Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa

Sumber energi alternatif dapat anda temukan dalam pembangkit listrik tenaga biomassa atau disingkat dengan PLTBm. Energi biomassa sendiri merupakan energi yang berasal dari bahan organik seperti limbah perkebunan, limbah ternak, maupun sampah kota.

Pembangunan pembangkit listrik tenaga biomassa di Indonesia memiliki potensi yang besar. Alasannya adalah karena Indonesia dengan jumlah penduduk sekitar 271 juta lebih memiliki sumber organik yang melimpah baik dari sumber tumbuhan, sampah, dan hewan. Semua limbah organik tersebut jika dikumpulkan dan dimanfaatkan dengan baik dapat menghasilkan energi listrik, biogas, serta pupuk kompos bagi tanaman.

Oleh sebab itu, mengenal lebih dalam tentang pembangkit listrik tenaga biomassa dapat membuat anda mampu memanfaatkan limbah organik dengan baik. Guna mencapai manfaat  tersebut, maka perlu mendalami ilmu tentang energi listrik dan energi biomassa dengan benar. 

AVvXsEgNHi6WkIBt8qEy eAaAexMGaQffTFkk a2BoaRqvFnh0lydRxaDerqnZgtVB2khn6SiUnjAyYBmwUulu2QWG1Au1E7JrfTwYHnJujTGs8RWK o6rU23etIgNgPWZa6BnYPKOGeog35N6sP2bdPg6ggop3IshXI8bWer66AmR8I260G6AWoWAqH9MuH=w640 h366

Apa itu PLTBm?

PLTBm adalah singkatan dari pembangkit listrik tenaga biomassa yang memanfaatkan sumber organik untuk menghasilkan listrik. Energi biomassa merupakan salah satu energi alternatif yang tidak pernah habis. 

Alasannya karena semakin tinggi jumlah penduduk suatu negara maka kebutuhan sumber organik juga semakin meningkat. Seperti contoh Indonesia memiliki jumlah penduduk yang cukup besar, sehingga membuat sampah yang dihasilkan juga sangat tinggi. Hal ini membutuhkan solusi untuk pemanfaatan limbah organik. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan pembangkit listrik tenaga biomassa untuk menghasilkan energi listrik.

Program  Pemerintah Indonesia dalam pemanfaatan energi biogas merupakan tugas dari kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Selanjutnya unit Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) merupakan sebagai pelaksana program energi listrik tersebut.

Bagaimana cara kerja PLTBm 

Pembangkit listrik tenaga biomassa melakukan pemilihan terhadap bahan organik yang telah terkumpulkan. Bahan organik tersebut dapat berupa sampah kota, limbah peternakan, maupun limbah perkebunan. 

AVvXsEgzto jp0QvF3VpzQFsqo YxJ4Z7T2RaH6go7Yd 4humnW4JnMr3PyWArivEFJOLnuitEMHExYKxRHyMvTbB4isaah22j 3LzcGRHTuECgKisnwpAhK XRR4RLPGAyPbD3NG5eEeJlIHlJbpp yFDgTeLW3bt53OA3moI5bGLBxhe2YpDG5eRQuLgoC=w640 h366

Cara Kerja PLTBm dengan Proses Pembakaran

Adapun sistem pemilihan sampah yaitu dengan teknik GALFAD (Gassification Landfill Anaerobic Digestion). Teknik GALFAD adalah sebuah sistem dalam pembuangan limbah yang terpadu dan terintegrasi demi memperoleh sumber energi dari sampah kota yang tidak tersortir. Sistem GALFAD memiliki beberapa tahapan yang harus dilalui yaitu sebagai berikut:

  1. Pemilihan sampah antara yang kering dan basah.
  2. Sampah yang terpilih sesuai jenisnya, maka harus melewati proses pencacahan, serta pada sampah basah harus melewati proses pengeringan terlebih dahulu.
  3. Selanjutnya sampai yang sudah kering akan masuk dalam proses pembakaran menggunakan tangki reaktor gasifier.

Hasil pembakaran sampah atau limbah perkebunan akan menghasilkan gas yang mengandung Hidrogen (H), Karbon Monoksida (CO), Metana(CH4), dan Karbon Dioksida(CO2). Kemudian memasuki proses oksidasi supaya memperoleh CO dan energi panas menggunakan suhu 12000 C sampai 14000 C. d

Pembakaran sampah organik kering tersebut akan mambuat air dalam broiler menguap. Proses penguapan yang terjadi akan mengalir dan menggerakkan turbin yang tersambung dengan generator. Kemudian energi gerak dari turbin akan terkonversi menjadi energi listrik pada mesin generator. 

Adapun limbah gas yang tidak dibutuhkan, akan melewati proses penguraian dengan cara treatment gas, supaya terurai menjadi gas aman bagi lingkungan. Sedangkan abu limbah hasil pembakaran dapat menjadi salah satu pilihan kompos organik untuk tanaman dalam perkebunan.

Cara Kerja PLTBm dengan Proses Fermentasi

Pada limbah yang tidak dapat menggunakan proses pembakaran, maka dapat menggunakan proses fermentasi. Terutama pada limbah kotoran peternakan sapi, kambing, serta ayam. 

Cara kerja pembangkit listrik tenaga biomassa dengan cara fermentasi ialah menggunakan tabung atau ruang kedap udara yang besar. Kemudian ruang tersebut berisikan jenis limbah organik dari peternakan. Selanjutnya proses fermentasi akan berlangsung. 

