Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN)

AVvXsEgpHrQPVYxkwBrDZEMVt46tbYUJVJolF4AggBQH5Q L5l 5vTzduMyPm4fnmrBm3R9hr3zJPGtCKz34WyxPlPuUvWglskdXnCiMwtWgRKosX dz3FRukTLlscc8fmXQG6HWG3i9y3VoF JeNXsCQdQqrVzrPny52yD2S9XaCAhp1RxXybgfbQZIk4w7=w626 h352

Pembangkit listrik tenaga nuklir adalah pembangkit listrik yang bersumber dari pemanfaatan satu atau lebih reaktor nuklir untuk memanaskan air dan menghasilkan uap yang digunakan untuk menggerakan turbin. Pembangkit tenaga nuklir sangat bersih dan efisien untuk menghasilkan listrik.

Cara Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir

Cara kerja pembangkit listrik dengan tenaga nuklir (PLTN) mirip dengan pemangkit listrik tenaga uap (PLTU), keduanya memanaskan air yang menghasilkan uap dengan tekanan tinggi untuk memutar turbin, gerakkan turbin ini kemudian diubah menjadi tenaga listrik. Perbedaan mendasar keduanya terletak pada sumber panas untuk menguapkan air, jika PLTU menggunakan minyak bumi atau batu bara dalam memanaskan air, PLTN menggunakan uranium untuk melakukannya. Melalui metode fisi (pembelahan), uranium diproses guna menghasilkan panas untuk menguapkan air.

Sebutir uranium, kira kira besarnya seperti sebutir pelet pakan ikan lele, mampu menghasilkan energi yang sama dengan 1 ton batu bara, atau 3 barrel minyak bumi, atau 17.000 ft3 gas alam. Setiap butir uranium mampu menghasilkan panas hingga 5 tahun. Dan karena jumlahnya yang sangat melimpah di dunia, maka uranium dapat digunakan untuk menghasilkan listrik untuk generasi mendatang.

AVvXsEgHo3kUHizJAPL QmMaZWTrzqkho9EIkyo5RSPr9lln1VZCH0YCjc3ei vOnPI2 GJKvlYdegzLY0blXDtWO138IT7wVLrA7 MY ghgznlFPXCjqYIKIworpt1 fbeehlzjJ0DYeQnJoBykBCSrKA5irse1cVUMdcS6R37XLOrsYdoPDiDEiLZmJ4Np=w558 h314

Daya Listrik yang dihasilkan tenaga nuklir

Daya yang dihasilkan dari tenaga nuklir cukup besar, sebuah PLTN mampu menghasilkan listri hingga 1200 MWe. Di negara negara maju seperti Amerika, Jepang dan China PLTN sudah banyak dibangun. Bahkan di Amerika sendiri, 20% tenaga listrik dihasilkan dari PLTN. Tak hanya negara negara maju, negara berkembang seperti Brazil, India, Pakistan juga menggunakan PLTN sebagai salah satu sumber listrik mereka. Hingga tahun 2021, terdapat kurang lebih 440 PLTN yang telah dibangun di seluruh dunia dengan total kapasitas 390 GWe. Pada tahun 2020 PLTN ini menghasilkan listrik hingga 2553 TWh, atau setara dengan 10% dari total tenaga listrik di dunia.

Keuntungan Pembangkit listrik tenaga nuklir

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir memiliki banyak keuntungan, salah satunya adalah energi bersih yang ramah lingkungan. PLTN tidak membakar bahan material yang menghasilkan polusi apapun. Selain itu, karena tidak ada polusi udara yang dihasilkan maka efek rumah kaca tidak terjadi, sehingga udara bisa tetap bersih dan dapat membantu mencegah perubahan iklim (climate change).

Dalam masalah efisiesi dan ketahanan, tidak ada pembangkit listrik lainnya yang mampu menandingi PLTN. Tenaga nuklir mampu menghasilkan listrik dalam skala besar secara terus menerus setiap saat. Untuk itu pemanfaatan tenaga nuklir sangat diminati oleh banyak negara.

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir di Indonesia

Meskipun memiliki banyak keuntungan, sayangnya, penggunaan tenaga nuklir sebgai pembangkit listrik menjadi opsi terakhir pemerintah. Hal ini dikarenakan beberapa kondisi, salah satunya adalah letak geografis Indonesia yang berada di wilayah ring of fire, yang tentu saja menjadi resiko besar untuk pemanfaatan tenaga nuklir. Selain itu Indonesia juga berada di pecahan lempeng bumi yang menyebabkan seringnya terjadi gempa bumi, hal ini tentu saja membuat mahalnya teknologi pembuatan PLTN yang tahan terhadap gempa dan menambah besarnya resiko kerusakan reaktor nuklir akibat gempa. Alasan terakhir adalah masalah bahan baku, saat ini bahan baku olahan uranium saat ini belum ada di Indonesia, sehingga Indonesia harus mengimpor teknologi dan bahan baku tersebut dari negara lain. Berbagai kondisi diatas menyebabkan pemerinah Indonesia harus mencari alternatif lain untuk mengembangkan pembangkit listrik yang memiliki resiko lebih kecil dan biaya yang lebih efisien.

Tentu saja masih sangat banyak alternatif energi yang bisa dimanfaatkan oleh Indonesia untuk menambah kapasitas listrik yang bisa dihasilkan, dengan didukung oleh kualitas sumber daya yang semakin baik dan teknologi yang semakin maju Indonesia diharapkan mampu untuk memenuhi kebutuhan energi listrik untuk masyarakatnya.

Originally posted 2022-01-13 13:15:00.