalan, dan distributor.

Generator

Alat yang digunakan untuk memproduksi energi listrik yang dihasilkan dari energi mekanis. Generator inilah yang akan terhubung dengan turbin.

Transformator dan Transmisi

Transformator adalah alat yang bisa memindahkan arus listrik AC (Alternating Current) atau arus bolak-balik dari satu instalasi ke instalasi lainnya.

Sementara transmisi adalah saluran kabel yang fungsinya dapat menyalurkan energi listrik atau distributor listrik dari pusat pembangkit menuju pusat beban lainnya.

Baca juga: Alat Pembangkit Listrik Tenaga Air, Penting untuk Tetap Efisien

Itulah penjelasan terkait komponen-komponen penting dalam Pembangkit Listrik Tenaga Air. Setelah mengetahuinya, maka akan semakin dekat dengan jawaban atas pertanyaan Pembangkit Listrik Tenaga Air menggerakkan turbin dengan energi apa?

Cara Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Air

Agar penjelasan jadi lebih terstruktur, ada informasi lebih lanjut yang perlu diketahui, yaitu skema atau cara kerja dari pembangkit itu sendiri.

Mengetahui cara kerja Pembangkit Listrik Tenaga Air akan secara otomatis dapat menjawab pertanyaan: Pembangkit Listrik Tenaga Air menggerakkan turbin dengan energi apa?

Pada dasarnya, Pembangkit Listrik Tenaga Air menggerakkan turbin dengan energi potensial dan energi kinetik dari air sehingga mampu menghasilkan energi listrik.

Penasaran bagaimana Pembangkit Listrik Tenaga Air menggerakkan turbin dengan energi potensial dan energi kinetik dari air? Jawabannya cukup sederhana.

Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) memiliki cara kerja yang unik, ia mampi mengubah energi potensial dari air menjadi listrik mekanik, yang mana energi tersebut dapat menghasilkan listrik dengan alat bernama generator.

Air adalah sumber energi dari alam yang menyimpan energi potensial dan energi kinetik. Energi potensial dan kinetik ini ada dalam air yang mengalir atau biasa disebut sebagai arus air.

Arus air tersebut kemudian akan menggerakkan turbin dan membuatnya berputar. Perputaran turbin inilah yang menjadikan energi potensial dan kinetik dari air berubah menjadi energi mekanik atau energi putar.

Turbin yang sudah mendapat perputaran maksimal akan dihubungkan ke generator untuk menghasilkan energi listrik.

Arus listrik yang dihasilkan oleh generator adalah berupa arus bolak-balik sehingga bisa lansung dialirkan ke instalasi listrik lainnya atau digunakan oleh konsumen.

Dengan kata lain, Pembangkit Listrik Tenaga Air menggerakkan turbin dengan energi potensial dan kinetik dari air mengalir. Misalnya, dari aliran sungai.

Baca juga: Pembangkit Listrik Tenaga Air Cirata, Sejarah dan Fakta Menarik PLTA Terbesar di Asia Tenggara

Sekian penjelasan lengkap yang sekaligus menjawab pertanyaan seputar Pembangkit Listrik Tenaga Air menggerakkan turbin dengan energi apa dan akhirnya diketahui energi yang menggerakkannya adalah energi potesial dan energi kinetik.

Originally posted 2023-04-18 14:55:06.