Siapakah Penemu Mobil Listrik? Mari Kita Ketahui Bersama Pembahasan Berikut

Penemu mobil listrik siapa ya? Saat ini dunia otomotif mengalami perkembangan dan kemajuan yang cukup pesat mulai dari tahun hingga datang pada tahun yang baru. Beberapa pembaharuan terbesar bisa kita lihat dari segi kendaraan roda empat atau biasanya disebut dengan mobil.

Aksesori, sistem mobil hingga pada mesin dan fitur-fitur mobil yang ada sudah di upgrade hingga menjadi nuansa yang lebih modern. Yang pastinya ini juga tidak terlepas dari perkembangan teknologi yang pesat hingga dapat mendukung pembaharuan pada dunia otomotif, khususnya mobil.

Berbicara mengenai mobil yang modern, tentunya ada tidak asing dengan topik populer di Indonesia, yakni mobil listrik atau seringkali dikenal dengan bahasa EV (Electric Vehicle). Bukan hanya di Indonesia yang dimunculkan mobil listrik, tapi hampir semua negara di dunia juga sudah mengembangkan mobil listrik.

Siapakah yang Mempopulerkan Mobil Listrik?

Akhir-akhir ini, pemerintah RI sedang gencar dalam mempercepatkan realisasi pemakaian mobil listrik yang berbasis dengan mesin dalam negeri. Bahkan Menteri Perhubungan juga mengatakan akan menciptakan kerjasama dengan University of Nottingham dalam melakukan pembangunan yang berkelanjutan.

Baca juga: Mengapa Biogas Ramah Lingkungan Dan Baik Digunakan Sebagai Solusi Energi Alternatif?

Kerjasama tersebut akan memperjelaskan tentang low-carbon transportation yang berasal dalam perkembangan kendaraan bertenaga listrik. Namun, banyak orang yang mengira kalau penemu mobil listrik adalah Elon Musk.

Hal ini sudah dipastikan kalau itu salah. Mungkin kalau ada yang bilang yang mempopulerkan mobil listrik itu Elon Musk, bisa dibilang benar. Mobil listrik sudah ada pada beberapa abad sebelumnya, dan kembali lagi dipopulerkan oleh Elon Musk.

Beliau mempunyai pabrik tesla yang sudah mencapai beberapa kali dalam mengobral produk yang dijualkannya. Hanya saja anda harus tahu dan harus digaris bawahi kalau penemu mobil listrik bukanlah Elon Musk, Beliau hanya sebagai penyedia produk mobil tesla atau mobil listrik.

Penemu Mobil Listrik?

Kemunculan mobil listrik ini tepat pada abad yang ke 18. Di abad tersebut ada banyak para ilmuwan yang berasal dari beberapa negara yang sedang berfokus dalam menciptakan konsep kendaraan dengan tenaga baterai sehingga dapat membuat mobil listrik dengan skala yang kecil.

Pada tahun 1830-an, munculah pria yang bernama Robert Anderson dari Inggris. Dimana Beliau mengembangkan kendaraan roda tiga dengan memanfaatkan baterai listrik. Temuan yang seperti ini dicatat sebagai mobil yang bertenaga listrik pertama kali dimunculkan.

Seiring berkembangnya zaman, pada akhir abad yang ke 18 tersebut, maka terciptalah mobil listrik yang dapat menampung kurang lebih 6 orang di dalamnya dengan kecepatannya yang bisa mencapai 22 km per jam. Dan mobil bertenaga listrik yang seperti ini dibuat langsung oleh sosok pria yang bernama William Morrison.

Baca juga: Kenali Beberapa Contoh Energi Panas Bumi yang Sering Dimanfaatkan Berikut Ini

Mobil listrik kemudian muncul di kota New York, transportasi umum berupa taksi dan tercatat kurang lebih 60 armada. Di tahun yang ke 1898, seorang pria bernama Ferdinand Porsche membuat mobil hybrid dengan memanfaatkan tenaga listrik dengan bensin sebagai energi utamanya.

Dan memasuki pada abad yang ke 19, dimana tercatat kalau mobil listrik kembali lagi berjaya meskipun ada banyak orang yang menggunakan kereta berkuda pada saat itu.

Kejatuhan & Kebangkitan Mobil Bertenaga Listrik

Penemu mobil listrik adalah Thomas Alva Edison yang dikenal dengan penemu terkenal dalam menyatakan mobil listrik merupakan mobil masa depan. Bahkan Ia menciptakan baterai yang daya tahannya dapat digunakan untuk mobil bertenaga listrik komersial.

Perlu diketahui kalau Thomas bekerjasama dengan Henry Ford dalam mengembangkan mobil yang bertenaga listrik dengan harganya yang relatif murah pada tahun 1914. Dan pada tahun itulah mobil listrik menduduki kejayaannya.

Tapi, kejayaan dari mobil listrik ini tidak bertahan dengan lama, mobil yang sumber daya utamanya bensin diciptakan oleh Henry Ford semakin dilirik dengan harga yang setengah dengan mobil listrik. Dimana faktor ekonomi warga hanya mampu menjangkau mobil yang memanfaatkan bensin sebagai bahan bakarnya.

Alhasil mobil listrik mulai dikesampingkan dan tidak dilirik oleh masyarakat luas. Membutuhkan waktu yang sangat lama untuk memajukan mobil listrik ini sehingga dapat dilirik oleh warga masyarakat yang ada.

Hal yang seperti inilah kemunculan dari produsen mobil dalam mengembangkan kendaraan bertenaga listrik dengan desainnya yang menarik dan menawan. Hingga pada saat ini mobil yang bertenaga listrik semakin berkembang dengan konsep mobil SUV dan sedan.

Bagaimana Mobil Listrik di Indonesia?

Sudah tahu kan siapa penemu mobil listrik? Selanjutnya kita juga harus mencari tahu tentang perkembangan mobil listrik yang ada di Indonesia. Mengingat mobil listrik semakin banyak diminati oleh berbagai macam negara di seluruh dunia.

Baca juga: Apa Saja Manfaat Energi Gelombang Laut yang Sering Kita Manfaatkan?

Sejarah mobil bertenaga listrik yang ada di Indonesia, dimulai dari tahun 2012 silam. Ada banyak masalah yang sering dihadapi oleh para pengembangan mobil listrik di Indonesia. Hingga sampai presiden RI, Bapak Jokowi, yang mana pengembangannya kembali di dorong lagi.

Seiring perkembangannya jaman, di saat ini ada sebagian besar mobil listrik yang tersedia di Indonesia. Dan menurut sumber yang ditemukan, mobil listrik sudah tersedia di beberapa kota besar Indonesia, misalnya Jakarta, Surabaya, Bandung, Manado dan beberapa kota besar lainnya.

Itulah penjelasan mengenai penemu mobil listrik yang sesungguhnya. Semoga pembahasan diatas dapat menambah wawasan anda sehingga semakin luas. Sampai jumpa kembali di next pembahasan, terimakasih…

Originally posted 2023-04-25 05:33:43.