Mengenal Beberapa Sumber Energi Alternatif Solusi Energi Terbarukan

Sumber energi alternatif sangat dibutuhkan untuk menunjang kehidupan. Sumber energi ini dapat menjadi solusi pengganti energi berbahan bakar fosil yang merupakan sumber energi tak terbarukan. Sumber energi alternatif sendiri merupakan sumber energi terbarukan yang persediaannya dapat dijumpai banyak di alam.

Simak penjelasan berikut ini mengenai beberapa sumber energi alternatif yang dapat dijadikan sebagai solusi sumber energi masa depan serta sumber energi yang juga ramah lingkungan dan minim emisi karbon tentunya.

Beberapa Sumber Energi Alternatif

Umumnya ketersediaan sumber energi alternatif sangat melimpah dan dengan mudah dapat ditemui bebas di alam. Keberadaannya tentu berbeda antara jenis satu dengan lainnya. Untuk mengetahui karakteristik dan beberapa penjelasan lain berikut ini merupakan beberapa sumber energi alternatif.

Baca juga: Mengenal Biogas: Pengertian Biogas, Cara Mendapatkan Biogas dan Manfaatnya Bagi Kehidupan

1. Energi Air

Sumber energi pertama yang dapat menghasilkan energi alternatif adalah energi air. Air sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup, tanpa adanya air tubuh akan mengalami dehidrasi. Selain berguna untuk tubuh ternyata energi air juga bisa menjadi sumber energi alternatif.

Pemanfaatan air menjadi sumber energi alternatif bisa diaplikasikan dalam Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Menggunakan air sebagai sumber energi utama, turbin generator akan bergerak dengan adanya aliran dari air.

Dengan begitu secara langsung turbin digerakan dan kemudian melalui generator akan mengubah energi kinetic yang didapatkan dari aliran air menjadi energi listrik.

2. Energi Angin

Sumber energi alternatif berikutnya yang juga dapat dimanfaatkan sebagai solusi energi terbarukan adalah angin. Angin merupakan suatu udara bergerak dan disebabkan oleh adanya beda tekanan pada permukaan bumi.

Kebutuhan akan angin sangatlah vital dalam kelangsungan kehidupan. Hal ini dibuktikan dengan hampir semua kegiatan yang dilakukan oleh manusia selalu bersamaan dengan angin.

Sama halnya dengan energi air sebelumnya keberadaan angin yang tidak terlihat namun bisa dirasakan ini juga dapat menjadi energi yang menghasilkan listrik.

Pemanfaatan energi listrik menjadi angin dilakukan pada Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB). Hampir mirip dengan sistem kerja pada  PLTA, PLTB menggunakan angin melalui kincir angin raksasa untuk menggerakan turbin dan mengubah energi gerak tersebut menjadi listrik dengan generator.

Baca juga: Alasan Mengapa Kita Harus Hemat Energi dan Contoh Cara Menghemat Energi

3. Energi Matahari

Energi matahari juga menjadi sumber energi alternatif yang tergolong sebagai sumber energi terbarukan berikutnya. Keberadaan matahari sebagai pusat tata surya ternyata dapat dimanfaatkan menjadi energi alternatif dalam beberapa bentuk.

Selain digunakan untuk mengeringkan pakaian dan berguna dalam fotosintesis pada tumbuhan ternyata energi matahari juga bisa menghasilkan listrik. Listrik yang dihasilkan dari energi matahari difasilitasi oleh alat pada Pembangkit Listrik Tenaga Surya.

Panel surya yang ada pada PLTS akan menangkap sinar matahari dan menyimpannya. Selanjutnya energi yang didapatkan dari sinar tersebut akan diubah menjadi energi listrik.

Pemanfaatan energi matahari tidak hanya digunakan dalam PLTS saja energi matahari juga digunakan dalam proses bekerjanya oven tenaga surya dan kompor tenaga surya yang juga termasuk sebagai peralatan dengan sumber energi alternatif.

4. Energi Biomassa

Energi alternatif juga bisa didapatkan dari biomassa. Sumber energi alternatif biomassa merupakan suatu bahan yang didapatkan dari tumbuhan. Namun tidak hanya berasal dari tumbuhan saja, energi biomassa juga bisa didapatkan dari kotoran hewan.

5. Energi Panas Bumi

Selain energi biomassa energi panas bumi juga bisa menjadi sumber energi alternatif berikutnya. Energi alternatif panas bumi merupakan energi yang berasal dari dalam bumi lebih tepatnya berada dalam magma atau inti terluar dari bumi yang mempunyai suhu yang sangatlah panas.

