Seperti Apa Potensi Geothermal Di Indonesia? Berikut Pembahasannya

Bagaimana potensi geothermal di Indonesia? Pemerintah Indonesia mempunyai rencana dalam bauran energi terbarukan berada di kisaran 23% pada tahun 2025, dan kemudian akan naik lagi sebesar 31% di tahun 2050. Tapi sebaliknya, dalam bauran energi minyak bumi di tahun 2050 akan diturunkan separuh 40% mulai saat ini.

Dalam perencanaan transisi pemakaian energi tersebut, tak ada yang menyadari kalau potensi geothermal di Indonesia sangatlah besar, bahkan menjadi terbesar di seluruh dunia. Hingga pada saat ini juga, pemakaian dari potensi tersebut masih dalam kondisi yang belum maksimal.

Negara Indonesia yang mempunyai posisi dalam tumbukan lempeng dari tektonik serta garis khatulistiwa, tentunya ini membuat Tanah Air mendapatkan cadangan energi terbesar. Indonesia mempunyai cadangan energi bersifat fosil yang berupa gas, batu bara, minyak serta air, angin hingga matahari.

Pemakaian dari energi tersebut merusak lingkungan serta cadangannya akan menjadi lebih tipis. Oleh sebab itu, ketergantungan pada energi fosil tersebut harus dikurangi. Yang mana harus diganti dengan adanya energi terbarukan hingga mendapatkan cadangan melimpah.

Potensi Geothermal di Indonesia Kebanyakan pada Agroindustri

Potensi geothermal di Indonesia bisa dibilang cukup banyak, tetapi seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa pemanfaatannya yang belum maksimal. Pemanfaatannya hanya sebagian dilakukan dalam agroindustri, pariwisata dan proses industri.

Dalam beberapa contohnya bisa berupa pengeringan kopra, teh, pembudidayaan jamur, kentang, pemandian air panas, pembuatan gula aren dalam bentuk produk hingga penghilangan minyak dari akar wangi. Meskipun begitu, dalam pemakaian geothermal, yang mana emisinya akan lebih rendah.

Baca juga: Apa Saja Manfaat Energi Gelombang Laut Yang Sering Kita Manfaatkan?

Kenapa demikian? Karena hal tersebut adanya energi yang dipakai dalam pembangkitan listrik ataupun pemanfaatan yang secara langsung. Untuk sistem pembangkitan geothermal, fluida dalam pendinginan di reinjeksi pada bagian bawah dari permukaan bumi, lalu ke reservoir hingga tak ada pembuangan fluida.

Seperti yang sudah diketahui kalau pembuangan fluida tersebut dapat mencemarkan lingkungan yang ada. Jadi, tak heran kalau fluida ini harus benar-benar dibuang. Dengan begitu, terjadi siklus dari pemanasan serta pemanfaatan hingga reinjeksi terhadap fluida yang berada di reservoir.

Indonesia yang Sebagai Ring of Fire!

Seperti yang sudah diketahui bersama kalau geothermal berasal langsung dari bumi hingga tidak dapat keluar dari manapun itu. Sebagian besar dari energi yang seperti ini biasanya keluar dari zona subduksi, yakni pertemuan dari lempeng benua serta lempeng samudra.

Wilayah dari Indonesia ini berada tepat di “Cincin Api” atau biasanya disebut dengan ring of fire. Ini adalah wilayah yang berada di permukaan bumi dan membentuk seperti tapal kuda ketimbang cincin.

Bentuknya berasal dari adanya sirkum pasifik, yakni jalur zona konvergen dari subduksi dan alhasil bertemu berbagai lempeng tektonik.

Dan menurut National Geographic, kurang lebih sekitar 400 gunung berapi, atau 75% gunung api yang berada di permukaan bumi dan terletak di daerah cincin api tersebut. Perlu diketahui kalau gunung api memberikan tanda tentang wilayah dengan energi geothermalnya yang tinggi.

Tahukah anda kalau sekitaran 120 lebih gunung berapi berada di negara kita, yaitu Indonesia. Tentu saja ini membuat Tanah Air mempunyai potensi geothermal yang besar. Di tahun 2021 juga, Indonesia berada di posisi nomor 2 sebagai pemilik potensi geothermal yang terbesar di dunia.

Baca juga: Kenali Beberapa Contoh Energi Panas Bumi Yang Sering Dimanfaatkan Berikut Ini

Terdengarnya cukup mengejutkan, tapi bagaimana tidak di Indonesia mempunyai kurang lebih 2.275 mega watt hingga 140 mega watt listrik dengan pemanfaatannya berasal dari energi geothermal. Hal ini juga karena adanya beberapa pembangkit listrik geothermal, seperti di Rantau Dedap, Sorik Marapi dan Kamojang.

Sebagai pembangkit tenaga listrik yang berasal dari geothermal dan mendapatkan posisi nomor 2 di tahun 2021. Ternyata Indonesia masih belum memberikan semua keseluruhan dari potensinya. Yang mana potensi geothermal di Indonesia masih sangat besar, mengingat wilayahnya berada dalam area sirkum pasifik.

Potensi Geothermal di Indonesia mencapai 20.000 Megawatt Lebih

Indonesia mempunyai cadangan yang cukup besar dan meliputi energi non fosil dan fosil. Karena pemakaiannya yang bersifat fosil itu terbatas, maka pemakaiannya harus dikurangi terhadap energi non fosil yang berupa energi geothermal tersebut.

Energi geothermal yang ada di Indonesia ini terpakai pada tahun 2020 sekitaran 2000 megawatt, atau bisa juga dibilang pemakaiannya baru sekitaran 5% saja. Padahal yang sebenarnya, potensi geothermal Indonesia berada dalam 23000 mega watt, atau lebih dari itu.

Apabila potensi yang ada dimanfaatkan dalam pembangkit listrik, mungkin kapasitas listrik yang ada di Indonesia ini akan bertambah, dimana ini juga dapat dijadikan sebagai solusi terbaik dalam permasalahan yang mungkin mulai krisis listrik.

Lantas, bagaimana dengan Potensi Geothermal di Indonesia?

Jadi, seperti apa potensi geothermal di Indonesia? Di negara kita ini, pengembangannya dalam pembangkitan listrik dengan memanfaatkan Monoblok 250kW dalam Lapangan Kamojang, Garut. Tapi, dalam lapangan panas bumi yang pertama, beroperasi dengan cara komersial sudah dimulai dari 1983.

Baca juga: Mengapa Biogas Ramah Lingkungan Dan Baik Digunakan Sebagai Solusi Energi Alternatif?

Dalam pengurangan resiko perusahaan terkait eksplorasi, dimana pemerintah akan menggulirkan strategi yang berupa pengeboran pemerintah. Program yang seperti ini membuat wilayah yang telah dibor atau menemukan uap menjadi WKP (Wilayah Kerja Panas Bumi).

Apabila rencana bauran dalam energi terbarukan berhasil, tentu saja terjadinya krisis listrik akan berkurang. Hal tersebut karena adanya sumber terbarukan yang cukup banyak.

Dengan demikian pembahasan kita yang mengenai dengan potensi geothermal di Indonesia. Semoga dengan adanya pembahasan diatas, anda bisa mendapatkan manfaatnya. Terimakasih dan sampai bertemu di pembahasan berikutnya.

Originally posted 2023-04-25 05:31:18.