Sebutkan Contoh Penerapan Pembangkitan Listrik Tenaga Surya!

Pembangkit Listrik Tenaga Surya berskala besar tentunya sudah tidak asing lagi, namun kali ini akan dibahas dan sebutkan contoh penerapan pembangkitan listrik tenaga surya lainnya. Simak selengkapnya dalam ulasan berikut ini!

Sebutkan Contoh Penerapan Pembangkitan Listrik Tenaga Surya

Artikel ini bertujuan untuk sebutkan contoh penerapan pembangkitan listrik tenaga surya, di mana penggunaannya sudah diterapkan ke dalam berbagai sektor kehidupan manusia. Contohnya adalah sebagai berikut:

  1. Oven Tenaga Surya

Oven tenaga surya merupakan peralatan memasak yang menggunakan sinar matahari untuk menghasilkan panas yang diperlukan dalam proses memasak. Oven ini menggunakan cermin atau reflektor untuk mengumpulkan sinar matahari dan mengarahkannya ke dalam oven.

Di dalam oven, panas matahari yang terkonsentrasi digunakan untuk memanaskan makanan yang ditempatkan dalam wadah yang sesuai.

Namun, perlu diingat bahwa efisiensi oven tenaga surya dapat dipengaruhi oleh kondisi cuaca dan intensitas sinar matahari, yang mungkin mempengaruhi waktu dan kecepatan memasak makanan.

  1. Kompor Tenaga Surya

Kompor tenaga surya adalah alat masak yang menggunakan energi matahari untuk memanaskan makanan atau air tanpa menggunakan bahan bakar fosil atau listrik.

Jika diminta untuk sebutkan contoh penerapan pembangkitan listrik tenaga surya, maka kompor tenaga surya inilah yang paling banyak membantu para ibu rumah tangga dalam memasak.

Ada beberapa jenis kompor tenaga surya, seperti kompor parabolik yang memusatkan sinar matahari untuk memasak dengan suhu tinggi, kompor kotak yang menggunakan panel absorber untuk mengubah sinar matahari menjadi energi termal.

Baca juga: Simak Pengertian Mobil Listrik dan Deretan Manfaat Bagi Lingkungan

  1. Rumah Tenaga Surya

Panel surya fotovoltaik dapat dipasang di atap rumah untuk menghasilkan listrik yang dapat digunakan untuk kebutuhan rumah tangga, seperti penerangan, pemanas air, pengoperasian peralatan rumah tangga, dan sebagainya.

Sisa energi yang dihasilkan juga dapat disalurkan ke jaringan listrik umum atau disimpan dalam baterai. Energi inilah yang berfungsi untuk menyalakan lampu-lampu di dalam rumah saat malam hari, dan alat elektronik lainnya.

  1. Penyulingan Air Tenaga Surya

Penyulingan air tenaga surya adalah proses penghilangan kontaminan dari air dengan menggunakan energi matahari.

Metode ini ramah lingkungan karena memanfaatkan energi matahari tanpa memerlukan bahan bakar tambahan atau listrik.

  1. Lampu Jalan Tenaga Surya

Misi utama dalam artikel ini adalah sebutkan contoh penerapan pembangkitan listrik tenaga surya, sehingga alat apapun yang berkenaan dengan tenaga surya akan disebutkan satu demi satu. Termasuk lampu jalan bertenaga surya.

Lampu jalan tenaga surya menggunakan panel surya kecil yang terpasang di atas tiang lampu untuk menghasilkan listrik. Energi matahari yang dikumpulkan selama siang hari digunakan untuk menyimpan energi dalam baterai.

Ketika malam tiba, energi yang disimpan dalam baterai digunakan untuk menerangi lampu jalan, mengurangi ketergantungan pada listrik dari jaringan utama dan menghemat energi.

  1. Mobil Tenaga Surya

Saat ingin sebutkan contoh penerapan pembangkitan listrik tenaga surya, maka sudah jelas mobil tenaga surya adalah salah satunya!

Mobil tenaga surya ialah kendaraan yang menggunakan energi matahari untuk menggerakkan mesin dan menghasilkan tenaga untuk beroperasi.

Mobil ini dilengkapi dengan panel surya yang terpasang di bagian atap atau bagian lainnya yang terpapar sinar matahari secara langsung.

  1. Powerbank Tenaga Surya

Powerbank tenaga surya adalah perangkat portabel dan umumnya digunakan untuk mengisi daya perangkat elektronik seperti ponsel, tablet, kamera, atau perangkat lainnya.

Powerbank ini dilengkapi dengan panel surya yang dapat mengumpulkan energi matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik yang tersimpan dalam baterai internal powerbank.

  1. Stasiun Pengecasan Tenaga Surya

Stasiun pengecasan tenaga surya adalah fasilitas yang dirancang khusus untuk mengisi daya perangkat elektronik menggunakan energi matahari.

Stasiun ini terdiri dari panel surya yang dipasang di atas atap atau area terbuka lainnya untuk menyerap sinar matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik.

Di stasiun pengecasan tenaga surya, panel surya mengumpulkan energi matahari sepanjang hari dan menyimpannya dalam baterai yang terhubung ke stasiun. Ketika pengguna ingin mengisi daya perangkat elektronik, mereka dapat menyambungkannya dengan kabel pengisian daya.

  1. Pompa Tenaga Surya

Pompa tenaga surya adalah jenis pompa air yang menggunakan energi matahari sebagai sumber daya utamanya.

Pompa tenaga surya sangat berguna di daerah yang tidak memiliki akses listrik atau di lokasi terpencil di mana penggunaan listrik konvensional tidak memungkinkan.

Alat ini dapat digunakan untuk mengalirkan air untuk keperluan pertanian, irigasi tanaman, penyediaan air minum, pasokan air untuk ternak, dan berbagai aplikasi lainnya yang membutuhkan pompa air.

  1. PLTS Mengambang

Pembangkit listrik tenaga surya mengambang semakin populer, terutama di perairan yang luas seperti danau dan laut. Panel surya dipasang di atas platform apung dan digunakan untuk menghasilkan listrik.

Contoh penerapan ini termasuk pembangkit listrik tenaga surya mengambang di Laut Sungai Demak, Indonesia.

Baca juga: Fungsi Panel Pada Pembangkit Listrik Tenaga Surya adalah Mengubah?

Demikianlah akhir dari artikel yang bertujuan untuk sebutkan contoh penerapan pembangkitan listrik tenaga surya, mulai dari urusan rumah tangga hingga alat berskala besar.

Originally posted 2023-06-29 07:21:40.