Keberadaan sumber energi alternatif panas bumi ini berada jauh dalam bumi yaitu berkisar sekitar 6.400 km dari jangkauan permukaan bumi.

Walaupun memiliki suhu yang sangat panas, ternyata jenis energi satu ini juga dimanfaatkan sebagai sumber energi untuk dapat menghasilkan listrik.

Baca juga: Apa itu Energi Terbarukan dan Jenisnya

6. Energi Nuklir

Walaupun berbahaya bila terjadi kecelakaan nuklir ternyata energi nuklir ini juga dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif. Pemanfaatan energi nuklir sebagai energi alternatif dapat diaplikasikan dalam Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN).

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) tidak menyebabkan terjadinya efek rumah kaca dan dengan adanya PLTN secara tidak langsung dapat mencegah pemanasan global.

PLTN dapat menghasilkan listrik sekitar 50 ribu kwh per jam dengan menggunakan sekitar 1 gram zat radioaktif.

7. Energi Biodiesel

Sumber energi alternatif berikutnya adalah biodiesel. Jenis energi ini merupakan energi terbarukan yang diperoleh dari  lemak yang dihasilkan oleh hewan maupun tumbuhan.

Jenis energi ini sangat ramah lingkungan dan baik difungsikan sebagai solusi pengganti bahan bakar fosil.

Sumber Energi Alternatif
Pixabay @planet_fox

Jenis energi biodiesel telah diterapkan pada beberapa negara maju. Umumnya penerapan biodiesel di terapkan sebagai bahan bakar.

8. Energi Biogas

Biogas adalah sumber energi alternatif berikutnya yang terbuat dari bahan organik seperti kotoran sapi, sisa-sisa tanaman atau tumbuhan yang sudah membusuk, kotoran ternak dan beberapa bahan organik lainnya.

Pemanfaatan biogas sebagai sumber energi bisa diaplikasikan sebagai pengganti penggunaan bahan bakar gas dalam memasak.

Dengan adanya biogas, gas dapat dihasilkan dari kotoran yang sudah tidak terpakai tersebut untuk. Gas yang dihasilkan dari proses biogas juga sama seperti gas pada umumnya bisa digunakan untuk memasak.

9. Energi Tidal

Energi tidal adalah sumber energi terbarukan selanjutnya. Sumber energi alternatif tidal merupakan sumber energi yang memanfaatkan keadaan pasang surut air laut. Jenis energi tidal ini bekerja dengan memanfaatkan jumlah volume air yang ada pada saat pasangnya air laut.

10. Energi Hidrogen

Selain pasang surut air laut, hidrogen juga dapat digunakan sebagai energi alternatif. Terdapat kabar yang beredar mengatakan bahwa energi dari hidrogen dapat lebih baik dari bahan bakar minyak.

Hal ini dikarenakan hidrogen tidak menghasilkan polusi yang membahayakan lingkungan.

Jenis energi ini dibuat dengan cara pembakaran air dengan listrik dan panas. Walaupun tidak membahayakan lingkungan, proses pembuatan hidrogen membutuhkan banyak komponen dan proses yang lama.

11. Energi Piezoelektrik

Sumber energi alternatif berikutnya adalah Piezoelektrik dimana energi ini merupakan sumber energi yang dihasilkan dari pengubahan energi mekanik menjadi listrik.

Energi jenis ini akan bekerja dengan besarnya jumlah tekanan yang dihasilkan dari orang berjalan pada perangkat lempengan Piezoelektrik.

Nilai tekanan tersebut selanjutnya akan diubah menjadi energi listrik. Energi ini telah diterapkan di stasiun Tokyo Jepang.

12. Energi Etanol

Sumber energi alternatif terakhir adalah etanol yang berasal dari alkohol. Bukan sepenuhnya dari alkohol murni, untuk dapat menghasilkan etanol dibutuhkan proses fermentasi pada tumbuhan seperti gandum, jagung dan beberapa jenis tumbuhan lainnya.

Salah satu negara yang bisa mengembangkan dan menerapkan penggunaan energi etanol di wilayahnya adalah Brazil.

Itulah penjelasan mengenai sumber energi alternatif yang dapat dijadikan solusi energi masa depan pengganti sumber energi berbahan fosil yang semakin menipis.

Umumnya keberadaan sumber energi alternatif sangatlah mudah dijumpai di alam dengan bebas. Selain dapat dijumpai dengan bebas, jenis energi yang berasal dari sumber energi alternatif juga sangat ramah lingkungan.

Originally posted 2023-03-15 13:50:51.