Hasil fermentasi pembangkit listrik tenaga biomassa akan menghasilkan biogas serta ampas kotoran. Biogas sendiri bermanfaat bagi PLTBm dalam mengerakan generator, yang kemudian menghasilkan energi listrik. Sedangkan ampas kotoran dapat bermanfaat menjadi pupuk kompos tinggi nutrisi bagi perkebunan maupun pertanian. 

Berapa banyak PLTBm yang sudah terinstall di Indonesia?

Indonesia sendiri sudah banyak terpasang pembangkit listrik tenaga biomassa (PLTBm). Pengembangan tersebut bertujuan supaya limbah-limbah organik dapat bermanfaat yang besar bagi masayarakat, salah satunya menjadikan energi listrik. Adapun PLTBm yang sudah terinstall di Indonesia ialah sebagai berikut:

  • Pulau Kalimantan tepatnya Siantan memiliki PLTBm yang menghasilkan energi listrik sebesar 15 MW.
  • Wilayah Papua tepatnya pada Merauke terdapat PLTBm dengan kapasitan energi listrik yang ada sebesar 3,5 MW.
  • Gorontalo memiliki PLTBm Pulubala dengan kapasitas energi listrik yang bervariasi sekitar 500 Kilo Watt (kW) sampai 1 MW.
  • Provinsi Sumatera Barat tepatnya pada Kepulauan Mentawai memiliki 3 titik lokasi PLTBm Siberut dengan jumlah total kapasitas energi listriknya ialah sekitar 700 kW.

Selain itu masih banyak lagi pembangkit listrik tenaga biomassa yang tersebar di wilayah Indonesia. Beberapa PLTBm tersebut dapat mengaliri energi listrik pada masyarakat, yang mana sebelumnya wilayah tersebut belum mendapatkan sumber energi. Dengan adanya sumber energi listrik alternatif ini dapat membantu msyarakat dalam mengakses elektronik serta membantu kebutuhan industri.

Berapa MW potensi PLTBm yang bisa Indonesia punya

Potensi pembangkit listrik tenaga biomassa sangat besar di Indonesia. Hal tersebut mengacu pada jumlah sumber energi biomassa yang sangat melimpah seperti kelapa sawit, kelapa, karet, tebu, jagung, limbah padi, jagung, kayu, sampah kota, serta limbah ternak. Jika pemerintah Indonesia memanfaatkan dengan benar, maka target energi sumber alternatif 23% pada tahun 2025 dapat terwujudkan.

Adapun jumlah potensi energi listrik Indonesia menggunakan energi biomassa di tafsirkan mencapai 31.654 megawatt (MW).  Berdasarkan dari laman EBTEK EDMS pada tahun 2020 kapasitas energi yang terpasang pada pembangkit listrik tenaga biomass sebesar 1.889,8 MW.

Keuntungan PLTBm apa saja

Terdapat banyak jenis sumber energi potensial untuk menghasilkan energi listrik seperti tenaga surya, angin, gelombang laut, biomassa, panas bumi, air, serta gas. Namun pembangkit tenaga listrik tenaga biomassa sangat menguntungkan dalam hal pengurangan limbah organik dengan cara yang bijak. Berikut ini beberapa manfaat atau keuntungan PLTBm ialah:

  • Salah satu cara pengurangan limbah secara baik;
  • Mengurangi dampak buruk bagi lingkungan akibat efek rumah kaca;
  • Sumber energi yang tidak pernah habis dan selalu tersedia;
  • Dapat mengurangi kebutuhan energi fosil.

Selain yang tersebutkan masih banyak keuntungan pembangkit listrik tenaga biomassa bagi masayrakat maupun pemerintah. PLTBm sudah mulai berkembang di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Dengan target energi alternatif pada tahun 2025, diyakini PLTBm mampu memberikan kontribusi yang besar dalam hal energi listrik.

Harga jual per kwh

Berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) tentang harga jual energi alternatif, terutama energi listrik dari biomassa saat ini ialah sekitar $8,94 sen USD per kWh sampai $10,63 sen USD per kWh. Harga tersebut sudah turun dari pada harga tahun sebelumnya yang mencapai $13,04 sen USD per kWh.

Adanya harga energi listrik yang turun, pemerintah mengharapkan biaya tagihan masyarakat terhadap penggunaan listrik jadi berkurang. Selain itu harapan lainnya ialah memajukan kelompok industri UMKM, dengan meringankan beban tagihan modal listrik.

Inovasi terbaru di bidang PLTBm

Pulau Kalimantan dan Sumatera memiliki jumlah lahan sawit yang sangat luas di Indonesia. Kelapa sawit sendiri memiliki banyak limbah dalam menghasilkan minyak Crude Palm Oil (CPO). Adapun limbah tersebut seperti daun pelepah sawit serta tandan sawit. Limbah tersebut dapat menjadi sumber energi biomassa menjadi energi listrik.

Selain perkebunan sawit, Indonesia juga masih memiliki beragam perkebunan dalam jumlah yang sangat luas. Sehingga bagi setiap penanggung jawab terhadap lahan dan limbah tersebut, diharapkan dapat mengolahnya menjadi sumber energi alternatif.

Indonesia memiliki potensi yang besar terhadap pembangkit listrik tenaga biomassa karena jumlah penduduk yang tersedia sangat banyak. Sehingga, menghasilkan banyak sampah. Selain itu sumber limbah organik dari tumbuhan maupun hewan juga sangat tinggi. Oleh karena itu, sudah pantas Indonesia melakukan pengembangan terhadapa energi alternatif biomassa. 

Originally posted 2022-01-03 09:07:00.